image page header

Gaungkan Hari Blogger Nasional Tanda Blogger Masih Ada, Terus Berkarya!

Memiliki personal web atau biasa disebut blog yang belum genap satu tahun, rasanya masih berkutat di persoalan konsistensi. Dan, mengingat baru jalan 3 bulan blog ini upgrade menjadi Top Level Domain, aku pun enggan jika harus tak konsisten.

Karena memutuskan untuk menulis dan menjadi blogger di tengah ramainya konten vlog, youtube, reels adalah caraku untuk terus berkarya di era digital. Aku pun cukup bangga dengan prosesku bertahan hingga di titik ini.

Berbagai event aku ikuti untuk memperlancar aktivitas menulisku. Seperti halnya mengikuti kelas ngeblog di Blogspedia, pelatihan menulis di IDN Times Community, lomba blog, mengikuti webinar literasi, gabung dengan komunitas blogger. Wah, ternyata seseru itu!

Hingga sosial mediaku ramai berisikan teman-teman blogger yang aktif membranding blognya dan mempromosikan tulisan-tulisannya. Luar biasa, ada yang asik mengikuti berbagai lomba, seru-seruan dengan update skill ngeblog hingga sibuk nge-job karena banyaknya endorse yang berdatangan.

Rupanya menjadi blogger pun masih sangat diminati oleh berbagai kalangan. Dari yang masih duduk di bangku sekolah hingga emak-emak berseragam daster. Fakta jika keberadaan blogger masih ada!

Tepat di tanggal 27 Oktober, grup blogger yang kuikuti ramai sejak pagi saling lempar ucapan selamat. Oh, ternyata hari itu adalah Hari Blogger Nasional, 2022 tepat 2 tahun pasca pandemi.

Tak hanya ungkapan selamat, bahkan blogger senior yang gak pernah kehabisan kreatifitasnya merayakan Hari Blogger dengan mengadakan giveaway untuk para blogger melalui tulisan artielnya. Insight-nya luar biasa.

Fyi, Hari Blogger Nasional digagas oleh Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA. pada tanggal 27 Oktober 2007 yang ditujukan untuk mewadahi para blogger Indonesia. Saat itu Beliau menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika RI.
Hari Blogger Nasional 2022

Makna Hari Blogger Nasional, ini pendapatku?

Awal memilih ngeblog tentunya ingin berbagi karya yang bermanfaat. Lalu mengikuti kelas belajar ngeblog dan mendapat banyak insight. Tapi, ujung-ujungnya bingung karena banyak yang ingin dicapai.

Ingin menang banyak lomba, blog banyak pengunjung, artikel selalu ada di page one Google, sampai ingin mendapat banyak job melalui ngeblog. Dari yang sederhana hingga yang besar ingin dicapai. Sehingga, lupa dengan niat awal.

Sah-sah saja sih mempunyai target pencapaian, tapi dengan tidak melupakan proses yang harus dilalui. Karena sejatinya tak ada yang instan untuk mendapatkan capaian yang besar.
blogger masih ada

Renungan 27 Oktober!

Banyak kutemui teman-teman blogger menuliskan selamat Hari Blogger Nasional di sosial media. Sebagai penulis tentu tak segan-segan menuliskan makna Hari Blogger dan curhatan sebagai blogger. Euforianya terasa hingga di tempatku berada.

Aku yang mulai absurd dengan aktivitas ngeblogku, hanya bisa membaca satu demi satu postingan teman-teman yang penuh semangat. Seru juga ya membaca cuitan teman-teman seputar Hari Blogger. Lalu, apa makna Hari Blogger bagiku sebagai blogger pemula?

Sejenak aku off dari sosial media, karena hari itu aku ada revisi artikel di pelatihan menulis yang diadakan oleh IDN Times Community. Agar artikelku segera publish, aku memutuskan untuk segera menyelesaikan dengan maksimal. Dan benar saja, siang aku perbaiki, sore aku kirim. Tak lama dari itu, artikelku dengan topik traveling publish.

Malam harinya aku kembali on di sosial media, masih saja kutemui celoteh teman-teman blogger tentang Hari Blogger Nasional. Hmmm, aku merefleksikan diri, flashback, membuka-buka ulang tulisan-tulisanku baik di blog maupun IDN Times.

Not so bad, i am good. Aku sudah melakukan versi terbaikku. Aku hanya butuh untuk terus bertumbuh, grow up! Melakukannya secara kosisnten. 

Yah, aku menemukan makna Hari Blogger Nasional sesuai versiku yaitu perayaan mengingatkan diri ini tentang alasan menulis. Menulis adalah caraku menuang rasa (ide) lewat aksara. Dan, blog adalah ruang paling mudah dan sederhana untuk menerjemahkan isi pikiranku menjadi sebuah karya berupa tulisan.

Sesederhana itu, mau hatinya lagi senang atau sedih, menulis adalah caraku menuang rasa (ide) melalui blog. Oh ya, tentang target capaian yang sebelumnya sempat mampir di pikiranku? Itu semua akan mengikuti sepanjang aku konsisten bertumbuh dan terus menulis.

Dan, kutulislah apa yang ada di pikiranku tentang makna Hari Blogger Nasional di instagram pribadiku, tak lupa kusematkan gambar twibbon Hari Blogger Nasional bikinan Blogspedia.

Tips konsisten ngeblog bagi blogger pemula

Sebagai blogger pemula, aku yakin kegalauan di awal-awal ngeblog juga dirasakan oleh blogger pemula lainnya. Nah, kali ini aku mau berbagi tips konsisten menjaga semangat ngeblog. Yuk, simak tips berlikut ini.
  • Selalu ingat dengan big why ngeblog, jika perlu tempel tulisan yang besar di dinding kamar
  • Grow up! Belajar menambah ilmu dan pengetahuan seputar menulis, ngeblog, desain
  • Konsisten posting artikel minimal 1 minggu 1 artikel
  • Memperluas jaringan bersama para blogger lainnya
  • Jangan terpaku pada masalah, jalan sukses orang berbeda-beda. Terus berkarya!
  • Seimbang, jangan terlalu pasif atau agresif. Amati, pelajari, eksekusi!
  • Berdoa kepada Allah agar diberi konsisten dalam menulis di blog

Dengan keterlibatan kita (blogger cupuers) di dalamnya, berjalan konsisten terus menulis melalui blog. Menunjukkan bahwa blogger masih ada, terus berkarya!

Selamat Hari Blogger Nasional 2022!

#HariBloggerNasional2022
#BloggerDay2022
#CupuersBlogspedia
#BloggerMasihAda
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

26 komentar

  1. Keren mbak, merayakan dengan refleksi diri. Sepanjang perjalanan ngeblog yg mungkin aku jg sama masih blogger pemula,ingin menang lomba dll dst. Tp ketika aku refleksi diri, aku merasa lebih tenang. Selamat hari blogger

    BalasHapus
  2. Keren nih banyak bergabung dengan komunitas untuk terus upgrade ilmu tentang blog. Dan alhamdulillah bisa menjadi satu keluarga besar juga bersama-sama di Blogspedia, semoga dapat terus berkembang bersama-sama

    BalasHapus
  3. Selamat hari blogger...semoga dapat terus berkarya membangun negeri ini dengan lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Hari Blogger juga, mba. Aamiin. yaa Allah.

      Hapus
  4. Semangat ngeblog terus mbak. Semangatnya takkan pudar karena dikelilingi teman cupuers yang selalu membersamai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, nih. Semangat buat kita semua, mba πŸ˜€

      Hapus
  5. Bener bgt mbak ngeblog bisa sambil dasteran wkwkwk udah paling posisi nyaman bgt πŸ˜‚

    BalasHapus
  6. Toos dulu ah sesama pemula. Suka banget poin 'seimbang'. Mari kita terus bersama belajar dan bertumbuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooos. Yuk, yuk semangat belajar dan bertumbuh bersama, mba.

      Hapus
  7. Semangat dan tips ngeblognya luar biasa. Jadi nular ke aku yang terkadang down nulisnya.

    BalasHapus
  8. Bagi blogger pemula, bisa nulis di blog secara konsisten aja sudah termasuk kesuksesan ya, mba. Insya Allah kesuksesan lainnya menyusul sesuai porsi. Aamiin 😍 btw, kepo sama pelatihan nulis di IDN nya. Wkwkwk. Dulu bgt pernah nulis disana, tp ga berlanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mba. Aamiin, aamiin.
      Pelatihan kepenulisan IDN Times Community sudah aku ulas di sini, mba.
      Bisa klik di sini ya, mba. https://www.susiyantinuraini.com/2022/10/persami-idn-times-community.html
      Wah, pernah jadi commuter di IDN Times Community juga, mba 🀩Finally, kita bisa kenalnya di Cupuer Blogspedia ya, mba. Maa shaa Allah.

      Hapus
  9. Aku suka tips konsisten ngeblognya deh, apalagi kalimat, "Jangan terpaku pada masalah, jalan sukses orang berbeda-beda. Terus berkarya!". Kadang tuh emang suka membandingkan sama orang lain terus jadi mandeg deh buat berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mba. Yuk, semangat buat kita semua, bismillah, terus berkarya!

      Hapus
  10. Semoga kita bisa terus saling menyemangati, dan menjadikan setiap hari sebagai hari saklar bagi blogger untuk bisa konsisten dalam menulis dan mengisi blog dengan hal bermanfaat

    BalasHapus
  11. semangat ngeblog mbak, yuk gandengan saling menyemangati
    menulis itu menyenangkan ya, bisa menumpahkan ide yang belum terucap dan terlaksana
    selamat hari blogger nasional mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, mba. Semangat buat kita semua.
      Betul banget, mba.
      Selamat Hari Blogger Nasional juga, mba.

      Hapus
  12. Selamat Hari Blogger
    Semangat terus ngeblog nya mba, saya masih newbi semoga bisa semangat nya menular ke aku. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Hari Blogger juga, mba.
      Siap, semangat buat kita semua. Aamiin.

      Hapus
  13. Keren banget sih, produktif! Sering mantau statusnya, setiap hari ada aja tulisan yang dibagikan.. proud of uuuu... keep blogging, keep sharing yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, terima kasih, Mba Marita ❤️
      Siap, mba.
      Mba Marita juga selalu menginspirasi kami semua.

      Hapus

Posting Komentar