image page header

Ide Menu Sehat saat Ramadan, Enak dan Bergizi!

pola makan sehat selama berpuasa
Hai Mom, Ramadan tentu menjadi momen spesial karena kita sebagai umat muslim menjalankan rutinitas yang tidak biasa seperti hari-hari pada umumnya. Jam biologis pun berubah karena ada aktivitas sahur saat dini hari, siangnya menahan lapar dan dahaga serta beberapa aktivitas lain yang berbeda tapi seru untuk dijalankan.

Nah, menyadari perubahan tersebut tentu kita perlu peduli dengan kebutuhan tubuh untuk tetap fit selama menjalankan ibadah puasa. Tak hanya tentang kesehatan tubuh kita sendiri ya, Mom, Tapi juga keluarga kita. Hmm lalu persiapan apa nih Mom untuk tetap menjaga asupan nutrisi tubuh keluarga?

Yap, salah satunya dengan menjaga pola makan yaitu mengonsumsi asupan yang bergizi dan enak. Untuk menyiapkan makanan bernutrisi tentu butuh ide kreasi ya, Mom. Ada beberapa ide menu sehat saat Ramadan yang bisa Mom catat dan tiru, lho. Yuk, simak, Mom!

Akibat tubuh lemas saat berpuasa

Ketika berpuasa tubuh membutuhkan asupan bergizi yang cukup sehingga tubuh tetap sehat dan ibadah berjalan lancar. Namun berbeda jika tubuh kekurangan nutrisi, maka ibadah menjadi kurang maksimal dan tubuh menjadi loyo yang berdampak pada aktivitas sehari-hari dan dapat merugikan diri sendiri dan orang-orang sekitar.

Sedih ya Mom jika itu terjadi pada diri sendiri dan orang-orang tersayang. Karena dampaknya luar biasa. Beberapa hal diantaranya adalah:
  • Tubuh lemas dan tidak bersemangat
  • Produktivitas menurun
  • Lambat dalam beraktivitas
  • Konsentrasi menurun dan susah fokus
  • Kreatifitas diri menurun
  • Ibadah kurang maksimal
  • Mudah sakit
Wah, dampaknya bukan main ya, Mom. Tapi, tenang saja! Kita bisa lho membuat ide menu-menu sehat saat Ramadan dengan cara yang mudah dan anti ribet. Menu sehat yang kaya akan nutrisi tapi juga enak untuk dinikmati bersama keluarga.

Ide menu sehat saat Ramadan

Ide menu sehat saat Ramadan bisa dimulai dari menu sederhana yang kaya akan nutrisi mulai dari minuman, hidangan pelengkap seperti buah-buahan, takjil hingga makanan utama.

Membuat menu sehat itu mudah, lho. Mom bisa membuat menu yang simple dan anti ribet. Agar mudah mendapatkan ide menu sehat, Mom bisa pastikan menu yang dibuat adalah menu yang Mom kuasai. Mom juga perlu tanyakan kepada keluarga menu sehat apa yang disukai keluarga. Dan, tentu bahannya mudah didapat.

Setelah itu, Mom bisa membuat jadwal masakan menu sehat selama Ramadan. Dengan begitu Mom bisa dengan mudah mengeksekusinya. Namun jika masih bingung, Mom bisa lho berkunjung di Maminca Sharing yang memiliki banyak ide dan tips yang Mom butuhkan.
menu sehat kaya akan nutrisi yang bagus untuk tubuh

Menu sehat keluarga saat Ramadan

Menu sehat keluarga saat Ramadan ala aku yaitu menu sehat yang bergizi dan enak. Menu sehat yang disukai oleh keluarga, sehingga makanan selalu habis dan tidak ada yang mubazir. Nah, beberapa menu sehat ala aku adalah sebagai berikut, Mom.

Minuman 

Kami di rumah menjadikan air putih (tidak dingin) sebagai minuman wajib yang harus dikonsumsi oleh keluarga. Minum air putih sebanyak 2 liter untuk menjaga keseimbangan tubuh. Baik saat berbuka, sahur dan juga di malam harinya.

Selain itu, ada minuman tambahan sebagai pemanis berbuka seperti kolak dan es buah sebagai minuman manis yang sehat ala kami. Dibuat dari bahan-bahan alami dan sehat tanpa ada campuran bahan buatan yang berbahaya. Minumnya pun dengan porsi yang wajar tanpa berlebihan. Oleh karena itu, dibuat tidak terlalu banyak yaitu sesuai dengan porsi kebutuhan berbuka.

Camilan sehat (takjil)

Camilan sehat saat Ramadan yang pertama adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin dan antioksidan seperti kurma, strawberry, apel, jeruk, dll. Dengan mengonsumsi buah-buahan, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk tetap fit.

Tubuh yang memiliki daya tahan tubuh yang bagus tidak mudah sakit, melainkan berstamina sehingga ibadah puasa menjadi lancar.

Selain buah-buahan, aku melengkapi camilan sehat kami dengan kue atau gorengan bikinan sendiri dengan porsi yang cukup dan tidak sering. Dibuat secara bergantian sehingga lebih bervariasi.

Makanan utama

Makanan utama saat sahur dan berbuka yaitu makanan yang bergizi dan lezat dengan kombinasi nasi, sayur-mayur (sop, asam, bayam, dll), lauk yang kaya akan protein (daging, ayam, tahu, tempe, telur, dll). Dan, tak lupa dilengkapi dengan kerupuk dan sambal agar semakin nikmat disetiap suapnya.

Intinya sebisa mungkin adalah makanan bikinan sendiri sehingga kita tahu kandungan dan tingkat kebersihan dari makanan yang akan dimakan.

Nah, beberapa ide menu ala aku yang sederhana dan anti ribet. Tapi, enak dan bergizi!
menu sehat untuk keluarga
  • Nasi, sayur sup, ikan pindang+tahu+tempe goreng, sambal tomat, kerupuk, kurma, air putih
  • Nasi, sayur asam, ayam crispy, sambat tomat, sambal, pisang, air putih+es buah
  • Nasi, cap jay, telur ceplok+olahan daging sapi, sambal, mangga, air putih
  • Dll
Wah, ternyata mudah lho membuat menu sehat saat Ramadan untuk keluarga. Mom juga bisa melakukannya di rumah. Agar lebih mudah lagi, yuk tuliskan ide menu sehat saat Ramadan versi Mom untuk keluarga di rumah sekarang. 
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar