image page header

Serba-serbi Persiapan Ramadan, Bikin Ibadahmu Makin Berkah!

Ramadan bersama keluarga
Ramadan tiba,
Ramadan tiba,
Marhaban ya Ramadan 2x
Marhaban ya Ramadan.. 2x

Auto nyanyi ga tuh, hhi. Maa shaa Allah, happy ya dipertemukan dengan Ramadan lagi. Semoga Ramadan tahun ini menjadi Ramadan yang lebih berkah dari Ramadan sebelumnya, aamiin. Eh iya nih, by the way gimana persiapan Ramadan tahun ini, sudah?

Yuk, simak sharing ala aku tentang serba-serbi persiapan Ramadan yang sengaja aku siapkan semaksimal mungkin agar ibadah semakin berkah. Mulai dari persiapan fisik, batin, rumah, anak dan ibadah selama Ramadan.

Sekalipun selama Ramadan sedikit merubah jam biologis manusia tapi banyak keseruan yang selalu dinanti-nanti umat muslim. Banyak kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama seperti menjalankan puasa, salat tarawih, sahur dan berbuka bersama. Momen yang hanya ada di Bulan Ramadan yaitu bulan penuh berkah.

Oleh karena itu, hayuuuk semangat maksimalkan ibadah untuk meraih berkah Ramadan. Ada beberapa persiapan yang harus disiapkan, namun kamu bisa menyiapkan dengan cara yang menyenangkan dan seru, lho. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Persiapan Ramadan untuk maksimalkan ibadah

Menyiapkan serba-serbi Ramadan itu seru, lho. Apalagi jika kita sudah menemukan cara yang menyenangkan untuk persiapannya. Mulai dari hal-hal yang personal hingga keluarga. Nah agar lebih rapi, kamu bisa mengelompokkan menjadi dua yaitu persiapan pribadi seperti fisik, batin dan ibadah. Kedua adalah persiapan untuk urusan keluarga yaitu rumah dan anak.
persiapan Ramadan agar ibadahmu makin berkah

Persiapan pribadi selama ramadan

Persiapan pribadi selama Ramadan tentu tentang kesiapan fisik dan batin untuk memaksimalkan ibadah selama Ramadan. Hmmm apa saja ya yang perlu dipersiapkan?

Persiapan fisik

Persiapan fisik bisa dilakukan dengan berbagai hal positif yang mendukung kesehatan fisik. Beberapa diantaranya seperti olahraga teratur, istirahat cukup, mengonsumsi asupan bergizi dan booster vitamin atau suplemen.

Melalui upaya tersebut dapat menjaga stamina tubuh tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa beserta rangkaian ibadah lainnya.

Nah oleh karena itu, yuk penuhi kebutuhan tubuh dengan bijak agar tubuh tetap prima dan sehat sentosa.

Persiapan batin

Sedangkan untuk persiapan batin tentu adalah ketenangan jiwa sehingga kita mempunyai kesabaran dan keyakinan untuk istiqomah dalam beribadah. Hal ini sangat penting dimiliki oleh kita yang ingin maksimal dalam beribadah di Bulan Ramadan. 

Selain itu juga memiliki niat yang utuh dalam fastabiqul khairat sehingga amalan-amalan ibadah yang dilakukan penuh dengan kekhusu'an. Dan, tidak mudah goyah oleh gangguan apa pun yang membuat puasa dan serangkaian ibadah lainnya bolong-bolong.

Memaksimalkan ibadah saat Bulan Ramadan

Ramadan adalah bulan penuh ampunan dan keberkahan. Sehingga kita perlu berlomba-lomba dalam menjemput kemurahan Allah dalam memberi pahala yang berlipat-lipat saat Bulan Ramadan. 

Amalan khusus yang bisa kita maksimalkan adalah salat tarawih penuh dalam sebulan, tilawah quran sebanyak-banyaknya misalkan one day one juz agar bisa khatam quran selama Ramadan, salat fardlu tepat dan penuh 5 waktu, perbanyak salat sunnah seperti salat tahajud dan dhuha setiap hari, perbanyak shalawat dan dzikir setiap waktu. Dan, tak lupa melakukan sedekah dan zakat, ya.

Nah, apakah kamu sudah memiliki target ibadah selama Ramadan? Jika belum, yuk bikin! Agar Ramadanmu makin berkah.

Persiapan untuk keluarga selama Ramadan

Persiapan untuk keluarga tentu berkaitan dengan rumah yang dihuni beserta penghuninya yang meliputi kita, pasangan dan anak. Persiapan keluarga harus imbang dengan persiapan pribadi sehingga memiliki frekuensi yang sama dalam melalui masa-masa Ramadan yang berkah ini.

Membersihkan rumah menyambut Ramadan

Rumah adalah tempat paling nyaman untuk keluarga berkumpul dan menjalankan ibadah puasa beserta rangkaian ibadah lainnya selama Ramadan. Oleh karena itu, butuh tempat yang kondusif untuk men-support para penghuni menjalankan ibadah puasa.

Persiapan yang dilakukan adalah dengan membersihkan rumah, menata barang serta decluttering. Agar rumah tampak rapi, lenggang, sirkulasi udara lancar serta bersih. Tak hanya itu, kita bisa membuat hiasan Ramadan di rumah agar nuansa Bulan Puasa semakin terasa. Nah, yuk hias rumah kita seindah mungkin dengan pernak-pernik Ramadan.

Mengajak pasangan dan anak semangat Ramadan

Ketika menjalankan ibadah puasa tentu butuh nuansa yang mendukung. Sehingga melakukan kebaikan baiknya dilakukan bersama-sama orang tersayang agar semakin terasa nikmatnya.

Mengajak pasangan dan anak semangat berpuasa adalah hal yang penting kita lakukan. Beberapa yang bisa dilakukan adalah memberikan pemahaman terkait keistimewaan, makna dan manfaat Bulan Ramadan.

Selain pemahaman puasa, kita juga bisa membuat keseruan-keseruan kecil namun sering di rumah selama Ramadan, sehingga menjalankan ibadah bersama keluarga terasa menyenangkan.

Wah serba-serbi persiapan Ramadan emang banyak, ya. Tapi seru juga jika semua persiapan itu bisa dilakukan bersama orang-orang tersayang di rumah. Nah, yuk maksimalkan persiapan Ramadan agar ibadahmu makin berkah.                                                                              
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Semangat selalu menjalankan ibadah Ramadan ya mbak, bener banget booster vitamin emang perlu supaya bisa membantu tubuh tetap sehat dan bugar di bula mulia ini ya. Btw jangan lupa untuk memasang logo KEB yang baru di blog ya mbak, biar makin komplit deh blognya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, mba.
      Terima kasih sudah diingatkan. Segera dipasang 🤗

      Hapus

Posting Komentar