image page header

Diam Adalah Terapi untuk Tetap Tenang

Ada masa dimana kita diminta untuk tidak banyak bicara. Waktu dimana kita cukup diam, mengamati dan pelajari. Tidak selalu aktif bahkan reaktif pada suatu hal. Karena pada dasarnya jeda itu dibutuhkan. Untuk tetap tenang dan juga refresh diri.

Apakah kamu juga merasa butuh jeda dalam rutinitas harian yang bikin penat atau jenuh? Jeda terhadap suasana yang melelahkan, orang menjengkelkan juga sebuah masalah yang tidak mudah. Jujur aku butuh waktu jeda. Dan, jedaku dengan diam.

Diam dengan hanya menikmati suasana sekitar tanpa banyak menilai, hanya cukup menikmati setiap lalu lalang aktivitas sekitar. Treatment ini akhirnya aku gunakan sejak sadar bahwa semakin dewasa tak perlu sibuk bicara. Karena diam juga sebuah respon dimana diri ini butuh recharging.

Bahkan nikmatnya diam sangat bisa aku rasakan sambil meneguk sebotol air, dilanjut jari jemari yang santai mengetik setiap kata demi kata. Nikmatnya pun bertambah jika disekitar kita itu suasana yang tenang dan tak banyak orang.

Terapi diam

manfaat terapi diam untuk tetap tenang
Source: pexels.com/Sound On
Mengapa harus diam, sedangkan diam belum tentu emas. Diam bahkan berpotensi menimbulkan prasangka. Bahkan sebagian orang tidak menyukai diam. Karena diam belum tentu juga solusi.

Belum tentu menjadi solusi yang konkrit, tetapi pasti menjadi ruang jeda untuk berpikir lebih jernih. Setidaknya membuat diri ini tenang dan terkontrol. begitulah kurang lebih dari nikmatnya meluangkan waktu untuk diam.

Diam bisa dilakukan dengan banyak cara dan dimana saja. menyesuaikan isi hati dan selera. Bisa di kamar atau menepi sebuah tempat asing yang hanya sendiri saja. Bisa juga dilakukan di tempat biasa kita beraktivitas namun tidak banyak bicara. Bisa dengan beraktivitas namun fokus untuk diam dari pada sibuk bicara.

Terapi diam tentu tidak dilakukan dalam waktu yang lama, tapi cukup dilakukan sebutuhnya saja. Ketika sudah cukup, maka segera kembali berkomunikasi. Karena pada dasarnya komunikasi adalah sebuah kebutuhan, sedangkan terapi diam dilakukan untuk sementara saja untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

Manfaat terapi diam

manfaat terapi diam adalah untuk tetap tenang dan terkontrol
Source: pexels.com/Maksim Goncharenok
Terapi diam memiliki banyak manfaat baik untuk diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Beberapa manfaat terapi diam adalah sebagai berikut:
  • Tenang
Diam sejenak membuahkan sikap tenang dalam diri. Karena dengan diam, maka sama halnya memberikan jeda istirahat untuk lebih berhati-hati dalam mengambil langkah. Perasaan tenang harus diciptakan oleh diri sendiri agar diri lebih terkontrol. Dan untuk memiliki sikap tenang dalam diri butuh usaha luar biasa yang harus dibiasakan.

Dengan terbiasa memberikan waktu jeda, diam sejenak sama halnya melatih diri untuk selalu tentang dalam segala hal.
  • Berpikir jernih
Setelah memberikan waktu jeda (diam), pikiran akan lebih mudah mengurai sesuatu masalah. Pikiran jauh lebih jernih dalam melihat sesuatu hal. Dengan diam, maka otak akan lebih produktif dalam berpikir.

Otak menjadi lebih bisa diajak berpikir logic dengan standart yang tepat dan benar. Oleh karena itu terapi diam sejenak wajib dilakukan untuk tetap menjaga pikiran tetap waras dan bisa berpikir cerdas.
  • Rileksasi
Rileksasi termudah dan murah adalah dengan diam. Memberikan waktu jeda dengan diam sementara adalah upaya membantu pikiran kembali rileks. 

Apakah kamu pernah mencobanya? Jika belum, maka hal mudah ini perlu dilakukan untuk me-refresh pikiran agar kembali kreatif dan produktif 
  • Tidak menimbulkan masalah baru
Diam adalah salah satu cara agar tidak menimbulkan masalah baru. Namun yang dimaksud dima di sini adalah diam sejenak yaitu dalam jangka waktu terukur. Bukan diam yang lama dan berpotensi salah paham. Bukan yaaaa.

Diam di sini adalah memberikan rem pada diri sendiri untuk kontrol diri dan berpikir ulang terhadap sesuatu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.
  • Segera menemukan solusi
Nah, fun fact-nya adalah dengan diam pikiran yang sudah fresh akan lebih mudah mendapatkan solusi atas hal-hal yang sedang dihadapi.

Dengan berpikir jernih, solusi akan sangat mudah didapat. Dimana solusi itu akan menjadi hal baik untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Wah, ternyata banyak ya manfaat terapi diam. Diam adalah terapi untuk tetap tenang yang dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai lintas generasi. Dan, dengan terapi diam sejenak dapat menjaga kesehatan mental selama menjalani hari-hari.
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar