image page header

Pentingnya Sosok Ayah dalam Keluarga, Laki-laki Wajib Tahu!

pentingnya sosok ayah dalam keluarga
Pexels.com/Tatiana Syrikova
Akhir-akhir ini ramai kabar Indonesia menempati posisi ke-3 sebagai Fatherless Country. Hal ini cukup memukul banyak pihak karena faktanya sosok ayah makin krisis dan dipertanyakan di tengah dunia yang semakin maju.

Tak sedikit yang mengulas dan menyuarakan kabar miris ini, kabar yang membuat kita semua harus membuka mata bahwa sosok ayah bukan sekedar fisik namun juga peran nyata.

Tak lain adalah aku yang ingin berbagi kepada teman-teman pembaca blog ini tentang pentingnya sosok ayah dalam keluarga. Bagaimana pun ayah adalah sosok yang penting dan dibutuhkan oleh seisi penghuni rumah yaitu keluarga.

Sosok ayah menurutmu seperti apa?

Sosok ayah adalah laki-laki yang memberikan rasa aman dan nyaman untuk keluarga. Orang tua laki-laki yang dijadikan role model pertama dalam keluarga yang mampu berdampak pada pertumbuhan anak.

Sehingga dengan peran ayah ini sangat penting karena hal baik yang dilakukan ayah dalam keluarga akan memberikan impact positif dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, penting seorang laki-laki memiliki ilmu parenting agar mampu memberikan contoh terbaik buat anaknya.

Selain memiliki ilmu parenting, sosok ayah juga harus memiliki aktivitas yang positif dalam sehari-hari seperti sosok ayah hebat yang selalu memberikan energi positif untuk sekitar. Sehingga energi positif itu juga tersalurkan ke keluarga.

Pentingnya sosok ayah dalam keluarga

Pentingnya sosok ayah dalam keluarga tak akan tergantikan oleh siapa pun. Bahkan ini adalah satu peran yang tidak dapat diperjual belikan. Melalui peran ayah yang positif mampu menciptakan keluarga yang sehat khususnya bagi anak.

Nah, apa saja ya dampak positif dengan adanya sosok atau peran ayah dalam kelurga? Yuk, simak.
peran ayah terhadap anak dalam keluarga
Pexels.com/Vlada Karpovich

1. Ayah sebagai pendidik

Ayah adalah seorang pendidik dalam keluarga sehingga ayah dituntut untuk memiliki ilmu parenting yang bagus. Ayah yang memiliki ilmu parenting yang bagus akan mampu memberikan pendidikan yang bagus juga untuk keluarga.

Nah, buat para ayah nih, yuk semangat menambah ilmu parenting untuk keluarga dan anak-anak kesayangan.

2. Sebagai ayah sekaligus suami

Menjadi suami penyayang istri akan berdampak baik kepada mental anak. Ibu yang bahagia karena disayang suami akan memberikan rasa percaya diri kepada anak, lho.

Rasa sayang yang didapatkan dari suami, istri akan memberikan kasih sayang sepenuhnya dengan mudah dan lepas kepada sang anak.

Bayangkan saja jika semua suami seperti ini kepada istrinya pasti akan banyak anak generasi muda yang tumbuh dengan rasa dan pribadi yang damai dan stabil secara emosi.

3. Pemimpin keluarga

Sebagai pemimpin keluarga, yaitu suami memimpin keluarga dan mengarahkan nahkoda rumah tangga ke orientasi hidup yang benar yaitu dekat kepada Sang Pencipta.

Memberikan energi positif sehingga keluarga ikut positif dengan kehadiran sosok ayah sebagai pemimpin. Dengan adanya peran ayah ini membuat keluarga khususnya anak tidak merasa sendiri dan justru ada figure yang dapat dicontoh.

4. Pencari nafkah

Kehadiran ayah adalah sebagai tulang punggung keluarga. Dengan peran ayah ini, maka keluarga merasa kebutuhannya dipenuhi oleh sosok ayah. Membuat keberadaan ayah sangat nyata dan keluarga merasakan tanggung jawab ayah yang luar biasa.

Anak akan merasakan betapa rasa sayang itu ada dengan upaya ayah yang selalu memenuhi kebutuhan anak (keluarga). Peran ini yang sangat nyata bisa dirasakan oleh anak.

5. Teladan

Teladan adalah salah satu peran ayah yang juga tidak kalah penting. Dengan keberadaan ayah, rupanya sosok baik seorang ayah mampu memberikan dampak pada pertumbuhan anak secara personal.

Ada pepatah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Begitu pula anak, mereka akan menirukan sosok ayah kerika di rumah. Oleh karena itu, contohkan kebaikan-kebaikan kepada anak agar kebaikan-kebaikan pula yang tumbuh pada diri anak.

Wah, pentingnya sosok ayah dalam keluarga itu nyata, ya. Dengan peran ayah, kondisi keluarga menjadi lebih sehat khususnya untuk pertumbuhan anak. Laki-laki wajib tahu, nih.
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar