image page header

Menjaga Alam Bersama Astra Melalui Aksi Hijau Pertanian Ramah Lingkungan

1 komentar
kampung berseri astra suntenjaya
Source: instagram.com/desasuntenjaya

Bumi menua dan semakin cepat tua karena ulah oknum yang tidak peduli dengan lingkungan. Faktanya alam tidak sekedar indah yang bisa dipandang mata, tapi juga dibutuhkan kesehatannya untuk Indonesia tetap sehat bagi para penghuninya.

Bahkan lucunya di tengah ramai berita udara di Indonesia memburuk karena banyaknya polusi, justru baru-baru ini dikabarkan di Bukit Teletubbies Bromo terjadi kebakaran seluas 50 hektar pada tanggal 6 September 2023. Kebakaran tersebut disebabkan oleh flare milik pengunjung yang melakukan pre-wedding belum padam dan memicu kebakaran. Kejadian tersebut sangat merugikan dan mengakibatkan kerusakan alam. Sedih dan prihatin atas kejadian tersebut.

Namun, dibalik itu semua masih ada aksi positif yang bisa dilakukan. Gerakan orang-orang yang peduli dengan kelestarian alam seperti Gunawan Azhari yang mengajak warga melakukan aksi hijau bersama Astra menerapkan pertanian ramah lingkungan. Hingga terwujudlah KBA Suntenjaya sebuah kampung yang berada di Jawa Barat menerapkan sistem pertanian terintegrasi yang menggabungkan dua sektor yaitu perkebunan dan peternakan dengan kualitas panen terbaik. Upaya melestarikan lingkungan ini sekaligus menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Penasaran dengan cerita Gunawan Azhari sang penggerak KBA Suntenjaya? Yuk, simak pengalaman menarik dan menginspirasi KBA Suntenjaya bersama Astra hingga selesai, ya.

Peran Astra untuk KBA Suntenjaya

Suntenjaya aksi hijau ramah lingkungan
Source: instagram.com/desasuntenjaya

Astra hadir dengan memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat luas melalui 4 pilar yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Salah satu pilar tersebut diterapkan di Kampung Berseri Astra Suntenjaya melalui aksi hijau menjaga lingkungan.

Aksi nyata Astra terhadap KBA Suntenjaya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia guna menjaga kesejahteraan masyarakat. Peran yang diberikan berupa materiil dan non materiil, mulai dari edukasi hingga realisasi program pelestarian lingkungan.

Yang mana peran Astra pada akhirnya adalah ikut serta dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat setempat yang berdampak pada meningkatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Gerakan positif ini tentu bukan langkah yang mudah, namun jika dilakukan bersama dengan saling support semua dapat terwujud. Apalagi KBA Suntenjaya mendapat support yang luar biasa dari Astra.

KBA Suntenjaya dan aksi hijaunya!

kba Suntenjaya pertanian ramah lingkungan
Source: instagram.com/desasuntenjaya

Suntenjaya! KBA Suntenjaya dan aksi hijaunya melalui program di bidang lingkungan untuk menciptakan kampung asri, hijau dan sehat. Aksi positif yang dilakukan oleh Gunawan Azhari dan warga dalam melestarikan lingkungan mendapatkan support penuh dari Astra. 

Astra melakukan pembinaan melalui praktik-praktik kreatif seperti berkebun dan berternak dengan cara yang ramah lingkungan dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan dijual sebagai sumber penghasilan.

Dengan tercukupinya kebutuhan masyarakat maka kesejahteraan bisa dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat yang ada di lingkungan tersebut. Tidak hanya sejahtera dari sisi finansial namun juga kesehatan serta rasa nyaman pun dapat dinikmati bersama.

Tak hanya itu, Astra juga mengajak warga untuk melakukan pengelolahan dengan cara yang mudah dan organik agar dapat diterapkan oleh warga Suntenjaya. Mulai dari pemanfaatan kotoran hewan sebagai pupuk, pemanfaatan air hujan sebagai cadangan perairan yang dimana semua aktivitas berani ramah lingkungan yaitu dilakukan dengan proses yang organik.

Nah, dengan adanya keberhasilan KBA Suntenjaya menerapkan pertanian ramah lingkungan. Apakah sekarang kamu tertarik menerapkannya juga? Yuk, lakukan gerakan hijau mulai dari lingkungan sekitar untuk mewujudkan lingkungan yang ramah seperti saudara Gunawan Azhari dan warga Suntenjaya. Yuk, bisa yuk!
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. kalo baca desa-desa macem suntenjaya gini jadi pengen banget tinggal di desa macam begini, back to nature kayaknya ayem banget. semoga semakin berseri desa suntenjaya

    BalasHapus

Posting Komentar