image page header

Tanaman penghasil Oksigen Dalam Air, Apa Saja Ya?

Tanaman penghasil oksigen dalam air ternyata juga memiliki peranan penting untuk lingkungan, lho.

Hah? Peranan penting apa ya? Hayoo, sudah pada tahu belum? Kalau belum, hayuklah lanjut baca artikel ini, hhe.

Yap, tanaman yang hidup di dalam air juga mampu menghasilkan oksigen. Dan, oksigen adalah salah satu unsur penting dalam keberlangsungan makhluk hidup.

Tanaman tipe ini seringkali menjadi pilihan bagi pecinta tanaman sebagai hiasan kolam sekaligus penghasil oksigen.

Faktanya, dengan banyaknya oksigen yang diproduksi oleh tanaman. Maka, semakin sejuk suasana sekitar rumah dan juga ramah lingkungan.

Sehingga selain sebagai tanaman penghasil oksigen dalam air, juga berfungsi sebagai tanaman hias. Manfaatnya double combo, ya.

Ide ini sangat cocok buat kamu yang memang memprioritaskan hidup sehat dan minimalist life. Karena unsur sehat dan simpelnya dapat banget, bestie.

Nah, bestie sudah tau apa saja nih tanaman penghasil oksigen dalam air? Simak, yuk.

5 Tanaman penghasil oksigen dalam air, catat ya!

Ada beberapa tanaman penghasil oksigen dalam air yang wajib kamu tahu. Selain manfaatnya yang bagus untuk menambah kesejukan lingkungan rumah, juga menambah keindahan dari segi tampilan.

Tapi, jangan lupa ya, bestie. Besties harus memilih tanaman penghasil oksigen dalam air yang mudah dirawat, tidak menghabiskan tempat, indah dilihat dan mudah ditemui. Oh ya, harus bandel alias tahan hidup.

Jadi, bestie jangan asal pilih, ya. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Agar cucok meong, hhi.

Sirih gading


nama latin epipremnum aureum adalah tanaman hias sebagai pembersih udara dari racun atau polusi udara

Epipremnum aureum atau biasa dikenal dengan nama sirih gading, merupakan salah satu tanaman hias yang dapat hidup di air. Memiliki pola tampilan berbentuk rumbai daun, dengan ciri khas warna yang hijau kekuningan.

Tentu saja sirih gading menjadi salah satu alternatif sebagai tanaman hias yang mampu menambah kecantikan tampilan rumah. Oh ya, tak hanya itu ya, bestie.

Sirih gading selain elok dipandang, juga merupakan tanaman penghasil oksigen yang bagus. Karena selain menghasilkan banyak oksigen, tanaman ini juga mampu membersihkan udara lingkungannya bersih dari racun/polusi udara.

Teratai


teratai sebagai tanaman hias dalam kolam yang berfungsi menyaring kotoran

Wah, siapa nih yang belum tahu tanaman teratai? Pasti pada tahu semua ya, bestie. Siapa sangka, teratai merupakan tanaman yang paling mudah ditemui tapi kaya akan manfaat.

Faktanya, tanaman hias satu ini  memiliki ukuran daun dan bunga yang cukup lebar serta posisinya mengapung. Teratai juga memiliki karakter tanaman dengan warna bunga yang playful.

Dan, warna daun hijau dengan permukaan tidak ada lapisan lilin, sehingga air yang jatuh ke atas permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Jika bestie memiliki ukuran kolam yang cukup luas, bisa banget nih teratai dijadikan alternatif tanaman hias dalam kolam.

Nah, manfaat dari tanaman apung ini selain sebagai penghasil oksigen, juga berfungsi sebagai penyaring kotoran dalam air serta mempercantik lingkungan sekitar kolam.

Bambu air


nama latin equisetum hyemale berfungsi menjernihkan air kolam

Bambu air? Wah, bayangannya jangan bambu pring yang panjang dan keras ya. Ini beda bestie, hhihi. Jadi, bambu air adalah tanaman hias yang hidup di air.

Bambu air memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan tanaman bambu pada umumnya. Hanya saja ukuran diameter batang lebih kecil dan kisaran tinggi 30-100 meter.

Tekstur batang bambu air tidak sekeras tanaman bambu pada umumnya. Warna batang hijau, dengan setiap ruas batang terdapat unsur warna kuning melingkar. Terlihat manis dan ramah di mata.

Manfaatnya selain sebagai tanaman hias untuk mempercantik pemandangan sekitar kolam di rumah, tentu juga mampu menjernihkan air kolam dan sebagai penghasil oksigen yang bagus.

Semanggi


Semanggi sebagai tanaman kolam yang berfungsi sebagai bioremediasi

Tanaman dengan ukuran daun yang sempit dan kecil. Khas dengan bentuk daun yang terbelah menjadi 4 bagian yang sama rata. Dan, warna daun full green sehingga ramah di mata.

Selain bisa dijadikan tanaman hias, ternyata juga bisa dikonsumsi, lho. Biasanya digunakan sebagai pelengkap sayuran di menu nasi pecel.

Nah, semanggi ini berfungsi sebagai penghasil oksigen yang bagus. Tanaman kecil ini juga mampu menyerap logam berat/polutan dalam air kolam (bioremediasi), salah satu contohnya adalah timbal (Pb).

Keren juga ya manfaat tanaman semanggi, buat yang kolamnya tidak terlalu luas. Bisa memanfaatkan semanggi sebagai tanaman hias di air kolam. Yang terpenting rajin memangkas dan merapikan, bestie.

Hydrilla


nama latin hydrilla tanaman hidup di air yang memiliki sifat oksigenasi

Hydrilla atau biasa dikenal dengan nama ganggang rantai. Sesuai namanya, bentuk fisik dari tanaman hias satu ini memiliki ciri khas berserabut ke arah luar dan banyak.

Ganggang rantai memiliki warna tanaman full green seperti tanaman ganggang pada umumnya. Tidak heran jika tanaman hias satu ini bersifat oksigenasi, yaitu mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar.

Sifat oksigenasi ganggang rantai memberikan nilai plus yaitu mampu meningkatkan kadar oksigen dan menjernihkan air kolam.

Wah, tanaman Hydrilla rupanya keci-kecil cabe rawit ya, bestie. Worth to plan!

Nah, setelah mengenal manfaat 5 tanaman penghasil oksigen dalam air. Gimana nih bestie? Ada ide untuk memiliki tanaman-tanaman di atas kah?

Untuk para besties yang memiliki kesukaan pada tanaman hias dan juga memberikan manfaat yang bagus untuk sekitar lingkungan rumah.

Ditambah suka dengan gemericik air, ikan di kolam atau keberadaan kolam yang melengkapi keindahan rumah. Bisa lho tanaman-tanaman di atas menjadi pilihan untuk menambah keindahan kolam di rumah.

Jadi, menanam itu tidak selalu tentang media tanamnya adalah tanah, air pun juga bisa. Nah, sekarang sudah tercerahkan ya, bestie.

Tunggu apalagi nih, yuk mulai tambahkan tanaman penghasil oksigen dalam air di lingkungan rumah kamu, bestie. Agar rumah terasa lebih sejuk, cantik dan ramah lingkungan. Semangat hidup sehat bestie.













Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Karena baca artikel kakak jadi tahu semanggi dan hydrilla. Mungkin pernah lihat tapi g tau nama jenis tanamannya

    BalasHapus
  2. wah semanggi khas surabaya, enak juga kalau dimakan usai car free day biasanya,baru tau ternyata banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
  3. ga hanya cantik tapi juga bermanfaat ya tanamannya.

    BalasHapus

Posting Komentar