image page header

Tips Hidup Sederhana yang Menyenangkan, Intip Yuk!

tips hidup sederhana yang menyenangkan
Ngomongin gaya hidup itu pilihan, ya. Lifestyle bisa disesuaikan dengan karakter masing-masing. Tapi, buat kamu yang sudah nyaman dengan hidup sederhana, yuk intip tips hidup sederhana ala aku, bestie.

Alasan aku menuliskan tentang tips hidup sederhana adalah untuk mengingatkan kepada diri sendiri yang kadang suka lupa kalau hidup sederhana itu menyenangkan. Gak harus apa-apanya berlebihan.

Jika tulisan ini juga bermanfaat buat teman-teman, tentu aku senang karena tulisan ini bermanfaat. Namun, jika ada kurang atau tidak setuju, gapapa memiliki pandangan lain. Karena setiap kita punya versi lifestyle masing-masing.

Ohya, sebelumnya kita samakan persepsi, ya. Hidup sederhana yang dimaksud di sini bukan pelit, hidup susah atau yang super hemat berlebihan, duh udah super eh berlebihan pula.

No! Hidup sederhana itu hidup yang cukup sesuai kapasitas masing-masing. Menghindari aktivitas boros namun mendekatkan ke hal-hal yang bermanfaat. Sekali lagi tolak ukurnya adalah kemampuan masing-masing.

Tips hidup sederhana, apa saja ya?

Ada beberapa tips hidup sederhana yang mudah dilakukan, lho. Dan, bisa kamu terapkan dalam keseharian.

Kamu juga bisa mengajak keluarga untuk melakukan bersama agar semangatnya semakin terasa.

Terlebih jika kamu sedang membangun kebiasaan hidup sederhana dalam keluarga. Tips ini bisa dijadikan solusi untuk mewujudkan hidup sederhana yang menyenangkan di dalam keluarga, bestie.

Hhmm apa saja ya tips yang bisa dilakukan. Yuk, intip beberapa tips hidup sederhana.
tips hidup sederhana yaitu gaya hidup sesuai kemampuan
  • Memiliki tujuan bermanfaat dalam hidup
Salah satu tips hidup sederhana adalah dengan memiliki tujuan hidup yang bermanfaat. Orientasi hidupnya adalah memberi kebermanfaatan untuk sekitar.

Sehingga skala prioritas dalam menjalankan hidup adalah nilai kebaikan yang ada disetiap tindakan yang dilakukan.

Tujuan ini yang harus ditanamkan untuk pertama kali. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas, maka akan mudah untuk mewujudkan hidup sederhana yang menyenangkan.

Ini bisa dikuatkan dulu dalam diri sendiri, jika sudah kuat tertanam dalam diri maka lanjut dikomunikasikan ke keluarga.

Penyampaian ini bisa dilakukan dengan komunikasi santai sambil ngemil, lho. Waah, pasti seru deh membangun percakapan-percakapan bermanfaat bersama keluarga.

  • Memiliki gaya hidup sesuai kemampuan
Yup, memiliki gaya hidup sesuai kemampuan itu penting banget. Kebiasaan ini bisa dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Melatih diri secara bertahap kemudian lanjut ke hal-hal yang lebih besar.

Kenali dulu kemampuan diri ya, bestie. Dan, menyadari batas kemampuan membuat kamu tau apa yang harus dilakukan beserta batasan-batasannya.

Memiliki gaya hidup sesuai kemampuan juga dapat menjauhkan diri dari angan-angan yang kurang manfaat. 

Selain itu, mengajarkan diri untuk tidak boros, berpura-pura mampu, memaksakan diri. Intinya pada poin ini mengajarkan untuk menjadi diri sendiri tanpa dilebih-lebihkan.

  • Membeli barang berdasarkan nilai fungsi
Memiliki kebiasaan baik yaitu membeli barang berdasarkan nilai fungsi. Jika kamu konsisten melakukan ini, percaya deh kamu sudah melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan lingkungan.

Jadi, jangan salah paham ya, bestie. Melakukan kebiasaan ini bukan berarti kamu pelit, tidak sayang pada diri sendiri apalagi menghukum diri, No!

Justru kebiasaan ini mengajarkan pada kita untuk tidak mubadzir pada setiap hal.

So, buy something based on function not fashion, yass!

Setiap membeli sesuatu, maka tanyakan pada diri tentang tingkat kebutuhan dan kebermanfaatan barang. Jika tidak membutuhkan atau sekedar ingin punya saja ya tidak membelinya dulu gapapa.

  • Banyak bersyukur
Hidup sederhana dapat dilakukan dengan banyak bersyukur atas pencapaian atau apa saja yang sudah dimiliki.

Berpikirnya melihat segala sesuatu dengan rasa cukup dan tidak berlebihan. Sikap ini juga dapat menjauhkan diri dari sifat suka mengeluh dan berfokus pada hal yang sia-sia.

Nah gimana nih, mudah kan caranya? Tentu saja ini harus dilakukan dengan latihan pelan-pelan agar membentuk kebiasaan dalam diri, bestie.

  • Positif thinking
Positif thinking atau berprasangka baik, yah berprasangka baik dalam setiap hal. Sikap ini bisa menumbuhkan diri mudah bahagia, lho. Dan, membuat kamu juga fokus pada hal-hal yang produktif.

Selain itu, juga menjauhkan diri dari penyakit hari karena sering berpikir negatif, misal iri atas pencapaian orang sehingga hati mudah membenci dan tidak fokus memperbaiki diri.

Waah, itulah 5 tips hidup sederhana yang menyenangkan. Gimana, mudah kan? Hayuuk, semangat memperbaiki kebiasaan keseharian agar lebih bermanfaat dan sederhana dalam memandang hidup. Hidup menyenangkan, hati pun senang.

Nah, jika sudah menerapkan tips hidup sederhana dengan konsisten, apa saja ya manfaat yang bisa dirasakan untuk diri sendiri dan lingkungan?

Apakah bestie di sini sudah tau? Jika belum, yuuk sama-sama simak beberapa penjelasan manfaat dari menerapkan hidup sederhana.

Manfaat hidup sederhana dalam keluarga

Menerapkan hidup sederhana merupakan tindakan membentuk aktivitas yang lebih sederhana dalam menjalani hidup. Membangun rasa syukur lebih banyak dan mudah merasakan bahagia atas apa yang dimiliki.

Ada beberapa manfaat menerapkan hidup sederhana dalam keluarga, yaitu sebagai berikut, bestie.
manfaat hidup sederhana yaitu bahagia
  • Realistis dalam hidup
Hidup sederhana mengajarkan kamu untuk realistis dalam hidup. Melihat dari sudut pandang yang positif dan fokus pada tujuan yang jelas.

Hidup sederhana juga memahamkan kamu akan kapasitas diri, melakukan segala sesuatunya sesuai dengan kemmapuan. Menjadi diri sendiri tanpa kepura-puraan.

Maka, hidup menjadi tenang dan terukur. Hayoo, siapa yang gak ingin kayak gini? Pasti pada mau kan, bestie.

  • Bertanggung jawab
Siapa sangka jika hidup sederhana juga membuahkan sikap bertanggung jawab. Seperti bertanggung jawab dengan setiap pilihan dan sesuatu yang dibeli.

Orang yang memandang segala sesuatunya dari nilai fungsi pasti akan sangat menghargai dengan apa yang dimilikinya.

Waah, ternyata bermanfaat banget ya menerapkan hidup sederhana, gak kebayang sih betapa kerennya jika ini bisa diterapkan dalam sebuah keluarga.

  • Mudah bersyukur
Memiliki pola hidup sederhana akan merubah diri menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki serta atas pencapaian yang berhasil diraih.

Hidup sederhana mampu melapangkan hati untuk selalu bersyukur. Karena dengan hidup sederhana maka tidak ada angan-angan untuk memiliki sesuatu di luar kemampuannya.

  • Ramah terhadap lingkungan
Manfaat lain dari hidup sederhana adalah ramah terhadap lingkungan. Yap, karena hidup sederhana memiliki kebiasaan membeli barang yang dibutuhkan berdasarkan fungsi dan kemampuannya.

Sehingga minim untuk melakukan mubadzir terhadap barang atau pun yang lain. Manfaat ini tentu sangat menguntungkan untuk lingkungan yang lebih sehat lagi.

  • Bahagia
Pola hidup sederhana mampu membuat orang menjadi mudah bahagia. Karena orang yang sederhana cenderung menjadi diri sendiri dan tidak berpura-pura di depan banyak orang.

Tidak mudah iri dengan pencapaian orang dan banyak bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Namun, hidup sederhana bukan berarti pasrah dengan apa yang ada, ya.

Tetap fokus menjadi lebih baik dan semangat pada tujuan. Oleh karena itu, hidup sederhana mudah membuat diri bahagia.

Catatan

Menerapkan tips hidup sederhana dalam keseharian sangatlah mudah. Bisa dimulai dari diri sendiri, kemudian ke keluarga terdekat.

Hidup sederhana sangat menyenangkan. Menjadi pribadi yang lebih mudah bersyukur dan berprasangka baik terhadap sesuatu hal.

Hidup menjadi mudah bahagia dan fokus melakukan hal-hal yang bermanfaat. Yuk, semangat menerapkan tips hidup sederhana untuk hidup lebih bahagia dan menyenangkan.


Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Masyaa Allah artikel yang menarik sekali kakak😊. Bener bgt sih ini, dengan menerapkan gaya hidup sederhana. Kita bisa lebih banyak bersyukur dengan apa yang kita miliki. Salah satu pesan penting di dalamnya adalah sebesar apapun rezeki yang diterima akan cukup untuk hidup kita, akan tetapi tidak akan cukup jika untuk memenuhi gaya hidup kita. So, penerapan gaya hidup sederhana ini cocok bgt buat aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. True! Yeayy, semangat menerapkan hidup sederhana yang menyenangkan 🤗

      Hapus
  2. Hidup sederhana memang bikin sehat hehehe

    BalasHapus
  3. Hidup sederhana memang banyak manfaatnya buat kesehatan jasmani & Rohani kak 😊

    BalasHapus
  4. baru ngeuh tampilan baru 😍😍 btw hidup sederhana memang cara paling jitu biar pikiran ga pusing wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhe iyaa mbaa, upgrade template sebelum kelas BP 3# selesai
      Yuhuuu mbaa bener banget 😀

      Hapus

Posting Komentar