image page header

Kolaborasi #SuamiIstriMasak Bersama Kecap ABC, Ciptakan Momen Manis Bikin Rumah Tangga Makin Harmonis

36 komentar

Berbicara tentang urusan dapur selalu dikaitkan dengan sosok wanita khususnya istri. Seolah memasak adalah tugas istri semata. Sehingga tidak heran jika kita sering mendengar lontaran masyarakat kepada kaum adam yang masih lanjang dan sudah cukup umur untuk segera menikah agar ada yang masakin.

"Jangan lama-lama membujang, segera cari istri. Kalau sudah menikah biar ada istri yang masakin."

Pernah gak kamu mendengar lontaran kalimat seperti di atas? Kalau aku sih pernah. Bahkan kalimat tersebut tidak keluar dari mulut orang tua saja, tapi candaan anak muda jaman sekarang pun masih ada, lho.

Pandangan masyarakat terhadap tanggung jawab suami istri dalam rumah tangga secara lugas menjelaskan bahwa tugas istri adalah mengurus anak dan rumah. Sedangkan tugas suami adalah bekerja mencari nafkah untuk keluarga.

Tidak heran jika kebanyakan laki-laki yang sudah menikah akan beranggapan bahwa urusan perut saat di rumah adalah urusan istri. Segala urusan dapur mulai dari belanja bahan baku, proses memasak hingga membersihkan dapur beserta isinya adalah tugas istri. Waaah, tugas istri di dapur padat sekali, ya.

Begitu pun istri yang pada akhirnya merasa bahwa memasak di dapur adalah tugasnya. Dan, dapur adalah area kekuasaannya. Untuk urusan masak-memasak istri merasa paling jago di rumah. Karena anggapan istri jika suami ikut membantu di dapur hanya membuat proses memasak menjadi lebih lama, dapur makin berantakan dan terasa sangat melelahkan. Tak hanya itu, istri pun kurang yakin dengan kemampuan suami jika harus kolaborasi #SuamiIstriMasak.

Manfaat kolaborasi #SuamiIstriMasak di dapur

suami istri masak bersama kecap abc
Faktanya dalam membangun rumah tangga dibutuhkan interaksi untuk menambah keharmonisan rumah tangga. Seperti halnya menciptakan momen seru di dapur dengan melakukan kolaborasi #SuamiIstriMasak.

Menurut Psikolog Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC bahwa bukan hanya kedekatan dan keintiman secara fisik, namun kedekatan secara emosional antara suami dan istri harus dijaga, dirawat dan dipelihara. Quality time bersama pasangan juga perlu dilakukan. Misalnya merayakan hari spesial dengan memasak bersama di dapur rumah.

Beliau juga berbagi tips menjaga kekompakan dan meningkatkan keharmonisan keluarga yang dimulai dari dapur. Berikut 3 tips yang dapat diterapkan.
  • Membuat rencana kegiatan yang sederhana dengan waktu yang berkualitas dan dapat dilakukan bersama-sama. Seperti belanja kebutuhan dapur bersama, kolaborasi suami istri masak, membuat jadwal menu keluarga dan mencari resep masakan baru di sosmed.
  • Melibatkan seluruh keluarga memasak bersama di dapur yang dapat diagendakan setiap akhir pekan. Sehingga hubungan keluarga menjadi lebih dekat dan hangat.
  • Melakukan kegiatan memasak sebagai agenda penting dalam kebersamaan bersama pasangan. Karena ada banyak hal yang bisa dikomunikasikan selama proses memasak bersama.
Manfaat kolaborasi #SuamiIstriMasak tidak hanya dirasakan oleh suami istri saja, namun juga berdampak positif pada anak-anak sebagai bagian dalam pernikahan. Dan, beberapa manfaat yang dirasakan keluarga sebagai berikut.
  • Hubungan suami istri lebih dekat, hangat dan kompak
  • Menambah keharmonisan rumah tangga
  • Meningkatkan rasa sayang dan cinta yang kuat antara satu sama lain
  • Menambah rasa saling melengkapi dan menghargai
  • Anak-anak mendapatkan pesan positif dari keharmonisan orang tuanya
  • Keluarga menjadi lebih bahagia
  • Suasana rumah terasa lebih menyenangkan sehingga betah berada di rumah

Keseruan kolaborasi #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC

Di awal akhir pekan Desember, tepatnya Hari Sabtu, tanggal 4 Desember 2022. Aku dan suami melakukan kolaborasi #SuamiIstriMasak sebagai quality time kami di akhir pekan. Di hari itu kami memutuskan untuk memasak ayam telur pedas manis kesukaan suami.

Seperti biasa untuk memperkaya rasa masakan, kami menggunakan Kecap ABC agar disukai keluarga. Nah, mau tahu resep ayam telur pedas manis Kecap ABC ala kami? Yuk, simak resepnya berikut ini.

Resep ayam telur pedas manis Kecap ABC

Sebelum mulai memasak, terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan dan peralatan masak yang akan digunakan. Dan, lakukan bagi tugas bersama suami untuk proses memasak agar berjalan lancar dan menyenangkan.
ayam telur pedas manis

Bahan-bahan

  • 1/4 ayam fillet potong dadu
  • 1/4 telur puyuh kupas
  • Kecap ABC secukupnya
  • 3 buah cabe besar diiris tipis
  • 1/2 potong bawang bombai diiris tipis
  • 1 buah bawang putih iris tipis
  • 2 buah bawang merah iris tipis
  • 7 buah cabe rawit dipotong kecil
  • Garam, gula, penyedap dan kecap asin secukupnya

Cara memasak

  • Rebus daging ayam fillet yang sudah dipotong dadu, jika sudah matang segera tiriskan dan siram dengan air mengalir
  • Tumis irisan bawang merah dan putih hingga berwarna kecokelatan dan beraroma harum
  • Masukkan irisan bawang bombai, cabe besar dan potongan kecil cabe rawit. Aduk hingga merata dan tercium aroma harum
  • Masukkan potongan daging ayam fillet dan telur puyuh
  • Tambahkan garam, gula, penyedap dan kecap asin secukupnya
  • Tambahkan Kecap manis ABC keseluruh permukaan masakan. Aduk hingga merata
  • Setelah bumbu dan kecap ABC sudah meresap, lakukan koreksi rasa
  • Jika sudah sesuai selera, menu ayam telur pedas manis Kecap ABC siap dihidangkan

Momen manis masak bareng suami, hasil masakan jadi kaya rasa

momen manis suami istri masak bersama kecap abc
Setelah melakukan kolaborasi suami istri masak, aku dan suami senang sekali. Kami puas dengan hasil masakan kami. Saat masak bersama kami terlihat kompak berbagi tugas sehingga proses masak menjadi lebih ringan dan cepat selesai. 

Suami sangat kooperatif selama proses memasak. Kami saling membantu dan meringankan tugas satu sama lain, sehingga kami sadar bahwasanya kami sebagai suami istri adalah dua insan yang disatukan untuk saling melengkapi.

Senang banget, di akhir pekan dapat merasakan quality time yang berbeda dan sangat berharga yaitu memasak hidangan bernutrisi untuk keluarga dengan penuh rasa. Selama proses masak pun kami berkomunikasi banyak hal. Tentu semua itu sangat menyenangkan.

Terlebih setelah dinikmati bersama hasil masakan kolaborasi #SuamiIstriMasak rasanya mantul, pedas manisnya pas. Untung saja ada Kecap ABC lebih kaya akan rasa yang membuat hasil masakan terasa sangat nikmat.

Kandungan Kecap ABC

kecap ABC lebih kaya rasa
Kecap ABC adalah kecap manis yang mampu menyulap hidangan makanan sehingga menggugah selera seluruh keluarga. Hanya Kecap ABC yang terbuat dari kedelai hitam pilihan, 11% lebih enak, 13% lebih kental dan 11% lebih kaya rasa. Membuat setiap masakanmu sesuai standar ibu yang tiada duanya.

Kecap ABC telah terdaftar dan dinyatakan aman dikonsumsi oleh BPOM RI dengan nomor registrasi 257213012021. Produk ABC diproduksi dengan standar kualitas dan keamanan yang tinggi bagi seluruh konsumen sesuai dengan peraturan yang berlaku, lho. Mulai dari penggunaan bahan baku, proses produksi hingga standar informasi yang tertera di label kemasan. Selain itu, Kecap ABC juga sudah mendapat label halal dari MUI Indonesia.

Rangkaian kegiatan kampanye #SuamiIstriMasak 

Kecap ABC hadir sebagai teman Ibu Indonesia untuk menyatukan keluarga sehingga dapat saling dukung antara satu dan lainnya. Melalui kampanye #SuamiIstriMasak, Kecap ABC membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Seperti pandangan masyarakat terhadap kolaborasi #SuamiIstriMasak yang tidak mungkin dilakukan justru sangat bisa dilakukan bahkan memberikan dampak positif dalam keharmonisan keluarga.

Serangkaian kampanye #SuamiIstriMasak dari tahun ke tahun

  • Tahun 2018
Kecap ABC menginisiasi kampanye #SuamiIstriMasak yaitu gerakan istri mengajak suami masak di dapur. Gerakan ini adalah upaya Kecap ABC mengajak suami suami sejati untuk memberikan apresiasi kepada istri yang telah memberikan pengorbanan terbaiknya mengurus rumah dan keluarga yang salah satunya adalah memasak di dapur.

Sebagai teman Ibu Indonesia, Kecap ABC sangat peduli dengan peran istri yang sangat mulia untuk keluarganya. Sehingga kebaikan istri tersebut menjadi cikal bakal kampanye #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC dari tahun ke tahun.
  • Tahun 2019
Berlanjut di tahun kedua, Kecap ABC menginisiasi kampanye yang dilakukan selama Hari Kesetaraan Perempuan. Momen ini dipilih sebagai bentuk penghargaan terhadap para Ibu Indonesia.

Kecap ABC juga konsisten menyampaikan pesan feminisme secara visual melalui iklan-iklan yang dibuatnya. 
  • Tahun 2020
Berlanjut di tahun ketiga, Kecap ABC memperluas sasaran yaitu melakukan kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan.

Hal ini dilakukan agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang tercerahkan tentang kesetaraan perempuan. Dan, lagi-lagi mengingatkan para suami sejati untuk memberikan apresiasi kepada istri di rumah.
  • Tahun 2021-2022
Di tahun keempat hingga tahun ini ada sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya Kecap ABC melakukan kolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur.

Dengan menggandeng pelaku hiburan tanah air, Kecap ABC berharap semakin luas jangkauan mengkampnyekan #SuamiIstriMasak sebagai bentuk apresiasi kepada para Ibu Indonesia.

Kampanye #SuamiIstriMasak adalah bagian dari mewujudkan Together at The Table (bersama di meja) yang menekankan peran penting suami dan istri dalam menghidangkan makanan bernutrisi untuk kelurga.

Inspirasi kolaborasi #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC

Awal nonton video di atas, rasanya aku sangat terharu karena sebagai istri yang tentunya juga merasakan bahwa mengurus rumah tangga seperti memasak setiap hari untuk keluarga itu tidak mudah. Namun, melalui video #SuamiIstriMasak Kecap ABC, aku sebagai istri merasa sangat dihargai.

Karena pesan yang disampaikan dalam video tersebut berisikan ajakan suami sejati untuk memberikan apresiasi istri dengan mengajak kolaborasi #SuamiIstriMasak di dapur. Dan, memang masak bareng pasangan dapat menambah keharmonisan dalam rumah tangga. 

Seperti yang dikatakan Titi Kamal dan Christian Sugiono dalam video di atas.
Kecap ABC percaya bahwa dapur adalah tempat yang tepat untuk mengubah ketidaksempurnaan menjadi sesuatu yang manis.

Nah, buat para Ibu Indonesia. Istri hebat yang di luar sana, yuk ajak suami untuk melakukan kolaborasi #SuamiIstriMasak bersama Kecap ABC, ciptakan momen manis bikin rumah tangga makin harmonis!


Sumber

https://pressrelease.kontan.co.id/news/kecap-abc-dukung-kolaborasi-suami-istri-di-dapur-lewat-kampanye-suamiistrimasak

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

36 komentar

  1. Siap-siap belanja buat akhir pekan, ah. Ngedate di dapur sama suami dan anak-anak. Nggak mau ketinggalan dong saya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, cuuus mba budhalkuen, hhe. Biar main so sweet bareng keluarga.

      Hapus
  2. Siap menghadirkan hidangan lezaattt bergizi.makin enjoy karena masak bareng suami. Ningkatin bonding jg ye kaannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya bisa nerapin gaya makan sehat dan bahagia bareng suami tercinta ya, mba.

      Hapus
  3. Suka dengan kampanyenya kecap ABC yang mengajak para pria mau terjun ke dapur. Kolaborasi dalam pernikahan itu memang hal penting untuk membangun keharmonisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, jadi dapur bukan area kekuasaan istri saja, tapi suami bisa banget kalo mau berkreasi di dapur bareng istri ya, mba. Agar pernikahan makin harmonis.

      Hapus
  4. terimakasih resepnya...pengen nyoba ah keliatannya lezat pedes manis gurih yummy banget pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, silahkan. Sama-sama, semoga bermanfaat ya, mba.

      Hapus
  5. Iya ya Mbak, masak bareng bisa bikin makin mesra. Apa lagi kalau sering dilakukan. Kecap ABC bisa jadi inspirasi nih buat masak bareng suami. Masakan simple pun enak dengan kecap ABC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kecap ABC bisa banget buat ngenakin masakan. Dan, #SuamiIstriMasak bikin makin so sweet ya, mba.

      Hapus
  6. kampanye #suamiistrimasak kecap ABC ini jadi merubah sudut pandang masyarakat, ya, bahwa suami juga nggak perlu merasa tabu untuk turun ke dapur, apalagi makanan yang disajikan hasil kolaborasi pasti rasanya lebih istimewa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, mba. #SuamiIstriMasak boleh banget dan hasil masakannya pasti rasanya istimewa.

      Hapus
  7. Weekend ini jadi pengen masak bareng suami hehe. Apalagi ini ada resep yang bisa dicoba. Terima kasih untuk artikelnya yang sangat bermanfaat Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, cuuus budhalkan, mba, hhe. Sama-sama, thank you, mba.

      Hapus
  8. Yang awalnya ngambek sama suami bisa jadi mesra lagi di dapur. Kalau udah dimasak berdua jadi nggak ada yg protes soal rasa apalagi pakai kecap abc

    BalasHapus
  9. Ternyata kampanye #SuamiIstriMasak bersama kecap ABC ini gak baru-baru ini aja ya.. Tapi di tahun-tahun sebelumnya pun sudah digalakkan. Rasanya senang sekali kalau ada yang mendorong keharmonisan sebuah keluarga. Dengan masak bareng, komunikasi akan semakin lancar dan bahagia, in syaa Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah lama kampanye ini digencarkan oleh Kecap ABC, mba. Setuju, keluarga makin harmonis dan bahagia. Maa shaa Allah.

      Hapus
  10. Kecap ABC memang bisa bikin momen masak dengan pasangan menjadi semakin manis ya Mba. Liat video Titi Kamal dan Christian Sugiono, adem banget rasanya. Seneng liat mereka kompak selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, bisa menciptakan momen manis semanis Kecap ABC. Aku juga suka mba lihat mereka kompak, yuk ikutan #SuamiIstriMasak

      Hapus
  11. Masya Allah betapa suami istri adalah teman hidup yang saling mendukung satu sama lain.. Kolaborasi yang luar biasa

    BalasHapus
  12. Kampanye #SuamiIstriMasak bagus ya, selain membantu hubungan suami istri lebih baik juga bikin lebih sehat. Memasak bisa kok jadi aktivitas yang menyenangkan dalam rumah tangga, terutama dalam hal membangun komunikasi yang lebih sehat dan intens.

    BalasHapus
  13. Serunya masak bersama suami
    Memang kalau masak bersama akan bikin kenangan manis bagi rumah tangga ya mbak
    Hubungan pun makin harmonis

    BalasHapus
  14. Kalimat pertama sering sekali mba aku dengar. Padahal masak itu tanggung jawab suami istri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya kan, mba. Betul, masak pekerjaan bersama.

      Hapus
  15. Terharu mbak aku bacanya.. Happy banget ya kalau suami bantuin masak. Romantis dalam versi yang berbeda 😍

    BalasHapus
  16. Sepakaat mbak, memang memasak iru salh satu kegiatan yang bisa menibgkatkan bonding suami istri, bahkan bonding dengan anak juga

    BalasHapus
  17. Senangnyaaa memasak bersama suami di dapur yaa, nambah romantis dan bonding antara suami istri dan keluarga tentunya.

    BalasHapus
  18. Sejak dulu aku percaya, masak sendiri lebih terjamin. Kita tau bahan-bahan, bumbu, pengolahan. Jadi merasa aman aja untuk konsumsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, mba. Masak sendiri dipastikan masakan aman, enak dan sehat.

      Hapus

Posting Komentar