image page header

Setiap Momen Bisa Jadi Ide Menulis, Ini Caranya!

setiap momen bisa jadi ide menulis
Umumnya blogger suka bingung tentang ide yang mau diangkat untuk dijadikan bahan tulisan. Ini sering terjadi pada para blogger pemula. Namun, tanpa mereka sadari bahwa ide menulis bisa lho didapatkan dari mana saja. 

Termasuk setiap momen yang kita lalui juga bisa dijadikan sebagai ide menulis. Nah, siapa nih yang masih suka bingung dengan ide menulis? Jangan resah, ya! Karena sesungguhnya setiap momen bisa jadi ide menulis.

Sayangnya kebanyakan dari blogger sering lupa atau bahkan tidak rajin dalam meng-capture setiap momen yang sedang dilakukan dalam keseharian, baik itu sedang menjalani rutinitas harian atau pada saat ada kegiatan eventual.

Padahal jika kita mau mendokumentasikan setiap momen yang kita lalui, maka semua itu bisa menjadi ide menarik yang dapat diulas dari sisi unik lainnya. Nah, agar tidak penasaran, yuk simak ulasan berikut.

Ada berbagai kegiatan yang kita miliki

Dalam sehari-hari pasti kita mempunyai aktivitas yang beraneka ragam, mulai dari aktivitas rutinan hingga agenda-agenda seru yang direncanakan ataupun tidak. Dari banyak aktivitas yang kita lakukan, ada banyak hal yang bisa diulas untuk menjadi ide menarik dan bisa dibagi melalui tulisan.

Bahkan aktivitas yang sederhana seperti memasak seru bareng anak pun bisa menjadi ide menarik yang menginspirasi banyak orang di luar sana. Tak hanya itu, masih banyak aktivitas lainnya seperti belanja, quality time, berkumpul bersama keluarga, bekerja, liburan juga bisa diulas menjadi tulisan yang menarik dan tentunya bermanfaat.

Mengumpulkan bahan tulisan

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan bahan tulisan dari aktivitas sendiri adalah memilih ide yang memiliki nilai informasi bermanfaat untuk pembaca. Kemudian, lakukan aktivitas senatural mungkin agar aktivitas yang kita lakukan pun tidak terganggu.

Kedua adalah mengumpulkan poin manfaat yang akan disajikan dalam sebuah tulisan. Lakukan referensi dari sumber lain untuk memperkaya bahasan tulisan. Lalu, yang tidak kalah penting adalah kumpulkan gambar atau video untuk memperkuat karya yang ditulis. 

Jika bahan tulisan sudah terkumpul semua, maka materi-materi tersebut sudah siap diolah menjadi tulisan menarik dan informatif.

Cara mendapatkan ide menulis dari setiap momen

Setiap momen bisa jadi ide menulis dengan cara yang mudah sesuai kesanggupan kita. Mulai dari sekedar berbekal note untuk mencatat ide atau menulisnya di sebuah ponsel. Mulai dari cara yang sederhana namun mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu ingin memiliki banyak ide menarik dari setiap momen yang kamu punya. Yuk, simak!
cara mendapatkan ide menulis
  • Peka dengan sekitar
Memiliki kepekaan terhadap sekitar merupakan hal penting. Peka membuat kita mampu menangkap nilai positif dalam setiap momen yang kita lewati. Poin-poin tersebut bisa dijadikan ide menulis yang dikemas menjadi tulisan bermanfaat untuk banyak orang.

Peka juga memudahkan kita untuk lebih detail dalam mengulas ide menjadi tulisan yang berkualitas. Semakin detail tulisan yang dibuat maka semakin informatif tulisan tersebut.
Menyiapkan note kecil atau catatan pribadi di ponsel nampaknya jauh lebih mudah. Dalam setiap momen pasti sering terbersit ide yang tiba-tiba muncul, maka saat momen tersebut ada, segera siapkan catatan untuk mencatat ide menulis sepanjang waktu yang dibutuhakan.

Tambahkan keterangan jika ada kata-kata atau istilah pada catatan agar tetap ingat dengan poin yang akan dibahas. Wah, seru yaa! Kamu tentu bisa melakukan ini jika dilakukan secara konsisten.
  • Menangkap gambar di setiap momen
Di era serba digital, kecil kemungkinan tidak memanfaatkan elektronik sebagai bagian dalam aktivitas sehari-hari. Banyak beberapa dari kita yang menggunakan kamera atau handphone sebagai alat dokumentasi yang bisa diakses dan dinikmati kapan saja.

Gambar atau video yang sudah disiapkan merupakan pendukung tulisan agar terlihat lebih nyata dan fresh.
  • Bikin outline sederhana
Membuat outline sederhana untuk menjaga ide tetap progress. Dengan adanya outline, maka rancangan tulisan menjadi jelas, terukur dan nyambung, hhe. Dan, adanya outline tersebut membuat kamu tidak banyak kehilangan ide yang sudah dicatat melalui tulisan.

Outline yang dibuat tidak perlu terlalu panjang, cukup poin-pinnya saja dan pastikan semua sesuai dengan nilai yang akan dibahas.
  • Segera ulas dalam sebuah tulisan
Mengulas artikel tidak perlu ditunda-tunda, karena semakin ditunda maka akan semakin tidak nyaman/lupa dengan tulisan tersebut. 

Selain itu, membuat jadwal teratur untuk mengulas ide satu demi satu hingga tulisan yang dibuat selalu fresh dan blog pun setiap hari memiliki tulisan baru yang selalu dibagikan.

Wah, faktanya mencari ide menulis itu tidak susah, ya. Setiap momen bisa jadi ide menulis yang unik dan menarik. Yuk, semangat berbagi informasi melalui tulisan!
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar