image page header

Tips Konsisten Menjadi Ibu Produktif, Ibu Hebat!

Ibu produktif
Hai hai, kali ini aku mau berbagi seputar tips konsisten menjadi ibu produktif. Nah, lho! Gimana, tuh? Apakah kamu salah satunya?

Menjadi ibu produktif tentu menjadi impian untuk para ibu. Tak terkecuali aku sebagai wanita yang in shaa Allah ada kesempatan menjadi ibu. Menjadi produktif dalam hal kebaikan, baik di lingkungan keluarga, kerja bahkan lingkungan rumah.

Menjadi ibu produktif adalah hal yang menyenangkan, namun sayangnya tidak semua bisa merasakan hal tersebut secara seimbang dan berkelanjutan. Nah, untuk menjadi ibu konsisten produktif butuh tips untuk mewujudkannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Alasan penting menjadi ibu produktif

Alasan penting menjadi ibu produktif
Menjadi ibu produktif yang dilakukan secara konsisten adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang ibu. Konsisten produktif dapat menjaga kesehatan mental dan fisik. Tak hanya itu, pikiran juga terlatih aktif sehingga pikiran tetap fresh dan tajam.

Sebagai seorang perempuan yang memilih produktif akan memiliki pikiran dengan alur berpikir yang logis dan terukur, namun sebaliknya jika pikiran perempuan itu diam alias kosong maka akan digunakan memikirkan hal yang kurang penting bahkan tidak terarah.

Nah, sebagai perempuan sekaligus seorang ibu tentu menjadi produktif adalah pilihan yang sehat untuk masa depan. Sehingga butuh support dalam diri yaitu kemauan yang utuh serta dukungan orang-orang sekitar yang menyayanginya.

Dampak positif dari seorang ibu yang produktif adalah ibu lebih mudah merasa bahagia. Ibu yang bahagia mampu menciptakan keharmonisan keluarga dan karya untuk sekitarnya.

Untuk para ibu, hayuuuk semangat menjadi ibu produktif karena kita semua pasti bisa mewujudkannya dengan tips konsisten di bawah ini.

Tips konsisten menjadi ibu produktif

Tips konsisten menjadi ibu produktif bukan hal rumit, namun butuh kemauan yang utuh untuk merealisasikannya. Selain itu, perlu adanya kesadaran diri akan manfaat menjadi ibu produktif yang dilakukan secara konsisten.

Konsisten menjadi ibu produktif bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang positif. Kemudian, ibu dapat memulai dari hal yang mudah dan dapat dijangkau tanpa membebani diri sendiri.
Tips konsisten menjadi ibu produktif

Semangat produktif ala ibu masa kini

Baik sebagai ibu rumah tangga, pekerja fulltime, freelancer. Baik kamu sudah punya anak atau pun masih sebagai istri belum punya anak. Kamu bisa mencoba tips konsisten menjadi ibu produktif tanpa perlu ragu. Cukup yakin dan mulailah.

  • Kenali hal yang disukai
Sebagai ibu yang memiliki banyak fokus perhatian, pastikan tidak lupa dengan hal yang disukai. Dengan ibu mengenali hal yang disuka, maka ibu akan dengan mudah mendapatkan ide untuk produktif pada hal yang ibu suka.

Seperti halnya ibu suka memasak, maka ibu bisa fokus belajar atau berlatih memasak. Kemudian, ibu bisa mengembangkan hobi memasak dengan menyiapkan makanan yang lezat dan bernutrisi untuk keluarga sehingga hobi ibu tersalur dan keluarga menjadi happy.

Tak hanya itu, jika diseriusi ibu bisa mengembangkan hal tersebut menjadi bisnis catering yang berpeluang mendatangkan cuan. Wah, ternyata bermula dari yang disuka juga bisa menambah penghasilan jika dilakukan secara sungguh-sungguh.

Itu adalah salah satu contoh. Sedangkan ibu yang hobi menulis juga bisa dari menulis menghasilkan cuan, berkonten positif menghasilkan cuan. Dan, yang suka bekerja fulltime juga bisa produktif dengan menjadi karyawan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

  • Lakukan hal yang disukai 
Melakukan hal yang disukai secara konsisten. Ketika sudah mengenali hal yang disuka maka mulailah dari diri ibu untuk selalu melakukan hal yang disuka tersebut. Sehingga ibu bisa meng-eksplore lebih banyak lagi.

Banyak ide yang bisa dilakukan dari hal-hal yang ibu suka dan ibu akan terbiasa dengan hal-hal positif tersebut. Sehingga ibu selalu ada kegiatan positif dalam mengembangkan kemampuan disela kesibukan sebagai ibu yang mengurus keluarga.

Hal ini juga sebagai resfreshing ibu di tengah rutinitas yang terkesan menoton. Ibu pun menjadi lebih fresh dan happy menjalani hari-hari, lho.

  • Sampaikan pada pasangan & keluarga
Komunikasi adalah salah satu kunci untuk mewujudkan apa yang kita mau sebagai ibu. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah komunikasi dengan pasangan dan yang kedua adalah dengan keluarga yaitu anak, orang tua dan saudara sekitar jika ada.

Ketika keluarga tahu apa yang kita suka, percayalah pasangan dan keluarga akan lebih mudah memposisikan diri untuk mendukung aktivitas yang ibu suka. Sehingga dengan mudah ibu bisa merealisasikan kegiatan positif berdasarkan kesukaan ibu.

  • Maksimalkan dengan hal-hal lain yang mendukung
Tak sekedar mengenali dan melakukan hal yang ibu suka saja. Hal yang ibu suka perlu dikembangkan dan dimaksimalkan secara kosisten. Seperti halnya terus belajar, rajin berlatih, gabung komunitas, ikut kelas belajar.

Selain itu, perlahan melengkapi peralatan yang mendukung hal yang ibu suka seperti halnya hobi berkonten kreatif maka harus memiliki gadget yang pro atau minimal yang nyaman dipakai dan hasilnya sesuai harapan.

  • Konsisten melakukan
Terakhir adalah konsisten melakukan hal yang ibu suka sehingga ibu menjadi produktif setiap hari. Dengan konsisten melakukan maka besar kemungkinan dampaknya adalah memberikan banyak kebaikan buat ibu dan orang sekitar.

Namun, jika dilakukan setengah hati maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Oleh karena itu, konsisten juga salah satu kunci untuk menjadi ibu produktif yang tak lekang oleh usia.

Wah, menjadi ibu produktif itu seru dan banyak manfaatnya, ya. Dan, kamu bisa mewujudkannya dengan menerapkan tips konsisten menjadi ibu produktif seperti tips di atas. Yuk, coba sekarang!


Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar