image page header

Tips Menjaga Kesehatan Diri dan Keluarga, Tubuh Tetap Fit saat Berpuasa!

Hai, Mom! Udah memasuki pekan ke-3 Ramadan, nih. Yang artinya akan mendekati 10 hari terakhir Ramadan, wah harus gas pol untuk menjemput pundi-pundi berkah Ramadan ya, Mom. Nah, sudah sampai mana nih target ibadah saat Ramadan?

Eiitss, bentar-bentar. Memaksimalkan ibadah selama Ramadan tetap membutuh tubuh yang fit ya, Mom. Nah, masih oke atau udah loyo, nih? Yuk, tengok lagi kesehatan diri dan keluarga. Boleh banget memaksimalkan ibadah, tapi jangan lupa untuk memenuhi hak tubuh, ya. Agar tubuh tetap sehat saat Ramadan.

Agar tidak lalai dengan hak tubuh, hayuuuk penuhi hak tubuh dengan menjalankan tips menjaga kesehatan diri dan keluarga. Dimulai dari hal-hal kecil yang penting untuk kesehatan tubuh. Tubuh tetap fit, berpuasa pun lancar!

Menjaga kesehatan diri dan keluarga itu mudah lho, Mom. Asalkan kita mampu melakukannya secara konsisten, mulai dari peduli dengan hal-hal yang pokok seperti pola makan dan hidup sehat.

Kenapa harus menjaga kesehatan tubuh?

Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah kebutuhan. Karena tubuh yang aktif melakukan aktivitas tentu membutuhkan asupan yang seimbang sehingga antara energi yang masuk dan tenaga yang dikeluarkan harus sama.

Tak cukup sampai di situ, Mom. Tubuh akan lebih prima alias tidak mudah sakit jika asupan yang dibutuhkan tubuh terpenuhi secara sempurna. Oleh karena itu, kita butuh menerapkan pola hidup sehat yang meliputi pola makan dan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan setiap hari secara konsisten.

Terlebih saat Ramadan yang dalam satu bulan kita diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Nah, tentu dengan adanya perubahan jam biologis, tubuh melakukan penyesuaian dan daya tahan tubuh harus tetap stabil (bagus).

Tapi, bagaimana jika sebaliknya yaitu jika kurang/tidak menjaga kesehatan dengan benar? Yap, tubuh akan mudah sakit yang berdampak terhadap menurunnya produktivitas tubuh begitu pula saat berpuasa menjadi lemas.

Dan, ini sangat disayangkan jika sampai terjadi pada diri dan keluarga kita tersayang, Mom. Yuk bisa yuk, menjaga kesehatan diri dan keluarga!

Yuk, simak tips menjaga kesehatan diri dan keluarga!

Ada beberapa tips menjaga kesehatan diri dan keluarga yang mudah dan seru untuk dilakukan bersama keluarga. Sehingga kita dan keluarga bisa kompak dalam menerapkan pola hidup sehat yang mendukung berjalannya ibadah puasa saat Ramadan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Membiasakan pola hidup sehat

Membiasakan pola hidup sehat itu gampang-gampang susah, terlebih perihal konsisten. Namun, Mom bisa jaga konsistensi dalam menerapkan pola hidup sehat mulai dari hal-hal kecil dan dilakukan bersama-sama.

Jika semua keluarga sudah memahami pentingnya membiasakan hidup sehat dan sepakat melakukan bersama-sama, hal ini mempermudah Mom merealisasikan kebiasaan hidup sehat di dalam keluarga.
tips menjaga kesehatan diri dan keluarga

Menjaga pola makan sehat

Mengajak keluarga untuk menjaga pola makan sehat tentu harus didukung dengan peran Mom menyediakan asupan sehat untuk keluarga. Kita sebagai Mom harus peduli akan hal ini yaitu memilah dan memilih asupan yang bergizi, halal dan bersih.

Menumbuhkan kebiasaan minum air yang cukup sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh yaitu sehari 2 liter untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kemudian menyediakan sajian yang kaya akan serat dan vitamin seperti membiasakan makan buah-buahan dan selalu ada sayur di setiap menu makan. Ditambah dengan lauk yang kaya akan protein dan karbo yang cukup.

