image page header

Tips Sukses Mengelola Toko Kelontong Menggunakan iReap POS

tips sukses mengelola toko kelontong menggunakan iReap POS
Sejak aku masih kecil era 90-an hingga saat ini era serba digital, usaha retail paling banyak diminati setelah usaha FnB. Usaha retail pun perkembangannya semakin pesat, mulai dari toko kelontong tradisional hingga modern.

Tapi kali ini aku mau berbagi tips sukses buat para pelaku usaha kecil-kecilan yang ingin usahanya terus berkembang dan membesar. Karena sampai saat ini masih banyak aku jumpai usaha toko kelontong di perkampungan yang masih dengan cara serba manual dan diam di tempat alias asal untung tipis aja sudah alhamdulillah. Faktanya dari usaha kelontong, para pelaku usaha bisa lho meraup untung yang cukup besar.

Eitss, tapi toko kelontong itu apa sih? Toko kelontong adalah sebuah tempat seperti toko atau warung yang lokasinya mudah dijangkau dan menjual kebutuhan sehari-hari. Apakah kamu salah satu pelaku usaha yang memiliki toko kelontong kecil-kecilan dan ingin berkembang? Yuk, simak tips sukses berikut ini.

Tips mengelola toko kelontong

Mengelola toko kelontong itu gampang-gampang susah. Banyak hal yang perlu diperhatikan mulai dari keuangan, item yang dijual hingga management penjualan dari toko tersebut.

Semua itu menjadi susah jika dikerjakan serba manual dan tanpa sistem yang jelas. Namun, jika usaha dijalankan dengan sistem yang terukur dan fasilitas yang mendukung tentu semuanya berjalan dengan mudah dan terarah. Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memiliki usaha kelontong yang sukses.
tips mengelola toko kelontong
  • Management keuangan yang tepat
Menjalankan usaha baik itu skala kecil sekalipun tetap membutuhkan management keuangan yang sehat. Harus ada uang modal yang tercatat, cashflow harian yang terperinci, biaya HPP yang dikeluarkan dan perhitungan laba rugi setiap bulan untuk mengetahui progress usaha yang dijalankan.

Agar pencatatan pembukuan keuangan sehat maka membutuhkan sistem untuk merekam pengeluaran dan pemasukan sehari-hari. Sehingga data yang terekam dapat ditarik untuk dijadikan laporan keuangan usaha. Melalui data tersebut, pelaku usaha dapat menganalisa perkembangan usahanya dari sisi keuangan.
  • Stok persediaan yang terperinci
Setiap menjalankan usaha maka stok persediaan menjadi bagian penting dalam usaha. Keluar masuk stok wajib dicatat secara terperinci untuk mengetahui stok yang tersedia, stok yang terjual, item yang fast dan slow moving. Melalui data-data tersebut maka dengan mudah menganalisa item produk yang dijual selama sebulan.

Seperti halnya dengan adanya data yang merekam item slow moving, maka pelaku usaha akan dengan mudah menentukan promosi apa yang tepat untuk dijadikan promo bulanan agar toko kelontong tetap menarik untuk para pelanggan.

Untuk itu pelaku usaha kelontong disarankan menggunakan aplikasi stok barang untuk toko kelontong yang akurat seperti iReap POS. Karena iReap POS memiliki fitur-fitur inventory stock yang akurat dan mudah dipahami.
  • Laporan sales harian akurat
Hal utama dalam sebuah penjualan adalah pencatatan sales harian yang harus dilaporkan dengan akurat untuk mendukung laporan keuangan yang sehat. Sejauh ini sebagian besar pelaku usaha kelontong masih menggunakan pencatatan sales manual. Sedangkan saat ini sudah ada cara mudah yaitu dengan menggunakan iReap POS yang memiliki fitur point of sale yang lengkap, lho. 

Sehingga pelaku usaha kelontong tidak perlu lagi melakukan laporan sales secara manual. Dengan menggunakan iReap POS sebagai aplikasi kasir android, banyak informasi data seperti daily sales, sales by category, daily payment, top sales, sales by customer dan profit. Lengkap banget, ya.
  • Fasilitas yang mendukung
Usaha yang mudah dijalankan adalah usaha yang dijalankan dengan fasilitas yang mendukung. Salah satu fasilitas utama dalam usaha jual beli adalah aplikasi POS. Untuk itu penting memilih aplikasi kasir android yang friendly untuk pelaku usaha toko kelontong kecil-kecilan.

Rekomendasi aplikasi kasir android yang akurat dan mudah dioperasikan adalah iReap POS yang sudah banyak digunakan oleh pelaku usaha saat ini. Selain caranya yang mudah, aplikasi iReap POS juga memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk laporan penjualan.
  • SDM yang mumpuni
Dalam menjalankan usaha membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Jika untuk kebutuhan usaha kelontong maka membutuhkan SDM yang teliti, lihai up selling dan grooming.

Oleh karena itu, SDM sangatlah penting. Untuk para pelaku usaha kelontong, carilah SDM yang mau belajar dan memiliki semangat yang tinggi. Jika kemauan belajar tinggi, kemungkinan untuk terus berprogress sangatlah besar.

Apalagi saat ini telah hadir aplikasi kasir android yang mudah mengoperasikannya. Aplikasi POS ini sangat mudah dipelajari oleh siapa pun. Tunggu apalagi, yuk miliki iReap Pos untuk usaha toko kelontong milikmu.

Wah, mudah ya menjalankan usaha toko kelontong jika didukung dengan kemudahan iReap POS yang bisa diakses melalui android. Aplikasi kasir android yang mudah dioperasikan oleh siapa pun.

For your information, iReap POS memiliki 2 (dua) versi yaitu iReap lite dan pro. Berikut ada beberapa penjelasan fitur-fitur iReap lite yang wajib kamu tahu agar lebih mudah dalam mengoperasikan iReap POS.

Fitur-fitur iReap POS

Tampilan user interface iReap POS sangat simpel dan mudah dipahami. Ada beberapa fitur yang sangat memudahkan administrasi toko kelontong. Sehingga aktivitas toko dapat tercatat dengan mudah, seperti proses penjualan pembelian, inventory stock, perencanaan stok, payment, daily sales, dll.
fitur-fitur aplikasi iReap POS
  • Master data
Pada fitur master data terbagi menjadi beberapa diantaranya; manage category, manage product, manage customer, manage supplier, impor product from file, impor customer from file, back up to Google Drive dan restore from Google Drive.

Dalam fitur ini bisa digunakan untuk mengklasifikasikan produk, pelanggan dan supplier yang ada. Hal ini dibutuhkan untuk memudahkan pencatatan laporan toko selama operasional. Praktisnya, data yang terkap di iReap POS juga dapat di-back up ke Google Drive.
  • Receive items
Receive items adalah barang-barang yang diterima yaitu pembelian barang yang digunakan untuk persediaan toko. Persediaan barang ini wajib dicatat sebagai stok yang siap dijual.
  • Issue items
Issue items adalah barang-barang yang keluar yaitu penjualan barang yang telah dibeli oleh customer. Penjualan ini wajib dicatat untuk mengetahui sisa stok dan sales uang didapat dari penjualan tersebut.
  • Sales/return transaction
Sales adalah produk yang terjual dan sales yang didapat selama transaksi hari itu. Sedangkan untuk return transaction adalah koreksi atau pengembalian transaksi karena ada kekeliruan. 
  • View and analyze your transaction data
Pada bagian fitur ini user dapat melihat laporan dan analisa data transaksi meliputi daily sales, sales by category, daily payment, tops sales, inventory, transaction, profit, profit chart, daily receipt/purchase, daily issue item dan sales by customer.

Laporan data lengkap yang bisa dibaca perhari, tentu hal ini sangat memudahkan pengguna dalam membaca trafik operasional toko.
  • Migration to iReap Pro
Nah, buat kamu yang sudah menggunakan atau belum, tapi ingin mendapatkan kemudahan yang lebih dari iReap lite maka bisa migrasi atau unduh iReap pro. Keduanya memiliki manfaat yang sama. Hanya saja pada iReap pro memberikan free 14 hari diawal penggunaan, setelah itu akan ada biaya penggunaan. Dimana pada iReap pro dimudahkan dalam konsolidasi transaksi yang terbaca secara otomatis dan dapat diakses di website resmi iReap POS.
  • Setting and parameters
Pada bagian setting and parameter ini dapat diatur sesuai kebutuhan toko. Misalnya seputar pencantuman informasi store dan hal umum lainnya yang ingin terlihat di bagian bill belanja pelanggan.

Menjalankan usaha toko kelontong kecil-kecilan pun bisa berjalan sukses dengan menggunakan iReap POS sebagai fasilitas pendukung administrasi toko. Untuk meningkatkan usaha retail, tunggu apalagi yuk terapkan tips sukses mengelola toko kelontong menggunakan iReap POS sekarang juga!



Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

80 komentar

  1. Memang benar mbak, manajemen keuangan itu penting banget, karena kalau lalai akhirnya jadi gak jelas apakah usahanya untung atau rugi😊

    BalasHapus
  2. Toko kelontong itu usaha rumahan yang kelihatannya sederhana tapi jenis stoknya ratusan dengan jumlah stok bervariasi sertta harus tahu kapan merestok secara tepat. Bakalan terbantu kalau pakai aplikasi iReap Post ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, kalau ga dicatat bisa lupa juga sudah belanja apa aja, berapa harga kulakan, bagaimana stok barang, wah ribet deh

      Hapus
  3. Masalah stok itu emang paling bagus pakai aplikasi. Apalagi kalau tokonya jual bahan makanan pokok yang perlu ke data expired date. Kalau ada IReap POS nggak khawatir masalah stok dan data harian ya kak.. ❤️❤️

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat sekali ini. Kebetulan aku memang punya rencana buka toko kelontong bulan depan. Tapi kendalanya sekarang, aku ragu. Takut jualanku itu menjadi sumbangsih sampah plastik di bumi. Kan jadi galau😢

    BalasHapus
  5. Kalau lihat toko kelontong itu kayak yang bakalan ribet perihal stok, kebayang aja pusingnya gimana. Untungnya, ada aplikasi IReap Pos yang memudahkan proses pencatatan dan evaluasi toko.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak,apalagi untuk toko kelontong yang tidak pernah melakukan inventory barang. Nah bisa bocor alus tuh. Aku suka banget sekarang sudah banyak aplikasi kasir seperti iReap POS gini.

      Hapus
  6. Mengelola toko kelontong itu memang gampang-gampang susah, harus tertib administrasinya supaya kelihatan laba ruginya, stok barang juga terpantau dengan baik, untung ya sudah ada aplikasi yang memudahkan pencatatan

    BalasHapus
  7. Saya pernah memakai aplikasi iReap Pos ini untuk jualan online, memang mudah sekali penggunaannya loh, fitur2nya juga lengkap padahal saya pakai yang gratis. Yang gratis saja udah keren apalagi kalau pake fitur PRO ya pasti lebih keren lagi :)

    BalasHapus
  8. Aku juga nyoba iReap Pos dan enaken sih buat mantan reseller hehehe. Teknologi dalam administrasi dan kekuangan jadi terbantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sudah nyoba sendiri, ya, Mbak? Dulu saya juga sempat mengelola olshop kecil-kecilan bersama beberapa kawan. Pencatatannya masih manual gitu. Belum tahu ada aplikasi semaca iReap Pos.

      Hapus
  9. Wahh informatif sekali ya, saya jadi tau nih apa itu aplikasi iReap Pos. Ternyata aplikasi ini memiliki fitur2 yang keren dan sangat membantu dalam dunia bisnis lho. Bahkan toko-toko kelontong juga bisa menggunakannya.
    Dalam hal berbisnis baik usaha kecil maupun besar segala jenis data keungan ataupun stok persediaan memang harus terdata dengan baik. Di era yang serba canggih ini jika kita masih menggunakan cara-cara yang manual dalam mengolah bisnis kita maka akan tertinggal dengan para pesaing yang sudah lebih upgrade dari kita. Jadi, gausah ragu lagi deh buat pakai iReap Pos untuk membantu dalam mengolah management usaha kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri jarang ketemu sama aplikasi yang bisa diterapkan di toko kelontong lo. Biasanya aplikasi ini menyasar ke swalayan besar atau toko grosiran. Kalau ada app seperti IReap Pos toko kelontong tentu akan terbantu buat managemen barangnya. ❤️❤️

      Hapus
  10. Perkembangan Aplikasi kasir sekarang luar biasa, Tp baru ini nyg paling mudah dan lengkap

    BalasHapus
  11. Tips pengelolaan yang kerennnn bangttt, makaaasih kakak.

    BalasHapus
  12. Usaha toko kelontong perlu dibekali teknologi digital agar semakin berkembang. Thx artikelnya

    BalasHapus
  13. Mengguanakan iReap POS bikin jualan makin mudah ya. Apalagi iReap POS dilengkapi berbagai fitur yang menarik dan memudahkan dalam pengelolaan usaha

    BalasHapus
  14. Toko kelontong itu dari dulu sampai sekarang masih ada, hanya tidak ada perubahan dalam pengelolaannya. Asal untung aja. Padahal bisa dikelola dengan baik dan meraih untung yang besar. Aplikasi iReap solusi banget nih untuk mengelola toko kelontong jadi lebih baik. Fiturnya banyak banget lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Rata-rata toko kelontong di sini mampu bertahan lama, dari generasi ke generasi. Namun, tidak ada kemajuan yang cukup signifikan. Padahal kalau dikelola dengan baik, misalnya dengan menggunakan IReap Pos, pastinya hasilnya pun akan lebih baik.

      Hapus
  15. Oh di iReap POS bisa juga mengetahui update sales harian juga ya. Nah ini penting banget nih. Apalagi penjualan toko kelontong itu cukup rumit ya, dengan adanya aplikasi ini, tentunya sangat memudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat memudahkan, ya. Dengan manajemen keuangan yang lebih baik tentu toko kelontongan bisa survive. Biasanya asal jalan saja kan, ya, bahkan tidak jarang uang pribadi ikut terpakai dalam bisnis ini.

      Hapus
  16. Mempunyai toko kelontong memang perlu pengelolaan keuangan yang bagus. iReap POS recommended banget ya untuk membantu mengelola keuangan toko. Apalagi fiturnya banyak sesuai kebutuhan toko

    BalasHapus
  17. Ternyata ada ya aplikasi seperti iReap Pos yang fiturnya cukup lengkap buat mengelola toko kelontong. Pasti mempermudah banget dibandingkan harus melakukan pengelolaan secara manual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru tahu aplikasi kece ini mbaa..banyak fiturnya dan sangat memudahkan..penting bagi toko kelontong

      Hapus
  18. wohooo ini aplikasi yg sangat berfaedah

    utamanya utk pengusaha umkm yah.
    jadinya no ribet ribet club

    BalasHapus
  19. Fiturnya sudah lengkap dan yang memang benar2benar dibutuhkan penggunanya untuk mengelola toko kelontong.

    BalasHapus
  20. Lengkap fiturnya ya, bakalan memudahkan dan membantu para pelaku usaha saat ini. Beneran recomended ya aplikasi kasir android iReap POS karena akurat dan mudah dioperasikan.

    BalasHapus
  21. Sekarang Toko Kelontong bisa jadi menguntungkan jika dikelola secara serius ya mbak
    Apalagi jika menggunakan aplikasi iReap pos ini

    BalasHapus
  22. Aplikasi ini pasti bermanfaat banget untuk para pengelola toko kelontong ya, Kak. Toko-toko yang kecil pun jadi bisa punya sistem manajemen yang canggih.

    BalasHapus
  23. toko kelontong emang wajib banget ya punya perangkat canggih macam iReap ini..gak kebayang kalau tidak punya pencatatan yang rapi dan modern bakalan bingung banget pasti..kalau sy sendiri malah lebih ke bingung gimana zakatnya kalo catatannya ndak rapi hehe..untunglah ada iReap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget zaman ibuku masing nge warung, kadang suka lupa sama yang ngutang saking catatannya kurang rapi

      Hapus
  24. Walaupun skalanya kecil, usaha kelontongan rumah agar bisa meraup untung yang banyak dan dapat berkembang wajib banget mempunyai pencatatan keluar masuk barang dan pencatatan keuangan. Applikasi ini bantu banget ya

    BalasHapus
  25. Kalau melihat toko kelontong tuh rasanya pingin banget punya usaha juga.
    Karena rasanya kesibukan yang ada tuh melayani pelanggan apalagi kini juga ada pesan-antar, semakin seru. Dan tantangannya memang di perhitungan yang teliti yaa..

    Menggunakan iReap POS dan memanfaatkan fitur-fiturnya bisa bantu bagi pemula yang memulai usaha.

    BalasHapus
  26. Jadi lebih mudah mengelola toko kelontong ya mbak
    Bagi aku yg tidak teliti ini, keberadaan aplikasi iReap sangat membantu lho baik saat ada transaksi atau untuk stok barang

    BalasHapus
  27. Aplikasi i-reap ini memang cakep banget kok, saya juga rekomendasikan aplikasi in ke saudara yang punya toko kelontong agar pembukuannya lebih baik lagi

    BalasHapus
  28. Aplikasi iReaps ini pastinya sangat bermanfaat sekali untuk mengelola laporan keuangan usaha, aplagi baru para UMKM yang baru membuka usahanya, sehingga proses laporan keuangannya lebih terkontrol

    BalasHapus
  29. Sepertinya aplikasi ini bermanfaat membantu UMKM atau usaha kecil untuk mencatat keuangan sekaligus manajemen keuangan ya. Jadi sekalipun skala usahanya kecil tapi tetap bisa belajar profesional.

    BalasHapus
  30. Aplikasi iReap Pos kayanya sangat membantu ya untuk operasional toko kelontong. Membuat catatan stok barang dan keuangan jelas dan rinci. Info berguna nih Mbak. Semoga banyak yang gunakan ya.

    BalasHapus
  31. Recommended juga ya aplikasinya dan sangat membantu usaha kelontong dengan ratusan produk yang mereka jual..

    BalasHapus
  32. Mengelola toko kelontong ini memang harus serius agar sukses ya Kak. Kadang yang jadi kendala, karena baru memulai usaha, pemilik tidak begitu memperhatikan arus keluar masuk barang dan sales. Alhasil banyak hal-hal tak tercatat dan bisa buat usaha merugi. Bagus sekarang ada aplikasi iReap POS yang bisa bantu memudahkan pemilik UMKM mengelola usahanya.

    BalasHapus
  33. Meskipun toko kelontong, memang menurutku tetap harus ada manajemen yang baik. Contohnya bisa pakai aplikasi iReap POS Lite ini ya

    BalasHapus
  34. Sekarang toko kelontong yang nampak konvensional juga bisa didigitalisasikan, apalagi dibantu dengan aplikasi iReap POS lite ini

    BalasHapus
  35. Ini aplikasi praktis sekaligus lengkap ya. Bisa buat catatan keuangan, bikin struk pembelian, bisa juga buat ngecek stok barang. Multi fungsi pokonya.

    BalasHapus
  36. Aduh sekarang ini mau jualan apa aja gampang ya kak, banyak fasilitasnya. UMKM sekelas warung kelontong aja udah bisa go digital di marketplace. Lengkaaapp asal mau belajar aja insyaallah sukses.

    BalasHapus
  37. Saya suka aplikasi seperti ini..membantu banyak toko konvensional agar bisa membiasakan diri untuk melebur di dunia digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, apalagi kalau sudah punya toko konvensional bisa lebih maju lagi dengan dibantu digital

      Hapus
  38. mengelola toko kelontong tuh emang yang utama mengelola keuangan dan inventori. Kalau kedua ini sudah diatasi dengan baik, yang lain bakal leih mudah mengembangkanya. Apalagi sekarang ada aplikasi iReap POS ini kan jadi makin mudah lagi.

    BalasHapus
  39. dari dulu pengen buka kelontong di rumah, tapi kebayang ribetnya duluan terus, kalo ada IReap POS gini jadi lebih terang ya kebayang apa aja yang perlu diatur, ga ruwet

    BalasHapus
  40. Ternyata usaha kelontong jg perlu manajemen keuangan yg proper ya kak. Apalagi seiring perkembangan teknologi, mengurus keuangan usaha kelontong ga perlu repot lagi. Ada aplikasi kasir iReap Pos ug bikin manajemen keuangan usaha kelontong udh kyk toko prpfesional.

    BalasHapus
  41. Pencatatan keuangan terkadang dianggap sepele loh. Bahkan ada yang nggak pakai metode ini sama sekali. Padahal ini penting banget supaya cash flow ketauan. Laba ruginya juga ketahuan. Kalo usaha udah berkembang besar, perlu pakai aplikasi kasir iReap nih

    BalasHapus
  42. Bermanfaat banget iReap POS ini ya, Kak. Jadi semakin mudah mengelola bisnis. Cash flow kelihatan jelas, stok barang juga ketahuan. Mengembangkan bisnis jadi bukan mimpi lagi.

    BalasHapus
  43. Toko kelontong juga harus berkembang di era digital yang semakin canggih teknologinya. Dulu emang keuangan masih serba manual ya. Sekarang mah udah ada aplikasi stok barang seperti iReap buat pencatatatn penjualan dan keuangan lebih mudah deh.

    BalasHapus
  44. Saya pernah bantu-bantu toko kelontong yang sistemnya masih tradisional. Waduh, pusing sekali karena apapun serba salah manual. Jika pemilik tidak ada, bisa dipastikan aktivitas hari itu di toko akan oleng.

    BalasHapus
  45. toko kelontong tuh salah satu bentuk bisnis rumahan jg jadi memang harus dikelola dengan baik sih, termasuk untuk pencatatan transaksi hariannya jd boleh lah coba pakai aplikasi kasir ini

    BalasHapus
  46. Canggih sih ini, sekelas toko kelontong juga bisa naik kelas pake bantuan iReap POS, jadi makin berkembangkan produk dan tokonya.

    BalasHapus
  47. Dulu tetanggaku punya pengalaman uangnya sering kurang karena pencatatan serta manajemen keuangan amburadul. Aplikasi kasir iReap ini sangat membantu ya untuk manajemen di toko kelontong

    BalasHapus
  48. pernah download aplikasi iReap POS kak, menurutku menunya lengkap banget dan kalo benar-benar dipakai untuk usaha toko kelontong jadi makin praktis dan gak bakalan ribet,

    BalasHapus
  49. waktu pertama kenal aplikasi ini, aku udah banyak rekomendasiin orang yang punya usaha buat pakai ini, dan memang katanya lebih terbantu :)

    BalasHapus
  50. Menggunakan iReap pos sangat memudahkan dalam mengelola toko kelontong ya mbak. Lebih sukses lagi pastinya

    BalasHapus
  51. Aplikasi kayak gini yang bikin mudah pemilik toko dalam mencatat keuangan. Kadang tuh juga kalo udah repot, urusan pembukuan jadi nanti2 dulu

    BalasHapus
  52. Awalnya ragu ya.. karena toko kelontong itu pastinya kalau diitung-itung, keuntungan dari penjualan paling hanya sedikit, gak bisa bermain dengan harga karena pastinya semua uda menerka harga sebuah produk. Tapi dengan pengaturan keuangan dengan fitur iReap POS, maka bisa diperoleh keuntungan yang bisa digunakan untuk menambah modal.

    BalasHapus
  53. Ireap post sangat memudahkan banget bagi pemilik usaha apalagi yang usaha masih kecil kecilan.

