image page header

Persami IDN Times Community Day 1, Belajar Menulis!

persami by IDN Times Community Surabaya
Instagram/IDN Times Community
Hai bestie, cuap-cuap lagi yuk. Jadi, hari ini aku senang banget karena mengikuti acara Persami IDN Times Community.

Bentar, Persami itu apa sih? Jadi, Persami adalah kelas belajar menulis yang diadakan oleh IDN Times Community di hari Sabtu. Acara ini dilaksanakan 2 hari di Hari Sabtu yang berbeda, tepatnya tanggal 22 dan 29 Oktober 2022.

Kelas belajar menulis dilaksanakan secara offline di kantor IDN Times Surabaya. Dan, belajar menulis kali ini fokus pada 3 topik/kanal, yaitu topik hype/entertainment, sport dan traveling.

Aku mengikuti kelas belajar di kanal traveling. Why? Yes, karena aku suka banget traveling. Nah, jika tidak aku bagi melalui tulisan hmm sayang banget ya, bestie.

Agar tulisan traveling-ku bagus dan menarik, aku harus belajar lagi cara menulis niche traveling dengan tepat dan benar.

Trus apa saja nih yang aku dapat dari acara Persami by IDN Times Community day 1? Banyak banget dong, yuk simak cuap-cuap aku seputar acara Persami.

Persami IDN Times Community, day 1!

Awal menghadiri acara Persami, aku menjadi peserta pertama yang datang, hhe. Efek terlalu semangat dan lokasi rumah lumayan dekat dengan kantor IDN Times Surabaya.

Oh ya, untuk bisa menjadi peserta Persami, aku harus lulus seleksi administrasi, lho. Makanya aku antusias banget dengan acara serunya IDN Times Community.

Dan, sesampai di lokasi kesan pertama senang banget karena sudah disambut oleh kakak-kakak IDN Times yang ramah dan ceria.

Fun fact-nya acara Persami IDN Times Community memang keren banget. Materi yang diberikan sangat bermanfaat buat aku yang lagi upgrade skill menulis.
kelas menulis IDN Times Community
Dok. IDN Times Community

IDN Times

Di sesi pertama, ada Kak Viktor Yudha yaitu Community editor IDN Times. Beliau menjelaskan seputar IDN Times.

Singkat dari penjelasan Kak Yudha bahwa IDN Times adalah platform menulis berbasis UGC (User Generated Content) untuk generasi milenial dan Z yang memiliki hobi atau ketertarikan di dunia tulis-menulis. 

Nah, para commuter IDN Times inilah yang disebut citizen jurnalism atau penulis warga.

Teman-teman bisa bergabung menjadi commuter IDN Times, lho. Kamu bisa menulis dengan banyak topik pilihan dan menulis sesuai panduan menulis IDN Times.

Tulisan yang lulus dari meja editor IDN Times akan publish. Kamu bisa mendapatkan poin sesuai jumlah page view artikel.

Selain itu, IDN Times juga ada program promo bonus poin, podcast with editors, kelas menulis daring dan Indonesia writer festival.

Creative writing

Setelah mendapat informasi seputar IDN Times, lanjut sesi kedua diisi oleh Kak Diana Hasna yang juga merupakan Community editor IDN Times.

Beliau menyampaikan panduan creative writing. Waaah, worth it banget sih ikutan acara Persami by IDN Times Community. Banyak ilmu yang didapat seputar basic knowledge writing.

Kalau kata Kak Dania menjadi penulis itu harus kreatif. Tulisan kreatif banyak menarik para pembaca. Hayooo, siapa yang gak mau tulisannya laris dibaca? Semua pasti mau dong.

Ada 4 poin yang wajib diperhatikan untuk mendapatkan tulisan yang kreatif.
  • Ide orisinal
Membuat tulisan harus dengan ide yang orisinal milik sendiri, bukan copy paste dari hasil karya orang lain atau sumber lain. 

Mudah kok untuk mendapatkan ide yang orisinal, yaitu bisa menggali ide dari pengalaman pribadi, memperhatikan hal-hal unik di sekitar, topik yang lagi ramai di media sosial atau bahkan kamu bisa lho lihat di tools keyword seperti Google Trends, Hot Trends.
  • Data dan fakta valid
Tulisan yang begus adalah tulisan yang berdasarkan data dan fakta valid. Untuk mendapatkan itu maka perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Tujuannya untuk mendapatkan tulisan yang berkualitas dan banyak memberikan informasi untuk pembaca.

Jadi teringat di acara Persami by IDN Times Community hari ini, aku melihat pigora dinding yang berisikan tulisan.

Without data, you are just another person with another opinion.

Benar saja ya, tulisan itu by data is a must. Dan, kamu bisa sertakan sumber referensi dari hasil riset ditulisan kamu.

  • Nilai
Untuk mendapatkan tulisan yang news value maka kamu bisa membuat outline atau garis besar dari tulisan yang akan kamu buat.

Dengan membuat outline, maka tulisan akan terangkai secara berkesinambungan. Kamu paham dengan apa yang akan kamu tulis, lebih spesifik dan kreatif dalam mengulas sebuah ide.

Dan, yang gak kalah penting adalah kamu dapat menyampaikan dengan jelas apa yang menjadi poin atau masalah dari tulisan kamu.

  • Gaya penceritaan
Nah, gaya bahasa ini penting banget, ya. Agar pembaca mudah merasakan dan menerima apa yang kamu sampaikan dalam tulisan. 

Yaitu dengan cara story telling. Menambahkan cerita pendukung yang inspiratif dan menggugah imajinasi untuk memperkuat setiap narasi yang ditulis.

Wah, seru banget. Aku suka! Makasi Kak Dania, Materinya bagus banget.

Grouping dengan mentor sesuai kanal tulisan

kelas menulis topik traveling
Instagram Story/IDN Times Community
Setelah materi kedua selesai, kami ada grouping bersama kakak mentor masing-masing. Nah, di grup topik traveling dimentori oleh Kak Febri, beliau Community editor IDN Times yang fokus di kanal food dan traveling.

Selama sesi grouping seru banget, karena Kak Febri memperjelas lebih detail bagaimana mengeksekusi tulisan dengan topik traveling.

Beberapa poin yang disampaikan untuk tulisan traveling ada 3 hal yang bisa diulas yaitu destinasi yang spesifik (rekomendasi wisata lokal), jurnal yaitu hal-hal yang bisa dilakukan dan tips traveling.

Untuk mendapatkan tulisan traveling yang berkualitas dan informatif disarankan datang ke lokasi langsung walaupun bisa tanpa ke lokasi.

Untuk tantangan menulis traveling adalah gambar tempat wisata, sehingga sebisa mungkin menggunakan gambar pribadi atau dari sumber yang sudah memberi izin gambarnya untuk kita pakai.

Jurnalistik

Setelah sesi grouping selesai, lanjut ke materi ketiga, bestie. Wow, banget kan. Apalagi di sesi ketiga ini membahas tentang jurnalistik oleh Kak Zumrotul Abidin sebagai editor hyperlocal Jatim.

Beliau memang fokus di bidang jurnalistik. Beliau menjelaskan jurnalistik adalah rangkaian proses pengolahan data dan informasi hingga menjadi produk berita.

Dimana fungsi jurnalistik adalah menyiarkan informasi, mendidik, menghibur dan mempengaruhi.

Menuliskan berita pun juga harus melalui riset yang mendalam untuk mendapatkan produk berita yang akurat yaitu memenuhi 5W+1H.

Jenis tulisan berita ada beberapa, seperti straight news, depth news, feature, opini dan resensi.

Beliau menjelaskan bagaimana cara memperoleh berita mulai dari observasi, wawancara hingga riset data.

Tak hanya itu, Kak Bidin juga menjelaskan cara penulisan berita, lho. Penulisannya sama seperti menulis artikel.

Waaah, seru banget. Tiga sesi materi yang tersampaikan dengan ringan dan seru. Di akhir acara ada game, lho. Dan, aku menjadi salah satu pemenang game yang mendapatkan bonus 500 poin, waah lumayan alhamdulillah, hhe.

Alhamdulillah banget dapat mengikuti kelas menulis Persami IDN Times Community. Melalui acara ini aku bisa menambah ilmu seputar menulis, dapat teman baru dan recharge semangat. Makasi IDN Times Community!
persami day 1 kelas menulis IDN Times Community
Dok. Pribadi/Susi Yanti Nuraini





Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

61 komentar

  1. Dulu taunya Persami itu perkemahan Sabtu Minggu di Pramuka. Eh, sekarang IDN Times membuat acara keren dengan tema Persami, offline lagi. Pasti senang bisa bertemu langsung dengan teman-teman penggerak literasi dan belajar mengembangkannya dari Narasumber yang ahli di bidangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe iya, pak. Persami itu pelatihan menulis bersama IDN Times Community.
      Alhamdulillah senang banget, belajar dapat ilmu dan banyak teman.

      Hapus
  2. Masyaallah, keliatan seru banget acaranya. Materi-materi yang diberikan juga detail. Buat aku, story telling itu masih jadi PR. Masih nulis apa adanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, banyak ilmu yang didapatkan seputar kepenulisan, mba.
      Semangat berproses yuk mba agar kita bisa menulis dengan gaya kepenulisan story telling.

      Hapus
  3. Seru banget acaranya yaa mbak bikin gak bisa move on deh pasti. Dapet teman2 baru dan ilmu luar biasa bgt. Pengen ikutan ihh liatnya seru bgt. Di Jabar ada gak yaa 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih susah move on, malah ketagihan, hhe.
      Semoga segera ada ya mba di Jawa Barat, aamiin.

      Hapus
  4. Wah keren banget diisi mas zumrotul abidin. Editor paling kece di IDN hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kenal kah mba?
      Iya, Beliau keren banget. Memiliki banyak pengalaman di dunia kepenulisan. Maa shaa Allah.

      Hapus
  5. Acaranya seru banget mba. Bisa ke kantor IDN nya langsung. Jadi pengen ikutan acara kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget, mba. Alhamdulillah.
      Yuk, ikutan mba di kesempatan berikutnya, in shaa Allah.

      Hapus
  6. Astaga aku mupeng liatnya. Seneng banget pasti bisa belajar upgrade skill menulis dari narasumber yang keren begitu. Huhuhu. Aku iri aku bilang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe, iya senang banget, mba.
      Bisa berkesempatan upgrade skill menulis dari narasumber yang keren dan expert. Yuk, yuk next kesempatan ikutan mba, in shaa Allah.

      Hapus
  7. Terima kaish mb,jaid ikutan belajar melalui tulisna ini. Tulisannya memberikan insight baru pastinya. Kirain ini kemah pramuka gitu tadi. Ternyata buka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sama-sama, mba.
      Maa shaa Allah, hhe Persami adalah Pelatihan Kepenulisan bersama IDN Times Community, mba.

      Hapus
  8. Seru banget kayaknya ikutan acara IDN persami ini, banyak dapat tambahan skill menulis, itu enak banget. Btw, Ga ada acara offline nya apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget, mba. So, worth it.
      Itu yang aku ikuti acara offline, mba.

      Hapus
  9. selamat ya mbak lolos seleksi hingga bisa ikut program IDN, wah rezeki nih mbak bisa nambah skil nulis dari ahlinya
    btw kantor IDN di Surabaya di daerah mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, hhe alhamdulillah, mba.
      Kantor IDN Media yang di Surabaya ada di Jalan Raya Darmo Permai Selatan, mba.

      Hapus
  10. Masya Allah keren banget bisa ikut kegiatan offline gini yaa. Apalagi bisa bertemu dengan teman-teman baru..
    Kalau aku mungkin bisa ikutan online saja uda bersyukur, apalagi offline gini yaa. Masya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa alhamdulillah banget nih, mba. Maa shaa Allah.

      Hapus
  11. MasyaAllah seru banget, aku pengenn juga ikutan acara kyk gini. Btw, aku kira persami itu perkemahan. Ternyata bukan heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seru banget acaranya, mba.
      Yuk, next kesempatan ikutan mba, in shaa Allah.
      Hhe PERSAMI itu Pelatihan Menulis bersama IDN Times Community, mba.

      Hapus
  12. Seruuuu bgt acaranya
    Btw, aku jg arek Suroboyo, tapi ha ngerti info acara ini.
    Kapan2.klo ada lagi, mupeng buat ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, seru banget acaranya, mba.
      Wah, arek Suroboyo juga nih. Yuk, next kesempatan ikutan mba, in shaa Allah.

      Hapus
  13. Seru banget bisa ikutan acara ini. Makin semangat ya jadinya buat membuat tulisan-tulisan blog yang kreatif dan menarik pembacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mba.
      Jadi makin semangat menulis yang kreatif dan menarik. Alhamdulillah.

      Hapus
  14. Jaman dulu Persami cuma buat anak sekolah aja ya mba, sekarang kita, orangtua, juga ikutan belajar di Persami. Seru sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih seru, mba. Ikutan PERSAMI yaitu Pelatihan Menulis bersama IDN Times Community.

      Hapus
  15. Aku member community idn times jg tapi bukan surabaya sih, tapi kek.y keren deh kalau ada di kotaku jg, ngerasa bisa lebih dekat sama penulis lain jug pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, salam kenal, mba.
      Sudah mulai ada kok mba di kota-kota lain.
      Yang sedang mulai buka pendaftaran ada Makasar dan Sulsel, in shaa Allah.

      Hapus
  16. Seru banget acara Persam IDT Times Community ini, dapat ilmu dan teman baru dan bikin semangat nulis lebih baik lagi pasti...Btw ku jleb sama ini: Without data, you are just another person with another opinion.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seru banget acara Persami IDN Times Community, mba.
      Hhe, kutipannya so deep ya, mba.

      Hapus
  17. Kirain tadi berkemah bareng, ternyata pelatihan. Btw, artikel-artikel IDN memang bagus-bagus. Mereka memilih tulisan terbaik untuk dimuat di sana. Beruntung Mbak bisa ikut pelatihan IDN, ilmunya bukan kaleng-kaleng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener banget, mba.
      Maa shaa Allah, alhamdulillah.

      Hapus
  18. Dapat ilmu yang mantap mengenai kepenulisan ini sangat membantu untuk terus memotivasi semangat agar tetap menulis. Bersyukur banget karena mengikuti acara Persami IDN Times Community. Ilmunya mashaAllah, apalagi menulis untuk jurnalistik ya..

    BalasHapus
  19. Wah seru banget ya mbak acaranya, bisa menambah ilmu, menambah teman. Klo diadakan acara seperti ini juga di Batam, pengen juga ikutan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe, iya nih seru banget, mba.
      Maa shaa Allah, semoga berkesempatan ya, mba.

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. wah acaranya keren pastinya nambah banget ilmu literasi nulisnya, apalagi kalau bahasannya tentang traveling excited banget. wah ternyata ada seleksinya ya untuk lolos di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, excited banget, apalagi mengulas traveling.
      Betul ada moderasinya, mba.

      Hapus
  22. Sama kayak mba Nurul ( bukanbocahbiasa) aku di Surabaya ( coret, alias Sidoarjo ) juga ketinggalan acara ini.. hhe.. diriku mainnya kurang jauh nih..
    IDN Times keren banget, ada community nya dan bermanfaat pula event nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe, waktu itu juga ada peserta yang dari Sidoarjo, mba.
      Semoga next berkesempatan ikut ya mba, in shaa Allah.

      Hapus
  23. Semoga ada juga di Depok. Mupeng pingin ikut . Seru dan bisa upgrade diri nih

    BalasHapus
  24. Kebayang serunya persami idn ini. Kangen sama suasana belajar seperti ini. Semoga nanti aku bisa join kelas2 kaya gini. Biar semangat nulis makin kencang dan skil makin better.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seru acaranya, mba.
      Aamiin, semoga segera bisa join kelas-kelas menulis ya, mba.

      Hapus
  25. Semoga ilmunya bisa diterapkan saat menulis blog yaaa. Menulis dengan data itu menyenangkan ketimbang menulis menggunakan app semacam AI. Jadi penasaran nih baca artikel-artikel berikutnya.

    BalasHapus
  26. Banyak ilmu yang didapat selain banyak ketemu teman dan suasana baru juga. Belajar jurnalistik pasti seru dan menyenangkan ya. Keren acaranya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih acaranya keren dan seru, mba.
      Alhamdulillah menyenangkan belajar banyak ilmu dan teman.

      Hapus
  27. Jujur awalnya aku kira beneran Persami, tapi kok IDN times yang ngadain. Ternyata persami untuk upgrade skill menulis 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhi, iya nih, kak. Pelatihan menulis bersama IDN Times Community 😁

      Hapus
  28. Jadi keinget jaman SD mbak. Kan dulu ada Persami Pramuka juga. Bedanya yang ini ada training kepenulisannya juga. Keren ih.

    Jadi pingin ikutan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe, iya mba.
      Maa shaa Allah, semoga next berkesempatan ikut ya, mba. In shaa Allah.

      Hapus
  29. Wah senangnya
    Bisa Ikutan persamai untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menulis ya mbak

    BalasHapus
  30. Seru banget nih di surabaya ada komunitas kece seperti idn community ini. Jadi berandai andai... andai tinggal di sana. Mestilah ingin ikutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe, IDN Times adalah media Nasional kok, mba.
      Bisa diikuti oleh banyak millenials dan gen Z di berbagai daerah Indonesia jika berminat menjadi commuter di IDN Times Community, mba.
      Dan, ini salah satu fasilitas kelas belajar yang dibuka setiap setahun sekali oleh IDN Times Community yang diadakan secara daring maupun luring.

      Hapus
  31. Wah kok seru banget IDN ngadain workshop menulis di Surabaya, semoga IDN segera ngadain serupa di Jakarta juga. Pengen banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru nih, mba.
      Semoga segera mengadakan di Jakarta juga ya, mba.

      Hapus

Posting Komentar