image page header

Keseruan Berbagi kepada Lingkungan saat Ramadan, Full Berkah!

Indahnya Ramadan memang tidak ada habisnya. Berkahnya pun luar biasa, apalagi di 10 hari terakhir Ramadan. Wah, pahalanya pasti berlipat-lipat, ya. 

Meskipun berbagi kebahagiaan bisa dilakukan kapan saja, namun memaksimalkan saat momen Ramadan menjadi suatu hal yang menyenangkan dan full berkah.

Nah, yuk bercerita tentang pengalaman berbagi kepada lingkungan yang pernah dilakukan.

Berbagi mulai dari yang kecil

Berbagi akan lebih terasa ringan jika dilakukan mulai dari hal-hal kecil yang bisa kita jangkau. Sehingga mudah untuk diterapkan secara rutin.

Berbagi banyak bentuknya, bisa berupa materiil maupun non materiil.
Semua tergantung pada diri masing-masing. Tolak ukurnya adalah diri sendiri. 

Ketika berbagi pun pastikan juga diri sendiri berkecukupan agar berjalan secara seimbang. Nah, kalau aku biasa dari hal sederhana namun konsisten.
Keseruan berbagi kepada tetangga


Sedekah subuh

Berbagi adalah hal yang sudah lama kami tanamkan dalam keluarga. Salah satunya adalah sedekah subuh dengan nominal yang cukup dan dilakukan secara konsisten.

Setiap sedekah subuh, kami sertakan doa baik kepada Allah untuk kebaikan kami. Setelah terkumpul banyak, uang tersebut dibagi kepada penerima manfaat yang tepat. 

Hasil sedekah subuh tersebut juga kami keluarkan saat Ramadan. Sehingga sedekah subuh juga bisa digunakan untuk berbagi kepada lingkungan sekitar pada bulan yang penuh berkah ini.

Berbagi Jumat berkah

Berbagi yang tak kalah seru adalah Jumat berkah. Setiap Jumat berbagi makanan ringan atau sekedar nasi bungkus dengan jumlah yang cukup untuk dibagikan kepada jamaah shalat (contohnya saat berbuka).

Dari hal-hal sederhana tersebut tanpa kita sadar ternyata telah membuka pintu-pintu bahagia untuk orang-orang sekitar kita, lho.

Wah, seru, ya! Yuk, cobain untuk berbagi di Jumat berkah. In shaa Allah segala kebaikan yang kita lakukan pasti akan kembali kepada kita juga.

Tunaikan zakat

Salah satu rukun islam yaitu rukun islam ke-4, zakat. Menunaikan zakat adalah wajib bagi muslim yang mampu. 

Nah, apakah kita menjadi golongan yang mampu? Jika, iya. Yuk, tunaikan zakat dan ingatkan orang-orang sekitar kita agar tidak melewatkan kesempatan berpahala tersebut.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Manfaat berbagi kepada lingkungan

Berbagi yang benar adalah berbagi kepada orang-orang terdekat dahulu yaitu berbagi kepada lingkungan sekitar.

Adapun beberapa manfaat berbagi kepada sekitar adalah sebagai berikut:
Manfaat berbagi kepada lingkungan
  • Hati menjadi bahagia
  • Hidup menjadi tenang
  • Melapangkan urusan orang sekitar
  • Investasi akhirat
  • Membersihkan harta kita

Wah, banyak ya manfaat berbagi kepada lingkungan. Jadi teringat firman Allah.

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). Q.S Ar-Rahman:60

Subhanallah, ya. Siapa coba yang gak ingin berbagi kebaikan, sedangkan balasan berbagi kebaikan adalah kebaikan pula untuk diri kita sendiri.

Yuk, semangat berbagi kepada lingkungan untuk membuka pintu kebahagian dan kebaikan untuk kita semua. 



Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar