image page header

Tips Menghadapi Rasa Malas saat Deadline Tugas

management waktu dan to do list
pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Rasa malas itu hal wajar dialami oleh setiap orang, namun rasa malas yang datang bertubi-tubi bukan hal wajar lagi. Rasa malas dengan porsi yang banyak dan bertubi-tubi dapat memengaruhi produktivitas kerja.

Hal tersebut dapat merugikan diri sendiri dan orang sekitar. Nah, bagaimana ya tips menghadapi rasa malas saat deadline tugas? Nah, yuk simak ulasan tips berikut ini agar aman dari rasa malas.

Penyebab rasa malas ada dalam diri

cara mencegah rasa malas
pexels.com/Andrea Piacquadio

Rasa malas timbul bisa karena kurang tertarik atau tidak paham dengan hal yang akan dilakukan. Atau bisa juga hal tersebut dikarenakan bukan prioritas yang utama sehingga tumbuh dalam diri untuk tidak mengerjakan tugas dan muncullah rasa malas.

Hal ini tentu dapat menyerang siapa saja baik anak muda maupun yang sudah usia. Hal ini tidak baik dan sangat merugikan khususnya terhadap diri sendiri jika terjadi secara berkelanjutan.

Rasa tidak tertarik, tidak paham atau bahkan bukan prioritas harus dihilangkan dari diri sendiri. Sehingga dengan begitu dapat membantu kita untuk terhindar dari rasa malas yang tidak wajar.

Rasa malas yang timbul tentu akan mengalihkan kita pada hal-hal yang lain sehingga kita tidak akan menyegerakan tugas yang seharusnya segera diselesaikan.

Buat kamu yang sudah merasa terindikasi diserang rasa malas bertubi-tubi bahkan di detik-detik deadline tugas, maka tips menghadapi rasa malas ini harus kamu praktikkan untuk kelancaran aktivitas selanjutnya. Yuk, simak!

Ini tips menghadapi rasa malas, catat ya!

Rasa malas yang sudah akut butuh pertolongan pertama, lho. Hal yang pertama perlu dilakukan adalah diam sejenak dan renungkan apa saja yang selama ini telah terlalui. Tanyakan pada diri sendiri apakah selama ini diri kita produktif atau tidak. Konfirmasi pada diri apakah diri kita memiliki management yang sehat atau tidak.

Jika sudah menemukan jawabannya. Maka jawaban yang benar adalah jawaban butuh perbaikan dalam diri sendiri yaitu bangkit dari rasa malas. Untuk langkah selanjutnya, kamu bisa lakukan hal berikut, ya.
cara menghadapi rasa malas saat deadline tugas
pexels.com/Thirdman
  • Pahami tujuan dan cara menyelesaikan tugas
Memahami tujuan dari apa yang akan kita lakukan dapat menjadi salah satu alasan mengapa kita harus menyelesaikan tugas tersebut. Tujuan yang jelas membuat kita semakin paham bahwa apa yang dilakukan memiliki output yang jelas.

Ketika sudah memahami tujuan apa yang kita lakukan maka pahami pula cara menyelesaikannya. Ketidakpahaman kita akan tugas membuat kita suka menunda-nunda. Oleh karena itu, pahami cara dan cari tahu cara menyelesaikannya jika belum tahu. Ketika kamu sudah paham cara menyelesaikan, maka kamu pasti ada rasa ingin menyegerakan tugas tersebut.

  • Kenali kemampuan diri
Kenali kemampuan diri, ambillah tugas sesuai dengan batas kemampuan. Jika memiliki kemampuan kurang dari porsi tugas, maka kemauan belajar harus tinggi dan terus bertumbuh.

Dengan mengenali kemampuan diri, maka kita tahu dibatas mana diri ini bisa menyelesaikan tugas dan ambil bagian dari tugas tersebut. Jangan memaksakan diri sehingga tidak maksimal dalam menyelesaikan tugas.
  • Buat prioritas
Membuat prioritas adalah kunci untuk bisa mengatur jadwal aktivitas diri. Semakin memiliki aktivitas yang teratur maka akan semakin teratur juga dalam menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan jadwal. 

Nah, buat kamu, nih. Yuk, buat prioritas sehingga dapat memilah-milah tugas mana dulu yang butuh dikerjakan tuntas.

  • Bikin to do list
Membuat to do list adalah cara mudah untuk reminding diri sendiri agar bisa mencegah rasa malas yang muncul. Jika mulai muncul rasa malas, maka segera buka to do list dan cek tugas apa saja yang butuh diselesaikan hari ini.

TO do list dibuat sesuai dengan kebutuhan, terukur dan sesuai dengan kemampuan. Dibuat seseimbang mungkin agar tetap memiliki aktivitas yang sehat.

  • Kasih reward untuk diri sendiri
memberi reward pada diri sendiri adalah hal yang tidak bisa disepelakan. Capaian-capaian kecil yang bisa dilakukan harus dihargai. Karena dengan penghargaan tersebut sekalipun kecil dapat mempengaruhi mood dan semangat kita.

Menghadapi rasa malas memang tidak mudah, tapi kamu bisa menerapkan tips menghadapi rasa malas saat deadline tugas di atas untuk menjaga produktivitas diri. yuk, coba sekarang!
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. kalau udah berhadapan sama rasa malas memang agak gimana gitu. Kalau aku, coba tekankan lagi ke diri sendiri tujuannya apa mau ngerjain kerjaan itu, dan inget inget lagi perjuangannya buat sampe kesana dan impact ke depannya apa, harus semangat lagi pokoknya. misalnya hari ini agak males, besok kudu ditebus lagi jangan males malesan

    BalasHapus

Posting Komentar