image page header

Telaga Sarangan Magetan, Wisata Alam untuk Staycation

Hallo, bestie. Gimana hari-harinya, nih? Selama menjalani rutinitas pasti butuh waktu sejenak untuk refreshing, ya. Nah, yuk aku bagi pengalaman staycation di wisata Telaga Sarangan Magetan. Wisata alam yang cocok untuk quality time.

Jadi, waktu itu aku dan suami ingin sekali staycation. Dan, tipe liburan yang kami suka adalah staycation di tempat yang masih identik dengan alam, udaranya sejuk kaya akan oksigen, airnya dingin dan tentu suasananya tenang.

Nah, karena masih ingin yang di daerah Jawa Timur-an saja, jatuhlah pada wisata Telaga Sarangan sebagai pilihan.

Mengenal lebih dekat wisata Telaga Sarangan Magetan

wisata telaga sarangan magetan berada di lereng gunung lawu jawa timur

Telaga Sarangan terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga alami ini juga biasanya disebut dengan Telaga Pasir.

Untuk menjangkau tempat wisata sejuk satu ini kamu harus malalui jalan yang naik, karena Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu. Dan, Telaga alam ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut.

Sehingga tidak heran jika Telaga Sarangan memiliki suhu udara antara 15-20 derajat Celsius. Selain terletak di lereng gunung, Telaga ini memiliki luas 30 hektare dan kedalaman 28 meter.

Gimana? Reasonable banget kan jika wisata Telaga Sarangan dijadikan tempat yang cocok untuk staycation.

Keseruan yang ada di Telaga Sarangan

Wisata Telaga Serangan sama halnya dengan wisata alam pada umumnya, bestie. Yaitu memiliki keseruan yang sangat bisa kamu nikmati.

Ada wahana wisata, aneka macam kuliner, pusat belanja oleh-oleh, berbagai pilihan penginapan dan suasana alam yang khas ala Telaga Sarangan ikon Magetan.

Wahananya mungkin tidak sebanyak di tempat wisata lain. Akan tetapi justru dengan terbatasnya wahana yang ada, kamu bisa fokus dan menikmati banget di setiap wahana yang kamu coba.

Apaa saja ya wahana yang ada di Telaga Sarangan? Sini aku kasih info, bestie.

keseruan yang ada di wisata telaga sarangan magetan meliputi wahana, kuliner, penginapan, suasana alam

Wahana Telaga sarangan

Wahana yang ada di Telaga sarangan diantaranya adalah spot foto dengan keindahan alam, naik kuda dan naik boat.

Spot foto

Wisata Telaga Sarangan merupakan wisata alam yang mempunyai view keindangan alam yang bagus banget.

Lokasi di lereng gunung membuat wisata indah ini memiliki kaya akan beckground alam yang jarang kamu temui di tengah kota.

Seperti halnya, kamu bisa mengambil gambar dengan view pegunungan, hijau-hijau tanaman, awan bersih yang tidak terdampak polusi, hamparan air Telaga Sarangan dan tulisan wisata Telaga Sarangan yang menjadi ciri khas tempat wisata.

Naik kuda

Naik kuda merupakan wahana yang banyak diminati oleh orang-orang wisatawan. Karena selain seru naik kuda, juga dapat me-refresh pikiran dengan menikmati panorama Telaga Sarangan yang masih alami.

Buat para bestie yang mau ke sana, ini sangat bisa dicoba, lho. Untuk tarif naik kuda mulai dari harga 50.000 dengan sekali putaran di area Telaga sarangan.

Nah, hayoo siapa nih yang udah pengen banget ke wisata Telaga sarangan?

Naik boat/perahu

Gak kalah seru dengan naik kuda, naik boat pun akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Karena wahana satu ini sangat menguji adrenalin kamu, bestie. Dengan menikmati wahana naik boat, kamu dapat merasakan sensasi sejuknya di tengah Telaga sarangan.

Wahana naik boat ini tarifnya mulai dari 60.000 sekali putaran. Jika kamu ingin lebih hemat, bisa lho naik rame-rame biar tambah seru.

Aneka macam kuliner di Telaga Sarangan

Aneka macam kuliner di wisata Telaga Sarangan sangat bervariasi lho, bestie. Dijamin sangat cocok di lidah para wisatawan.

Mulai dari makanan berat hingga jajanan ringan. Makanan berat seperti bakso, menu-menu makanan yang ada di resto hingga yang paling khas adalah sate kelinci. Sate kelinci adalah sajian yang banyak diminati oleh para wisatawan.

Sedangkan jajanan ringan yang bisa kamu nikmati adalah grill frozen food, jagung bakar, minuman hangat dan banyak lainnya.

Dan, informasi buat kamu nih, bestie. Semakin malam suasana di Telaga Sarangan semakin romantis, lho. Cocok banget buat pasangan muda yang sudah halal buat pacaran, hhi.

Pusat Belanja oleh-oleh

Di wisata Telaga Sarangan tentu saja juga ada tempat deretan toko-toko yang menjual beraneka ragam barang dan jajanan.

Mulai dari sayuran, rempah-rempah, jajanan seperti brem, keripik dan lain-lain. Selain itu, ada yang jualan baju dengan tulisan Telaga Sarangan, aneka macam pakaian lainnya dan berbagai jenis boneka.

Jadi, jika nanti kamu berwisata ke Telaga sarangan jangan lupa beli oleh-oleh ya, bestie.

Penginapan di Telaga Sarangan

Selain menyuguhkan tempat wisata yang indah, di sekitar Telaga Sarangan banyak ditemui berbagai pilihan penginapan.

Harga penginapan pun bervariaif. Mulai dari harga yang terjangkau kisaran 150.000 hingga yang standar mulai harga 250.000. Dan, yang lebih mahal banyak. 

Satu hal yang harus bestie tau, penginapan di sekitar Telaga Sarangan rata-rata tidak ada fasilitas AC, karena suhu udara di sana sudah dingin.

Suasana alam yang khas

Wisata Telaga Sarangan memiliki suasana yang sejuk dan menyehatkan badan, hhe. Hah, serius?

Tentu saja, bestie. Pertama letak Telaga Sarangan berada di dataran tinggi yang kaya akan oksigen. Ada berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Sumber air langsung dari pegunungan.

Dengan suasana sejuknya dan indahnya alam, Telaga Sarangan juga memiliki suasana yang tenang. Tempat yang paling cocok untuk quality time bersama orang-orang tersayang.

Informasi tarif di wisata Telaga Sarangan Magetan


info tarif wisata telaga sarangan magetan

Gak lengkap kalo gak sekalian bahas tentang tarif masuk wisata dan turunannya ya, bestie. Sini lanjut baca, biar aku jelasin info lengkapnya, hhe.

Jadi tarif yang akan kamu bayar selama berwisata di Telaga Sarangan meliputi tarif masuk wisata, tarif parkir dan ada juga yang gak bayar, lho. Wah, apa saja, nih.

Tarif masuk wisata

Wisata Telaga Sarangan berjarak 16 km dari Kabupaten Magetan ke arah barat ya, bestie. Setelah menempuh jarak yang cukup jauh, kamu akan masuk melalui pintu utama yang ada post penjaga loketnya.

Nah, di pintu masuk itu kamu akan dikenai tarif masuk wisata. dimana harga masuk wisata Telaga Sarangan terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu, harga masuk untuk dewasa sebesar 20.000 dan untuk anak dengan harg 10.000.

Selain tiket masuk pengunjung, juga ada tiket masuk kendaraannya juga, lho. Tiket masuk motor sebesar 2.500, untuk tiket masuk mobil sebesar 5.000 dan untuk masuk bus sebesar 10.000.

Dari biaya yang dibayar tadi, kamu sudah include mendapatkan asuransi jiwa selama berwisata di area Telaga Saragan.

Waah, worth to try, nih. Bisa lah dijadikan salah satu tempat wisata selanjutnya untuk healing. Karena harga tiket masuk cukup terjangkau.

Tarif parkir

Setelah memasuki pintu utama wisata Telaga Sarangan, kamu masih harus masuk ke area wisata hingga bertemu dengan area parkir.

Area parkir wisata alam ini terbilang luas. Untuk kamu yang datang rame-rame dan membawa kendaraan besar, jangan takut kehabisan tempat parkir, ya.

Kamu bebas membawa kendaraan sesuai dengan jumlah orang, yang penting kendaraannya memiliki mesin yang sehat sehingga mampu menanjak hingga ke lereng gunung tempat wisata.

Tarif parkir ada berbagai jenis, sesuai dengan kendaraan yang dibawa. tarif parkir motor sebesar 2.000, untuk mobil sebesar 5.000 dan untuk bus sebesar 10.000.

Mushalla dan toilet umum

Tempat wisata ini dilengkapi dengan Mushalla dan toilet umum. Dan, tempat ini tidak memasang tarif, lho. Hanya saja ada kotak amal yang bisa kamu isi, jika ingin berbagi. Tempat Mushalla ini terletak dekat dengan area parkir.

Namun, apabila sudah masuk ke dalam wisata Telaga Sarangan, kamu juga bisa ke Mushalla dan toilet umum milik warga dan terdapat tarif khusus. Tarif nya mulai dari harga 3.000.

Ohya, tempat wisata ini buka di hari Senin-Minggu, ya. Dan, jam operasionalnya dari jam 07.00-18.00.

Gimana, bestie? Yuk, segera masukan wisata Telaga Sarangan Magetan di buscket list liburan kamu, ya. Asli, bikin kamu refresh banget di tempat wisata alam satu ini.








Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Sarangan emang keren... pernah sekali mampir ke sarangan dan pingin kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu mbaa, aku pun juga pengen balik lagi hhe

      Hapus
  2. wah pas ini mbak, saya dan keluarga ingin berkunjung kesana juga, terima kasih sharingnya ya

    BalasHapus
  3. Sarangan memang tidak pernah terlupa. Pengen terusan dari Tawangmangu lanjut Sarangan. Sepertinya asyik...

    BalasHapus
  4. inginku berwisata ke telaga sarangan tp blum kesampaian

    BalasHapus
  5. Semoga next time ada kesempatan liburan ke telaga sarangan bareng orang2 tersayang yaa mbaa 😁

    BalasHapus

Posting Komentar