Selain tentang kandungan makanan, hal yang perlu diperhatikan adalah jam makan yang konsisten. Misal jam-jam makan tersebut adalah saat sahur, berbuka dan makan malam. Dan tak kalah penting, tentunya makan sesuai dengan porsi makan secukupnya (berhenti sebelum kekenyangan). Mom juga bisa menyediakan camilan sehat untuk keluarga, lho. Agar keluarga tidak jajan di luar, karena jajanan di luar belum tentu terjamin kandungan dan tingkat kebersihannya.

Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah kebutuhan mendasar manusia yang mempengaruhi suasana hati (mood) seseorang. Ketika kebutuhan tidur cukup, maka dampak positifnya dapat membuat suasana hati senang dan lebih produktif. Begitu pula sebaliknya.

Kebutuhan tidur terkadang suka disepelekan oleh sebagian orang. Namun, yuk kita mulai peduli dengan jam istirahat kita agar kita dan keluarga memiliki porsi tidur yang cukup. Sehingga kita dan keluarga dapat maksimal dalam menjalani hari-hari. Nah, untuk mendapatkan tips seputar lifestyle bisa juga nih intip di www.yusriahismail.com.

Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. Olahraga tidak harus dengan yang berat-berat ya, Mom. Olahraga ringan pun juga bisa.

Saat Ramadan pun Mom dan keluarga bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini bisa dimaksimalkan lagi dengan banyak bergerak dalam keseharian agar tubuh tetap lincah dan kuat.

Olahraga ringan bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau bersama. Beberapa olahraga ringan seperti pemanasan, yoga pillates ringan, jalan di tempat dan lain-lainnya.

Olahraga ringan bisa dilakukan 5-10 menit, aku yakin Mom dan keluarga bisa melakukan ini tanpa harus mengganggu aktivitas lainnya.

Berpikir positif

Tips selanjutnya adalah berpikir positif. Kesehatan tubuh juga mendapatkan pengaruh besar dari pikiran kita. Oleh karena itu, penting menjaga pikiran kita tetap waras. Yuk, melatih diri untuk selalu positif thinking sehingga kita mampu menciptakan positive vibes untuk lingkungan kita.

Dengan menjaga pikiran kita selalu positif maka kita akan lebih mudah bahagia dan produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pastikan pikiran kita selalu happy dan jaga jarak dari lingkungan toxic.

Dan, tentunya perbanyak mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah-ibadah harian kita untuk menjaga hati dan pikiran selalu tenang. Mungkin ini terdengar biasa saja, tapi jika kita mampu menerapkannya in shaa Allah dampaknya pada kesehatan tubuh kita luar biasa.

Hunian sehat

Nah, hunian sehat yaitu rumah yang kondusif dan bersih bikin betah. Hayoooo, ngaku siapa yang tidak suka hunian sehat dan nyaman? Tentu setiap kita membutuhkan hunian sehat yaitu hunian yang bersih dan nyaman.

Tips ini bisa dilakukan bersama keluarga untuk membersihkan rumah secara berkala. Sehingga untuk mewujudkan rumah yang sehat menjadi ringan dan mudah karena dilakukan secara bersama-sama.

Seperti halnya menyapu, menata barang, ngepel dan membersihkan setiap ruangan rumah. Karena rumah yang sehat akan memiliki udara yang bersih, lenggang dan jauh dari debu. Positifnya adalah penghuni rumah merasa betah dan nyaman. Hal ini sangat mendukung kesehatan keluarga.

Manfaat memiliki tubuh sehat bagi keluarga

manfaat memiliki tubuh sehat bagi keluarga
Memiliki tubuh sehat tentu banyak manfaatnya, diantaranya adalah memiliki daya tahan tubuh yang bagus sehingga tidak mudah sakit. Selain itu, tubuh tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa saat Ramadan. 

Ketika tubuh sehat akan lebih produktif sehingga dapat melakukan banyak hal bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Yang jelas adalah kita akan jauh lebih bahagia karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan banyak hal baik yang kita inginkan.

Wah, mudah ya menerapkan tips menjaga kesehatan diri dan keluarga, hanya saja butuh konsisten dan kekompakan keluarga. Namun jika ini dilakukan sungguh-sungguh, memiliki tubuh yang sehat bukan hal yang mustahil. So, yuk semangat menjaga kesehatan diri dan keluarga agar tubuh fit saat berpuasa!
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar