image page header

Cara Sortir Barang Lama di Rumah, Yuk Praktikkan!

praktik sortir barang lama di rumah

Bestiiie, kali ini aku mau berbagi tentang cara sortir barang lama, nih. Hayoo, siapa yang suka menimbun barang lama di rumah?

Buat kamu yang memiliki banyak barang lama di rumah, kira-kira buat apa sih barangnya? Lalu, dengan banyak barang menumpuk di rumah gimana perasaan kamu, bestie?

Hmm, sama gak ya kayak aku, gitu. Kalo ada barang lama suka sayang misalkan masih layak tapi tidak dimanfaatkan. Sebaliknya, jika barangnya sudah tidak layak, kira-kira masih bisa di reuse dalam bentuk lain atau enggak, ya.

Baiknya sih, kalau barang sudah tidak layak dan gak bisa di-reuse itu dibuang di tempat yang semestinya.

Ohya, penting gak sih sortir barang lama? Dan, apa saja manfaatnya dengan rajin menyortir barang lama secara berkala. Hhmm, rasanya udah gak sabar berbagi pengalaman sama besties di sini.

Jadi, ada beberapa manfaat dari cara sortir barang lama di rumah secara berkala, bestie. Yuk, simak beberapa manfaatnya.

Manfaat sortir barang lama

Dengan peduli dan rajin membersihkan rumah dari barang yang menumpuk, tentu salah satu manfaatnya adalah membuat penghuninya merasa nyaman.

Dari rasa nyaman itu maka akan tercipta kebahagiaan dan rasa betah berada di dalam rumah tersebut. Waah, pasti seru deh jika rumah selalu dijadikan tempat untuk berkumpul karena rasa nyaman.

Udah tau belum apa saja manfaat rajin menyortir barang lama di rumah, yuk simak penjelasan di bawah ini.
manfaat sortir barang lama salah satunya adalah rumah bersih dan tertata bikin keluarga nyaman
  • Rumah bersih dan tertata
Rajin menyortir barang lama di rumah secara berkala dapat menjadikan rumah bersih dan tertata, lho. Barang-barang yang tertata menjadi enak dipandang dan menciptakan suasana rumah yang lenggang dan nyaman.

Rumah bersih juga membuat penghinya sehat. Dan, barang-barang yang tertata rapi juga memudahkan kamu dan keluarga mengambil barang jika dibutuhkan.

  • Udara rumah terasa segar
Barang yang tertata dengan rapi juga membuat udara di rumah segar. Karena mengurangi peluang debu-debu menempel di tumpukan barang.

Posisi barang yang tertata juga memberikan kesan lenggang sehingga memperlancar sirkulasi udara di rumah.

Wah, worth to do ya, bestie. Jadi, nunggu apalagi nih buat menerapkan cara sortir barang lama, cuuus buruan.

  • Tidak ada hewan yang menjijikkan
Tumpukan barang yang berlebih dapat menciptakan rumah atau sarang hewan yang menjiikkan seperti tikus, kecoa, dll.

Iiishh, jijik banget. Agar rumah selalu bersih ada baiknya untuk selalu menata barang di rumah agar tidak menumpuk sehingga jadi sarang hewan menjiikkan dan jadi sumber penyakit.

Tapi, jika kamu rajin menata barang maka rumah menjadi terang, lenggang, bersih dan tidak ada hewan menjijikkan bersarang di dalam rumah.

  • Rumah ramah lingkungan
Dengan selalu menyortir barang artinya kita sudah berbuat ramah terhadap lingkungan. Karena memastikan barang yang di rumah semua memiliki fungsi yang kamu butuhkan.

Dan, selebihnya jika ada barang lama bisa di reuse terlebih dahulu. Namun, jika benar-benar sudah tidak layak maka dibuang pada tempatnya.

Membatasi diri memiliki barang yang gak penting dan manfaat adalah bentuk ramah dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

  • Tidak mubadzir
Tidak memiliki barang dalam jumlah besar dengan fungsi yang sama adalah bentuk hemat. Memiliki barang berdasarkan fungsi dan kebutuhan adalah aktivitas tidak mubadzir.

Simpel ya, tapi dampaknya luar biasa. Nah, siapa di sini yang setuju, bestie? Yuk, melakukan gerakan no mubadzir terhadap barang apa pun.

Wah, banyak juga ya manfaat dari menerapkan cara sortir barang lama di rumah. Selain manfaat di atas, pasti banyak manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan, bestie. Karena manfaat di atas hanya sedikit dari banyak manfaat rajin menyortir barang lama.