    BalasHapus
  54. Punya aplikasi kasir lebih memudahkan buat ceki-ceki stok barang ya kak. Karena kalau lagi berbisnis, stok barang ini kudu tercatat dengan rapi. Biar ketika kekurangan stok, bis langsung dipenuhi, jadi gak kehilangan pelanggan

    BalasHapus
  55. Kalau untuk usaha selain toko kelontong bisa gak, ya?

    BalasHapus
  56. Aplikasi yang sangat membantu sekali nih buat yang punya usaha termasuk Toko Kelontong biar urusan pencatatan keuangan nggak serba manual lagi. Ya, kalau sekarang udah ada aplikasi kasir yang cangih seperti iReap nih ngapain lagi kasirnya masih pake cara yang ribet.

    BalasHapus
  57. toko kelontong ini memang banyak banget ya kita temukan di perumahan. kayak di tempatku itu kayaknya tiap 10 meter ada toko kelontong. hihi. bagus sih ini aplikasinya bisa membantu dalam pengelolaan uang dan barang pemilik toko

    BalasHapus
  58. aplikasi iReap POS Ternyata sangat membantu para pemilik toko kelontong ya, biar lebih terukur dan tercatat pastinya

    BalasHapus
  59. Jadi ingat, dulu waktu saya masih SMP-SMA, ibu saya punya toko kelontong yang lumayan laris. Dari toko itulah ibu saya bisa membantu membiayai kehidupan dan sekolah kami ber 7. Dulu eranya belum seperti sekarang ya, belum ada iReap POS. Semuanya serba manual dan konvensional. Sekarang mah semua serba aplikasi ya, Jadi sangat membantu para usahawan terutama pemula.

    BalasHapus
  60. Toko kelontong ini enggak boleh diremehkan, ya. Meskipun kelihatannya kecil, tapi barang dagangannya banyak dan bervariasi. Karena banyaknya barang, kalau masih melakukan pencatstan manual, bakalan kama nih. Tepat banget kalau menggunakan iReap.

    BalasHapus
  61. Mbak ... Ini jadi penyemangat nih kalau Menjalankan usaha toko kelontong kecil-kecilan pun bisa berjalan sukses dengan menggunakan iReap POS sebagai fasilitas pendukung administrasi toko

    BalasHapus
  62. Bener2 inovasi di era digitalisasi yaa. Dengan ireap banyak penjual kecil yg terbantukan. Jadi ga kalah dalam gempuran persaingan saat ini

    BalasHapus
  63. Penting banget ya kak tau betul secara detail pengeluaran dan pemasukan sehari-hari, cocok nih untuk Koperasi sekolah tempat aku ngajar

    BalasHapus
  64. Udah download i-Reap dan mencoba pakai, ternyata ngebantu banget buat pencatatan keuangan, apalagi buat teman-teman yang terjun di dunia UMKM, pas banget deh pastinya

    BalasHapus
  65. Komplit banget fiturnya, akan sangat membantu untuk para pelaku usaha.

    BalasHapus
  66. Meski baru usaha kecil-kecilan, management keuangan nggak boleh disepelekan ya mba. Dengan hadirnya iReap POS ini semoga bisa membantu pengusaha kecil untuk berkembang dan sukses.

    BalasHapus
  67. waaah aku baru tau mba ada aplikasi ireap ini, sangat memudahkan para penjual kelontong yaa, bisa nih aku share ke sodara

    BalasHapus
  68. Pencatatan keuangan dalam mengelola bisnis makin mudah, dg adanya aplikasi pendukung iReap POS ya mbak..Aku juga download aplikasinya....

    BalasHapus
  69. pencatatan keuangan dengan aplikasi pos lebih mudah dibaca dan dianalisa. sehingga penjual bisa memprediksi barang habis dan barang yang sering terjual lebih cepat dan akurat.

    BalasHapus
  70. Walaupun usahanya baru dan masih kecil emang wajib banget si udah dicatat keuangannya. Apalagi kalau udah ada aplikasi kaya gini, membantu banget biar gak pusing kalau pencatatannya manual.

    BalasHapus
  71. wah...ini dia aplikasi yang aku pakai, Cocok buat toko kelontong seperti saya, cukup membantu.

    BalasHapus

Posting Komentar