image page header

Tips Mengatur Waktu sebagai Pekerja Fulltime sekaligus Blogger

Tips mengatur waktu sebagai pekerja fulltime sekaligus blogger
Hallo pejuang receh! Hhe. Apakah kamu salah satu pekerja fulltime sekaligus aktif blogger? Yap, aku pun berada di posisi ini sekarang.

Rasanya? Wah, jangan ditanya lagi. Maa shaa Allah, mengatur waktu adalah PR besar untuk keduanya dapat berjalan seimbang.

Cara mengatur waktu antara bekerja fulltime dan aktif ngeblog itu ga mudah tapi kamu bisa lakukan jika menggunakan tips yang tepat.

Nah, yuk simak tips mengatur waktu sebagai pekerja fulltime sekaligus blogger. Agar keduanya dapat berjalan seimbang sesuai dengan harapan.

Alasan memilih bekerja fulltime tapi tetap aktif ngeblog

Bekerja fulltime dan tetap ngeblog adalah bentuk selflove dan sebagai aktivitas masa tua
Tumbuh menjadi anak perempuan yang aktif sejak kecil ternyata membawaku masih mau tetap aktif hingga di usia sekarang. Bahkan sempat diminta suami berkarir dari rumah dengan menulis sebagai blogger. 

Namun, rupanya tidak cukup bagiku yang ingin tetap banyak berkarya dan berdaya sebagai perempuan. Keinginan terus belajar banyak hal dan mandiri masih sangat kuat.

Qodarullah angan-angan baik itu Allah ijabah. Tepat 2 bulan yang lalu aku kembali aktif sebagai wanita karir sekaligus menulis. Yap, karena sebelumnya aku menulis maka kegiatan positif ini tidak bisa aku tinggalkan setelah kembali aktif bekerja.

Lantas, apa alasan tetap menulis setelah kembali bekerja? Menulis sebagai blogger adalah bentuk selflove,  aku menghargai diriku sehingga aku terus mengizinkan diri ini berkarya melalui tulisan.

Melalui tulisan tersebut, semoga banyak manfaat yang diterima oleh banyak orang. Nilai kebermanfaatan itulah yang masih kuperjuangkan untuk terus berkarya melalui tulisan.

Kedua adalah sebagai bentuk membangun branding yang nantinya akan kupilih sebagai aktivitas di masa tuaku. Ketika sudah tidak bekerja fultime, maka ngeblog adalah aktivitasku yang positif dan menghasilkan pendapatan. Worth it, kan? Hhe.

Tips mengatur waktu dengan dua aktivitas yang berbeda


Sebagai pekerja fulltime, tentu aku memiliki jam kerja yang setiap harinya adalah 8 jam dengan jatah libur 1x dalam seminggu.

Lalu untuk kegiatan menulis, aku luangkan waktu pada selain waktu jam kerja agar tidak saling mengganggu.
Tips mengatur waktu agar berjalan secara seimbang antara bekerja fulltime dan menulis
  • Maksimal aktivitas selama jam kerja
Ketika bekerja, aku selalu memaksimalkan waktu dengan melakukan semua pekerjaan tuntas sesuai waktunya. Dan, memastikan semua pekerjaan kantor selesai di 8 jam kerja tersebut.

Sehingga di rumah hanya perlu follow up hal-hal yang kecil saja, atau pun ada hal yang besar dan urgent tidak sering terjadi karena semua sudah dimaksimalkan di tempat kerja.

Kebiasaan lainnya adalah aku menyimpan data-ata kerjaan di Google Drive sehingga bisa dibuka melalui ponsel kapan saja. Selain itu, aku juga kolaborasi dengan tim sehingga ketika aku tidak bisa respon cepat, ada tim perwakilan yang bisa menggantikan. Untuk itu, penting sekali sharing info dan memintarkan tim kita, karena delegasi itu perlu. 

  • Meluangkan waktu menulis
Meluangkan waktu menulis di jam-jam santai seperti halnya aku meluangkan waktu di pagi hari setelah salat subuh atau malam hari setelah bangun tidur. Jadi tidurnya agak sorean, ya. Agar bisa bangun untuk menulis, hhe.

Di waktu tersebutlah aku memaksimalkan ngeblog agar selalu ada tulisan baru di blog-ku, seperti halnya di blog dalam ruangku yang selalu menerbitkan tulisan-tulisan baru yang dibutuhkan banyak pembaca. Nah, untuk menjaga konsistensi menulis, aku mengikuti komunitas menulis yang memiliki program menulis dengan deadline tertentu. Sehingga konsistensi menulis tetap terjaga.

  • Jaga kesehatan
Menjaga kesehatan adalah hal yang penting, ya. Terlebih apabila aktivitas sudah padat merayap. Oleh karena itu hal yang tidak pernah aku tinggalkan adalah banyak minum air putih, tidur cukup, makan teratur dan booster vitamin.

Jika semua terjaga dengan baik, maka semua akan berjalan dengan baik. Dengan tubuh sehat maka semua aktivitas bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

  • Update info
Update info kerjaan dan menulis itu penting. Agar selalu tahu info baru dan tahu apa yang harus dilakukan untuk info-info terbaru tersebut.

Sehingga aktivitas yang dilakukan masih dalam satu frekunesi dengan teman yang lain. Hal ini sangat bagus untuk progress aktivitas kita dan lebih mudah mengatur jadwal aktivitas antara keduanya.

  • Positive vibes
Positive vibes adalah hal pertama yang harus ada dalam diri. Jika dalam diri sudah ditumbuhkan dan dibiasakan dengan hal-hal positif maka semua akan berjalan dengan mudah dan lancar.

Energi positif juga menjaga diri dari rentan stress. Dengan positif tersebut maka diri akan menjadi tenang dan lebih mudah untuk produktif, berpikir cemerlang dan banyak bersyukur.

Wah, tips mengatur waktu sebagai pekerja fulltime sekaligus blogger ternyata sederhana, ya. Selama poin-poin di atas dilaksanakan maka semua akan berjalan seimbang sesuai dengan harapan. Nah, kamu bisa nih mencoba tips mengatur waktu seperti tips di atas.


Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. keren banget mbak, aku sendiri berusaha untk menyeimbangkan antara kerjaan utama sama passion dan mungkin side hustle yang lain.
    Sebenernya kalau kita bisa memanage waktu dengan baik, planning ngeblog pun juga bisa berjalan lancar ya

    BalasHapus

Posting Komentar