Trus, gimana ya agar kita konsisten merapikan rumah dengan sortir barang lama? Jika tau cara mudahnya, pasti bakalan lebih rajin menerapkan cara sortir barang lama.

Kalau aku sih ada beberapa cara bestie. Dan, ini kerap aku lakukan tiap tiba waktunya menyortir barang lama.

Sini sini, aku bagi cara sortir barang lama di rumah agar kamu juga bisa menerapkan, bestie.

Cara sortir barang lama, Catat ya!

Cara sortir barang lama itu mudah kok, bestie. Asalkan kita memang benar-benar niat menjalankannya. Dimulai dari kenali dulu area rumah kamu, ya.

Dan, pastikan di setiap ruangan ada klasifikasi fungsinya. Misalnya, jika ruang tamu maka komponen apa saja yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan kamar tidur utama, anak, dapur, kamar mandi, gudang dan ruangan lainnya.

Batasi komponen pada setiap ruangan dengan item-item yang sudah disepakati bersama keluarga. Tentukan barang-barang yang ada di ruangan berdasarkan fungsinya. Dengan tujuan tidak memberi celah barang berantakan di area rumah.
cara sortir barang lama di rumah salah satunya dengan mengklasifikasikan barang berdasarkan nilai fungsi

Semangat menata barang, bestie

Menata barang harus didiskusi terlebih dahulu dengan keluarga. Tujuannya agar orang rumah bisa support dengan kebiasaan baik yang sedang dibangun.

Selain itu agar kamu tidak merasa capek sendiri, maka dibutuhkan komunikasi. Apabila kamu rajin beberes tapi kurang komunikasi. Akibatnya orang rumah tidak paham, jadilah rumah selalu berantakan karena visi misinya tidak sefrekuensi.

Jika keluarga sudah satu frekuensi, bolehkah lanjut dengan cara sortir barang lama di rumah dengan langkah berikut.
  • Klasifikasi barang dari nilai fungsi
Menata barang yang sudah dimiliki dan menyortir berdasarkan fungsinya. Jika masih berfungsi, maka simpan dan gunakan.

Jika barang sudah tidak layak tapi masih bisa dialih fungsikan misal reuse, maka lakukan. Jika sudah tidak bisa, maka segera buang pada tempatnya.

Ini bisa dimulai dari barang-barang yang ada di kamar dan dilanjut dengan barang-barang yang ada di ruangan lainnya.

  • Membuat jadwal sortir barang lama
Membuat jadwal sortir barang lama bisa dilakukan kapan saja. Agar bisa dilakukan berkala dan maksimal, maka buat jadwalnya terlebih dahulu.

Misal melakukan sortir barang 1 kali setiap 6 bulan. Hal ini bisa dikomunikasi dengan keluarga. Agar keluarga juga tau dan gak kaget ketika barangnya kena sortir, hhe.

  • Membatasi jumlah barang berdasarkan kebutuhan
Membatasi jumlah barang itu baik, lho. Jika memiliki banyak, maka batasi sesuai dengan kebutuhan seperti memiliki maksimal 2 barang dengan fungsi yang sama tanpa menghiraukan setiap case yang ada.

Jika punya lebih dari angka itu, maka berbagilah dengan saudara atau teman yang belum memiliki barang tersebut. Berbagi itu menyenangkan, bukan?

  • Menggunakan box organizer
Menggunakan box organizer untuk barang-barang yang ada di rumah sangat membantu kamu dalam menata barang di rumah. Mengklasifikasin fungsi dan jenis barang.

Selain itu, juga dapat membantu kamu dan keluarga mengambil barang jika dibutuhkan. Kabar baiknya, barang juga tidak mudah ketlisut.

  • Kerja tim dengan keluarga
Melakukan sortir barang lama dan bersih rumah akan terasa ringan dan menyenangkan jika dikerjakan bersama-sama.

Prosesnya jadi lebih cepat selesai dan menambah kekompakkan keluarga. Waah, pasti seru banget tuh. Hayoo, udah ada inspirasi buat kerja tim bareng keluarga kah? Cuuus gih komunikasikan dengan keluarga.

Catatan

Belanja berdasarkan kebutuhan, yaitu based on function not fashion. Pastikan barang yang dibeli adalah barang yang bermanfaat dan tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Komunikasikan dengan keluarga agar memiliki misi visi yang sama, ya. Agar dapat menerapkan hidup sederhana penuh manfaat dengan mudah dan menyenangkan.

Gimana nih, mudahan kan cara sortir barang lama? Yuk, segera praktikkan, bestie! Semoga bermanfaat, ya.


Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar