image page header

7 Tips Memilih Skincare Sehat, No Abal-abal!

Ngobrolin soal skincare emang gak ada habisnya ya, bestie. Apalagi skincare saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk kulit sehat. Jadi, butuh banget tau tentang tips memilih skincare sehat, no abal-abal!

Nah, agar gak salah pilih dan cerdas sebagai konsumen ya harus tau tipsnya, bestie. Yuk, sama-sama kita kenali skincare sehat yang bagus untuk kulit kita, bestie.

Jadi, aku mau berbagi 7 tips memilih skincare sehat yang wajib kamu tau ketika memilih skincare. Simak ya, bestie.

skincare sehat penting untuk kesehatan kulit

7 Tips memilih skincare sehat, mudah lho!

Memahami tentang per-skincare-an sudah menjadi kebutuhan, ya. Apalagi skincare untuk menjaga kesehatan kulit. Waah, jika kamu tepat dalam memilih skincare, maka bisa menjadi aset masa depan, lho.

Tapi, sebaliknya jika kamu asal memilih dan memakai skincare tanpa tau keamanan produk, waduh bisa bahaya, bestie. Kamu gak mau dong menumpuk penyakit kulit untuk masa depan?

Jadi, sebegitu pentingnya kita sebagai perempuan melek akan skincare sehat. Trus, apa saja ya 7 tips memilih skincare sehat yang wajib kamu tau? Sini bestie, aku kasih info, ya.
7 Tips memilih skincare sehat yang aman untuk kulit

1. Memilih skincare dengan merk yang jelas

Hai, bestie. Tips pertama untuk memilih skincare sehat adalah memiliki merk yang jelas. Merk tertera di kemasan produk.

Nah, jika kamu pernah menemukan skincare yang tidak ada merk. Lebih baik kamu hindari saja, ya. Biasanya skincare seperti ini kemasannya polosan.

Dan, kalo gak ada merk-nya bikin bingung juga kan? Masa iya ada produk skincare tanpa merk. Sedangkan salah satu ciri produk legal itu memiliki merk.

Jadi, membeli skincare yang jelas saja ya, bestie. Jadi gimana? Sepakat ya, skincare sehat itu ada merk yang jelas, hhe.

2. Terdapat tanggal kadaluarsa

Nah, expired date adalah salah satu hal yang penting di dunia per-skincare-an, bestie. Biasa dikenal dengan sebutan tanggal kadaluarsa.

Sehingga tips kedua memilih skincare yang aman adalah terdapat tanggal produksi dan kadaluarsa dari produk tersebut. Dan, keterangan itu terdapat di bagian kemasan produk.

Jika kamu menemukan skincare yang tidak terdapat tanggal kadaluarsa pada kemasan, maka perlu dipertanyakan, ya.

Bagaimana pun dalam kandungan skincare terdapat zat aktif yang tentu ada batas tanggal kadaluarsanya. Jika sudah melewati batas tanggal kadaluarsa, maka manfaat kandungannya sudah tidak bagus untuk dipakai.

Jadi, pastikan saat membeli skincare ada tanggal produksi dan kadaluarsanya ya, bestie. Catat yuk biar gak lupa, hhe.

3. Tertulis kandungan produk

Tertulis kandungan produk, yaps ini menjadi tips ke-3 untuk memilih skincare sehat, no abal-abal!

Poin ini sangat penting diketahui oleh para konsumen, bestie. Kandungan-kandungan dalam produk harus disampaikan secara transparan.

Tujuannya dituliskan kandungan produk agar konsumen terinfokan tentang bahan-bahan yang terkandung dari produk yang dibeli.

Jadi, konsumen bisa memastikan bahwa produk yang dibeli adalah produk dengan kandungan yang aman untuk kesehatan kulit.

Nah, keterangan kandungan produk biasa kamu temui di bagian kemasan produk.

Misalkan saja jika untuk skincare, kandungannya aman dari bahan berbahaya seperti hydroquinone yang beresiko menyebabkan kanker kulit. Kandungan berbahaya lainnya seperti merkuri yang beresiko merusak fungsi organ-organ penting dalam tubuh.

Sedangkan untuk kandungan sehat pada skincare seperti kandungan alami aloe vera yang berkhasiat melembabkan dan mengahluskan kulit, royal jelly yang berkhasiat membersihkan kulit, menjaga kulit tetap bernutrisi, mencegah peradangan.

Contoh lainnya adalah kandungan niacinamide yang berkhasiat mencerahkan dan menjaga kulit tetap sehat. Dan, tentunya kaya akan nutrisi yang bagus untuk kulit.

Nah, sekarang sudah makin melek kan bestie tentang skincare sehat, khususnya perihal kandungan sehat skincare.

Mulai sekarang pastikan skincare kamu sehat ya, bestie.

4. Terdaftar BPOM dan halal MUI

Masuk menjadi salah satu syarat skincare sehat yaitu produk terdaftar BPOM. Dan, halal MUI bagi konsumen muslim.

Ini juga sudah menjadi peraturan Pemerintah Indonesia yang wajib dipatuhi oleh semua masyarakatnya.

Nah, buat produsen yang coba-coba melanggar, siap-siap deh ditertiban oleh pihak yang bertugas.

Dan, buat kita semua sebagai konsumen skincare juga harus ikut serta menyukseskan peraturan pemerintah satu ini. Yaitu dengan cara tertib menggunakan produk-produk skincare yang sudah terdaftar BPOM dan halal MUI.

Produk-produk yang sudah terdaftar BPOM dan halal MUI, umumnya sudah teruji mutu kualitas produk. Baik dari segi kandungan produk, kemasan produk beserta kriteria turunan lainnya.

Dan, faktanya kamu bisa dengan mudah menemukan produk skincare yang aman untuk bumil dan busui pada produk-produk yang sudah BPOM dan halal, bestie.

Nah gimana ya cara cek setiap item produk skincare sudah aman atau belum? Mudah kok, bestie.
cara mengecek skincare terdaftar BPOM dan halal mui

Cara mengecek produk skincare sudah BPOM

  • Masuk ke website resmi BPOM
  • Cari produk bisa dengan no. registrasi atau nama item
  • Klik cari
  • Hasil pencarian produk BPOM akan muncul

Cara mengecek produk skincare halal MUI

  • Masuk ke web resmi halalmui.org
  • Klik cek produk halal
  • Ketik nama produk atau produsen produk
  • Klik cari
  • Hasil pencarian produk halal akan muncul
Wah, Mudah ya, bestie. Yuk, manfaatkan kemudahan cek produk BPOM dan halal untuk kebaikan kita semua, bestie.

5. Ada nama perusahaan produksi

Produk skincare yang aman tentu salah satunya adalah terdapat nama perusahaan yang jelas dan sudah terdaftar sebagai badan usaha.

Dan, nama perusahaan ini biasa dilengkapi dengan alamat lengkap dari lokasi perusahaan tersebut.

Jika sudah dipastikan ada nama, bangunan dan lokasi perusahaan yang jelas, maka artinya pihak produsen sudah mendapatkan izin produksi dan edar produk untuk dikonsumsi oleh calon konsumennya.

Jadi, ini juga termasuk tips untuk memastikan produk skincare aman ya, bestie.

6. Aroma skincare aman, tidak menyengat

Skincare yang sehat adalah skincare yang aromanya normal, tidak tercium bau menyengat. Waah kenapa, yaa?

Karena bau menyengat pada skincare bisa disebabkan karena kandungan skincare yang berasal dari zat aktif yang berbahaya untuk kulit. Dan, ditambah dengan takaran yang melebihi standar normal.

Jadi, harus hati-hati banget, ya. Tips kali ini bisa dicek saat kamu sudah membuka kemasan produk ya, bestie.

Meskipun begitu, jangan khawatir, ya. Tips ini bisa kamu lakukan setelah 5 tips sebelumnya sudah dilalui. Umumnya, jika 5 tips awal sudah lulus, maka yang tahap ini pun kebanyakan approval.

7. Warna normal, tidak terlalu menyolok

Skincare sehat adalah skincare yang memiliki warna normal dan tidak menyolok ya, bestie. Khususnya pada cream, serum dan sejenisnya.

Karena skincare yang memiliki warna menyolok diindikasikan sebagai skincare yang memiliki kandungan pewarna sintetis yang bersifat karsinogen pada manusia. 

Dampak dari ini pun tidak kecil, bestie. Karena dapat mengakibatkan iritasi kulit dan menumpuk penyakit kulit di kemudian hari.

Waaah, penting juga yaa memahami tips memilih skincare sehat. Tujuannya adalah agar kita tepat dalam menggunakan produk. Produk aman, kulit sehat. Jadi itu ya bestie 7 tips memilih skincare sehat, no abal-abal! Semoga bermanfaat.
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. yaps setuju ada tanggal kadaluarsa dan kitanya juga cek secara berkala tanggal kadaluarsanya. Pernah pakai make up dan lupa nggk cek tanggal, alhasil munculah jerawat dn beruntusan huhihu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbaa
      Kita nya juga harus aware juga yaa mbaa sama produk2 skincare kita, demi kulit sehat 😁

      Hapus
  2. Tips mantep banget nih buat pager diskon skincare, kalo make up perlu diperhatikan juga gak mbak macam lipstik murcee ala ala

    BalasHapus
  3. Wah ini nih pas banget aku lagi cari-cari info tentang ini. Makasih Mba

    BalasHapus
  4. Dulu suka nyimpen-nyimpen skincare dan kosmetik berasa jangka panjang masa kadarluasa eh banyak yang udah ga bisa dipake hahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar