image page header

Manfaat Gabung Komunitas untuk Para Blogger, Menambah Relasi!

24 komentar
gabung komunitas dapat menambah relasi
Mengulik dari pengalaman pribadi, setiap orang memutuskan untuk meniti karir di lintasan rezekinya masing-masing. Perlahan tapi pasti hubungan pertemanan akan menyesuaikan dengan kesibukan yang tengah kita jalani saat itu.

Sampai pada akhirnya menyadari circle pertemanan semakin mengecil. Namun jangan khawatir, fakta menariknya justru kualitas dari pertemanan yang kecil itu memiliki porsi kualitas yang besar.

Aku, seorang istri yang sengaja memutuskan untuk tidak bekerja full time lagi. Membuka ruang gerakku melalui dunia literasi yaitu sebagai writer sekaligus blogger di blog pribadi milikku. Berbekal mengikuti kelas belajar blogging dan menekuninya. Aku yakin ada banyak harapan yang bisa kuwujudkan.

Bertahap, proses menjadikanku bertumbuh dan mengenal dunia blogging, seru dan menyenangkan. Di pertengahan ikhtiar menjadi blogger kreatif dalam berkarya, aku merasa ada yang kurang dan sedikit sepi. Tahu kah kamu apakah itu?

Yap, kebutuhan gabung komunitas yang sesuai kebutuhan. Saat itu, manfaat gabung komunitas mulai kusadari dampak baiknya untuk para blogger khususnya blogger pemula. Dan, apa yang kulakukan saat itu? Aku menggunakan keluwesanku berselancar di medsos untuk stalking komunitas yang sesuai dengan kebutuhanku.

Secara bertahap aku bergabung dengan komunitas yang menjadi pilihanku. Perasaanku senangnya bukan main, seperti biasa setelah diterima gabung maka akan dimasukkan ke WAG komunitas. Taraaaa, kebiasaan yang selalu kulakukan setelah masuk WAG komunitas adalah sebagai berikut.
  • Membaca deskripsi grup yang tertulis di profile
  • Memperhatikan siapa saja admin dan members yang tergabung
  • Mengucapkan terimakasih dan memperkenalkan diri
  • Mencoba mengenali members yang aktif di grup
  • Berusaha aktif dan kooperatif selama menjadi member
Apakah kamu juga melakukan hal yang sama sepertiku, bestie? Itulah 5 hal yang selalu aku lakukan setiap masuk di WAG yang baru kuikuti. Kamu bisa melakukan hal yang sama sepertiku jika tips-ku sesuai dengan kamu.

Manfaat gabung komunitas, ini pendapatku!

Pernah dengar ga? Tentang perumpamaan yang berbunyi;
Sebatang lidi akan lebih mudah dipatahkan dibandingkan dengan sekumpulan banyak lidi.

Kupikir, begitu pula dengan semangat ngeblog. Jika kita sendiri, kita mudah lengah dan patah arang karena mudah berhenti di tengah jalan. Namun, jika kita berdamai-ramai bersama para blogger bersatu dalam komunitas yang sama, aku yakin semangat kita akan mudah terjaga dan selalu mendapatkan banyak insight di dalamnya.

Nah, oleh karena itu aku memutuskan untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai kebutuhanku dan yang pasti sefrekuensi. Komunitas yang membuat kamu bertumbuh, nyaman dan produktif.

Fakta menarik gabung komunitas itu banyak banget manfaatnya. Baik itu untuk upgrade skill diri dan pertumbuhan blog pribadi. Nah, kamu pasti sudah penasaran banget ya tentang apa saja manfaat gabung komunitas untuk para blogger? Yuk, simak ulasan manfaat gabung komunitas berikut ini.

manfaat gabung komunitas untuk para blogger

  • Menambah relasi
Manfaat gabung komunitas yang tak bisa dihindari adalah bertambahnya kenalan baru. Misal di dalam komunitas blogger, pasti akan ditemui banyak blogger dari yang pemula hingga senior. Nah manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kapasitas kamu sebagai blogger terutama dalam hal jaringan.

Aku masih sangat percaya tentang berkahnya menjaga silaturahim. Dan, itu masih sangat aku pegang hingga sekarang.

Bertambah satu kenalan atau relasi baru, maka bertambah pula satu pintu rezeki dalam kehidupan kita.

Kita tidak pernah tahu melalui pertemanan kita yang mana, yang akan menjadi salah satu pintu rezeki kita. Bentuk rezeki banyak rupanya, bisa dalam bentuk teman sharing, transfer energi semangat, datangnya peluang job, berbagi ilmu dan banyak lainnya.

  • Upgrade skill
Dalam sebuah komunitas pasti memiliki aktivitas rutin untuk menjaga konsistensi ngeblog para anggotanya. Seperti halnya blogwalking, instagram walking, pojok blogging dan lainnya.

Aktivitas tersebut dapat meningkatkan skill seputar ngeblog. Karena secara tidak langsung akan diminta untuk rutin menulis agar bisa saling blogwalking. Dengan jam terbang menulis yang tinggi, keterampilan dalam menulisdesain dan branding diri akan meningkat.

Tak hanya itu, kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu blogging lainnya seperti membaca data analisis blog kamu. Tentunya masih banyak pengetahuan ngeblog terbaru yang akan kamu dapatkan jika kamu berada di lingkungan teman-teman ngeblog. Jadi ingat dosenku pernah bilang;

Kita adalah rata-rata dari orang-orang di sekitar kita.

  • Melatih komunikasi
Berkumpul dengan teman-teman sefrekuensi membuat kita akan mudah menyampaikan apa yang ada dalam pikiran. Kita akan dengan mudah melakukan diskusi seputar ngeblog. Aktivitas tersebut dapat melatih kamu meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar teman.

Sehingga kamu lebih cakap dan mudah menyampaikan pendapat. Tak hanya itu lho, kamu juga dapat meningkatkan aktivitas sosialmu melalui komunitas ini. Nah, bisa dibayangkan ya jika tidak gabung komunitas. Cuuus, buruan gabung komunitas ngeblog, agar makin terarah dan terukur progressnya.

  • Peluang job
Dari pengalaman gabung komunitas, ternyata blogger senior rajin berbagi info job kepada blogger yang lain. Secara blogger senior memiliki jangkauan jejaring yang lebih luas, sehingga lebih cepat mendapatkan informasi job.

Nah, kamu sebagai blogger khususnya pemula wajib gabung komunitas, karena peluang job yang didapat dari para blogger senior lebih banyak. Tanpa kamu susah payah mencari info job sana-sini, eh info job-nya datang sendiri melalui para blogger senior. Happy gak tuh?

Percayalah, gabung komunitas itu worth it banget. Seperti halnya di atas, senior tak akan menyimpan info job sendirian, mereka akan berbagi dengan yang lain. Tugas kamu sebagai blogger siapkan performa blog dan sosmed yang jempolan agar mudah lolos dari syarat yang diminta oleh klien. Dijamin job akan deras bak mata air yang mengalir. Ceileehhh.

  • Update informasi
Manfaat gabung komunitas yang gak kalah penting adalah bisa update informasi. Contoh update informasi tersebut seperti yang aku rasakan waktu awal terjun menjadi blogger, aku dengan cepat mendapatkan informasi dalam memilah-milah job agar tidak zonk.

Cerita lainnya adalah kamu akan mendapatkan informasi terkini tentang syarat-syarat terbaru yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan job. Selain itu, kamu juga mudah mendapatkan informasi kelas blogging, pelatihan, mini class, webinar literasi dan banyak lainnya.

Intinya adalah sebagai blogger harus update info biar gak kudet. Update info membantu kita sebagai blogger untuk tetap mengikuti perkembangan dunia literasi khususnya di era digital saat ini.

Manfaat gabung komunitas banyak banget, ya. Blogger wajib nih gabung komunitas agar tetap eksis di dunia per-blongging-an.

 

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

24 komentar

  1. Balasan
    1. Ada The Cupuers of Blogspedia, 1M1C, Mama daring, IIDN dan terbaru ada KEB, kak.
      Semoga tidak ada yang terlewat buat disebutin 🙈

      Hapus
  2. Alhamdulillah, aku juga mendapatkan manfaat yang sama sejak masuk komunitas. Nggak ada ruginya, malah jadi pengin ber-upgrade terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul nih, mba. Jadi ingin upgrade terus agar makin nambah value diri ya, mba.

      Hapus
  3. Komunitas emang penting banget, selain tambah relasi juga tambah informasi. Terutama informasi seputar job wkwkwk ini yang paling penting. Komunitas blogger pertama aku yang mengantarkannya aku hingga di titik ini.. Alhamdulillah sekali, merasa sangat terbantu dengan adanya komunitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maa shaa Allah, keren. Alhamdulillah banget ya, mba.

      Hapus
  4. Peluang yang paling berasa tuh menambah relasi si, soalnya tiap pergi kemana bisa janjian buat ketemuan sama sesama blogger. Seru gitu deh, soalnya kan biasanya ketemu lewat dunia maya terus jadi bisa ketemu langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget ini, mba. Pasti Mba Kia udah ngerasain banget ya manfaat gabung komunitas yang bikin relasi makin luas. Maa shaa Allah.

      Hapus
  5. Aku seperti bercermin hehe, sama bgt yg aku rasain mba hohooo. Aku pernah dengernya kalau satu lidi itu ga ada manfaatnya, tapi kalau banyak lidi bisa jadi sapu. Ehh gimana yaa aku lupa hahaha intinya seniorku bilang kalau banyakan kita bisa beda kalau sendiri. Sama ngena bgt apa yg dosen mba Susi bilang. Kita adalah rata² orang lain disekitar kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, betul tuh dengan bersama-sama kita bisa banyak memberi manfaat. Yuk, yuk semangat buat kita, bestie.

      Hapus
  6. Suka deh kalimat pembukanya, related. Wkwk. Circle pertemanan makin berkurang, apalagi udah merantau yang bnr2 ga ada temen deket gitu. Tapi dgn gabung di komunitas2 yg sesuai, bnr2 banyak manfaatnya bgt. Jd berasa punya banyak sodara sefrekuensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, I feel you, mba.
      Alhamdulillah, maa shaa Allah banget ya, mba.

      Hapus
  7. Komunitas memberikan banyak manfaat bagi kita, relasi dan tentunya memang menambah pengetahuan.bisa jadi tempat cari solusi saat menemukan kebuntuan

    BalasHapus
  8. komunitas apa pun selalu memberikan banyak manfaat bagi kita yang tentunya juga kalau kitanya mau bergerak ya, Mbak. Soalnya juga percuma kalau kita diam jadi silent reader berpangku tangan ya tetep nggak dapat apa-apa:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mba. dari diri sendiri juga harus pro aktif.

      Hapus
  9. Menjadi bagian dari komunitas blogger memang menarik. Manfaatnya tidak hanya satu atau dua sana untuk blog. Tapi, berbagai macam hal baik untuk menunjang tumbuh kembang blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih, mba. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan gabung komunitas.

      Hapus
  10. BAgi seorang bloger, wajib banget ikut komunitas para bloger... DAn harus aktif mengikuti kegiatannya ya... jangan pasif, hehehe.... Aku sudah merasakan manfaatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, dok.
      Wah, dr. Taura juga sudah merasakan manfaat gabung komunitas. Maa shaa Allah.

      Hapus
  11. Gabung komunitas emang membantu bgt buat jaga semangat dan konsistensi ngeblog. Jdi terpacu jga liat kemajuan teman2 yg ada dalam komunitas. Apalah aku yg hanya remahan ini di cupuers

    BalasHapus
  12. Bertabur manfaat memang join di komunitas bloger, asal aktif, konsisten dan tetap rendah hati untuk menimba ilmu walau sebenarnya yang dipelajari itu lagi dan itu lagi. Jangan bosan

    BalasHapus

Posting Komentar