image page header

Personal Branding Blogger, Siapa Aku?

Hai bestie, penting gak sih personal branding bagi seorang blogger? Yap, pastinya personal branding blogger itu butuh. Ini salah satu cara konkrit mau dibawa kemana masa depan kamu sebagai blogger.

Sejujurnya membangun personal branding tidak hanya untuk para blogger, ya. Untuk tiap pribadi siapa pun dan apa pun perannya, butuh yang namanya personal branding.

Nah, karena aku sedang ikhtiar menjadi blogger cupu, hhi. Yuk, ikuti cerita prosesku mengenali dan membangun personal branding sebagai blogger. Buat kamu yang sefase denganku atau mau mengikuti jejak sebagai blogger, baca sampai habis, ya.

Apa sih personal Branding itu?

Menurutku secara sederhana, memaknai personal branding adalah sebuah gambaran yang melekat pada diri setiap orang baik dari segi fisik maupun value. Setiap diri kita mempunyai personal branding masing-masing.

Hanya saja, tidak banyak dari kita yang mengenali personal branding diri. Nah, untuk itu bestie, kita perlu cari tau terlebih dahulu. Kalau aku yang sedang menekuni dunia blogging, maka cara tau personal branding blogger.

Membangun personal branding blogger

Awalnya tak terpikirkan bahwa aku akan menekuni di bidang blogging. Tapi, karena lingkungan dan kenyataan yang membawaku ke sini. Ceileeh kayak apa aja, hhi.
personal Branding blogger

Mengenali kemampuan diri

Aku mencoba belajar, membiasakan dan bergabung dengan komunitas blogger. Dan benar saja, aku berhasil hingga di titik sekarang. Aku menulis dan belajar blogging beserta ilmu turunannya secara profesional.

Aku menyadari bahwa menulis adalah cara aku menghargai diri, yaitu bentuk selflove. Kugali-gali lah ilmu yang kupunya, mulai dari mampu menulis dengan ejaan yang benar dan enak dibaca.

Bisa membuat desain sederhana, pernah belajar bahasa pemrograman sehingga gak asing dengan edit html, pernah freelance menulis borongan dan sampai sekarang masih aktif menjadi verified writer dari IDN Times Community.

Tak hanya itu, beberapa tulisanku juga pernah menjadi tulisan terbaik saat mengikuti challenge menulis artikel.

Strategi membangun personal branding blogger

Berbekal pengetahuan yang pas-pasan dan sedikit pengalaman, kuberanikan diri ikut challenge menulis 14 hari di programnya blogspedia. Sampai akhirnya bisa masuk di kelas blogspedia coaching #3.

Jujur saja waktu itu aku insecure, karena menyadari basic disiplin ilmu dan pengalaman kerjaku berbeda dengan blogging. Tapi, demi tetap produktif dan menjadi bermanfaat untuk orang lain, maka aku memutuskan untuk terus belajar yaitu belajar blogging di kelas BP#3.

Alhamdulillah, kelas blogspedia coaching #3 mau selesai, bestie. Doakan aku lulus dari kelas ini, ya. Dan, doakan aku bertahan lama berada di dunia blogging ini. Tentunya semoga aku juga semakin bermanfaat untuk banyak orang.

Hai, aku blogger, lho!

Alhamdulillah, happy banget. Otw masuk di barisan blogger cupu-nya blogspedia group itu awesome banget buat aku. Entah mengapa, rasanya puas dengan proses belajarnya, no kaleng-kaleng, bestie.

Sebelum aku kenalin gambaran blog-ku, aku mau sharing sedikit sosok menginspirasiku ya, bestie.
kartu nama blogger Susi Yanti Nuraini

Sosok panutanku, makasi ya!

Yess, tak lain adalah mbakku sendiri. Salah satu sosok inspirator dalam hidupku sih. Karena dari dia, aku banyak belajar sejak kecil sampai sekarang. Walaupun mbakku ini karakternya berbeda 180 derajat denganku.

Sekarang, bisa kubilang dia blogger kece di mataku. Bagaimana tidak, tulisannya berisi dan panjang, desainnya kreatif pula. Aku? kece juga, tapi bertolak dengannya, haha. Tulisanku terkesan ringan dan gak terlalu panjang, untuk desain cukup oke lah.

Ingat banget, mbakku dulu pernah menawarkan loker freelance menulis borongan, aku daftar dan menghasilkan cuan.

Trus ajakan kedua, dia gabung di IDN Times Community dan aku ikuti. Alhamdulillah, justru artikelku lebih banyak published, banyak viewers dan dapat pundi-pundi rupiah, lumayan buat tambahan jajan.

Dan, sekali lagi yang gak capek-capeknya ngajakin blogging dan ikut challenge-nya BP ya mbakku ini. Makanya, aku bilang bisa di titik ini karena lingkungan dan kenyataan. Ohya, dan tentunya support system suamiku yang ngasih fasilitas luar biasa, makasi hubby, love poool!

Walaupun sekarang mbakku makin produktif, agak sedih sih karena kedekatan berkurang huhu tapi gapapa. Mau bilang di sini aja, makasi banyak-banyak udah baik dan sayang aku. Love you more!

Eiittss, percayalah aku melalui prosesnya ini sendiri, ya. Mbakku ngasih support semangat ke aku, selebihnya ya aku jalan-jalan sendiri atas ikhtiar dan kemampuanku, tentunya dengan izin Allah maka aku bisa.

Syn's blog!

personal blog dengan niche belajar blog, beauty expert, hidup sehat dan minimalist life
Syn adalah singkatan nama lengkapku, karena kepanjangan jadinya kusingkat, deh. Aku pakai namaku agar yang baca kenal aku dengan baik.

Niche blog sengaja kubatasi dengan hal-hal yang aku tertarik di dalamnya. Seperti belajar blogging berbagi ilmu yang kudapat, beauty expert karena emang suka skincare-an, hidup sehat is my dream dan tentunya minimalist life.

Niche di atas berpotensi bisa berkembang, namun dari ke-4 niche di atas menggambarkan aku banget, bestie. Aku suka hal-hal yang bersih, sehat, sederhana. Aku yang masih sangat mau belajar sehingga harus ada ruang untuk berbagi di blog-ku ini.

Aku suka banget warna pink, soalnya aku cewek kue, hhe. Tipe cewek sanguinis dan melankolis. Yess, kue banget, kan. Gampang ceria, gampang nangis, cerewet dan mudah tersentuh. Begitulah kiranya aku. 

Jadi, ceritanya blog ini milik cewek kue blogger, hhi. Tapi, di sisi yang feminin banget itu, aku juga ada sisi korelis tapi tipis banget. Misal aku ada pandangan yang benar terhadap sesuatu maka aku akan perjuangkan.

Keunggulan tulisanku kalau mbakku dulu pernah bilang, tulisanku ringan dan mengalir. Sehingga mudah dicerna, walaupun menurutku tulisanku receh dibanding punya mbak, wkwkw.

Tapi, gapapa, sih. Kebukti tulisanku berhasil banyak published saat aku nulis di lapak sebelah. Sedangkan kelemahannya adalah kurang jam terbang dan banyakin lagi belajarnya biar bisa akselerasi.

Manfaat personal branding

Nah, membangun personal branding blogger ada banyak manfaatnya, bestie. Ada beberapa diantaranya:
  • Meningkatkan kemampuan diri
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Menambah value added
  • Meyakinkan orang lain
  • Memperluas jaringan

Jadi, begitulah bestie cerita prosesku menemukan dan membangun personal branding blogger. Alhamdulillah, bestie. Doakan aku konsisten, ya. Doa baikku untuk kalian semua semoga konsisten juga di bidang yang sedang ditekuni.





Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Wah ini bisa jd pelecut semangat untuk pembaca, bahwa kita bisa mulai hal hal kecil dg mencoba tp jika ditekuni dg baik akan berkembang dg maksimal.. Terimakasih ya sudah berbagi karya dg tulisan. Tetap semangat menginspirasi! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah seneng banget bacanya, alhamdulillah 😍
      Sama sama bestiee

      Hapus
  2. Setuju bgt sih dengan adanya personal branding blogger ini. Para pembaca macam akuu nih jadi tau kan, si blogger ini biasanya nulis apa aja sih, gaya penyampaiannya bagaimana sih..dengan begitu para readers jadi lebih tau ttg si blogger dan karya2nya. Smangat terus dalam berkaryaπŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, senangnya πŸ˜πŸ˜€ alhamdulillah
      Semangaaatt! makasi yaa

      Hapus
  3. Konten-kontennya sangat membantu. Untuk blogger pemula seperti saya... Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, alhamdulillah πŸ˜€
      Sama sama kak, semangaaattt!

      Hapus

Posting Komentar