image page header

Tips Semangat Ngeblog Setiap Hari, Intip Yuk!

semangat ngeblog yuk
Hmm, bikin blog itu mudah sih, yang susah itu konsistennya. Nah, gimana ya cara agar konsisten? Tentu harus ada tips semangat ngeblog, nih.

Nah, gimana bestie sudah punya kah tips semangat ngeblog? Biar ngeblog-nya gak musiman gitu. Kan sayang ya, jika punya blog hanya dipakai saat mood aja.

Jika sudah memutuskan punya blog personal, baiknya blog dikunjungi secara rutin. Bukan berarti harus posting tiap hari, ya. Tapi, aktivitas blogging dan upgrade skill konsisten dilakukan.

Misal ada jadwal posting artikel tiap 2x seminggu, blogwalking 2 hari sekali, update artikel lama 3 hari sekali. Selain itu aktivitas mendukungnya adalah upgrade skill seputar blogging seperti ikut kelas blogging, gabung komunitas, ikut challenge menulis, dll.

Eiittss, bentar deh. Kira-kira apa sih yang bikin blogger pemula suka swing mood buat ngeblog? Ini lho beberapa penyebabnya, bestie.

Penyebab mager ngeblog

Ngomong-ngomong penyebab mager alias males gerak buat ngeblog tuh banyak macamnya, bestie. Mulai dari personal diri hingga lingkungan sekitar. 

Nah, apa aja sih penyebabnya? Biar gak penasaran yuk kenali penyebabnya di bawah ini. Adakah salah satu penyebab mager di bawah ini yang kamu alami, bestie.
penyebab mager ngeblog
  • Big why ngeblog belum jelas
Mudah mager ngeblog salah satunya adalah tidak memiliki big why yang kuat. Membuat akun blog sekedar mengikuti trend yang ada di media sosial.

Atau mungkin, karena banyak teman dekat sukses dengan ngeblog jadi ikut-ikutan. Sehingga membuat blog pun tidak ada ruhnya.

Tidak heran jika ngeblog pun mengikuti mood. Jika lagi semangat ngeblog, ya blogging. Jika enggak pun, yaudah gapapa.

Hal-hal seperti ini yang rawan terjadi, bestie. Semoga ini tidak terjadi di kamu, ya.

  • Sedikit ilmu seputar blogging
Seringkali mager ngeblog disebabkan karena jenuh dengan apa yang dilakukan. Misal ngeblog, yaudah jenuh sama aktivitas seputar blogging.

Karena sedikitnya ilmu, jadi merasa udah gak ada lagi yang bisa di-eksplore seputar blogging. Jadi, merasa gak seru lagi ngeblog.

Bahkan parahnya, kamu tidak bisa membedakan apakah halaman blog beserta isinya sudah SEO atau belum.

Kira-kira kebayang ya betapa sayangnya jika ngeblog tapi tidak dimaksimalkan dengan benar dan tepat.

  • Tidak punya teman sefrekuensi
Tidak mempunyai teman satu frekuensi. Seringkali merasa sendirian dan tidak ada teman untuk diskusi seputar ngeblog. Ini lumayan berdampak buat kamu mager ngeblog.

Agak pusing juga, ya. Jadi tidak ada teman sharing, saling support dan menginspirasi. Jadi ingat sama perkataan seorang blogger senior bahwa ngeblog itu harus rame-rame, terlebih masih pemula.

Segitu pentingnya memiliki teman seperjuangan dalam ngeblog. Hayoo, masih mau sendirian aja atau ngeblog rame-rame, nih.

  • Pasangan/keluarga tidak support
Hhmm sedih ya, jika mempunyai aktivitas bagus tapi tidak mendapat support dari pasangan/keluarga.

Gimana bisa berkembang jika setiap proses tidak mendapat respon dan perhatian dari orang-orang tersayang.

Hal-hal semacamnya ini banyak faktor penyebab mengapa orang-orang terdekat tidak berpihak.

Karena peran keluarga itu penting, jadi kamu harus segera cari tau alasan mengapa keluarga tidak support.

  • Orientasi terlalu fokus pada cuan
Salah orientasi atau belum apa-apa sudah mikirin dapat cuan dari ngeblog. Hal ini biasa dikenal dengan orientasinya cuan. 

Berharap dapat cuan dari ngeblog itu sah-sah saja ya, bestie. Tapi, sadar gak sih, jika kamu fokus orientasi adalah cuan, kamu akan fokus pada hal itu.

Fokus mendapatkan bonusnya tapi syarat-syarat untuk menjadi blogger pro tidak kamu lalui. Alhasil yang ada bukan uang yang didapat, tapi kamu makin mager ngeblog.

Karya tulisan tidak maksimal, halaman blog tidak SEO dan justru sedikit peluang buat mendapatkan cuan melalui ngeblog.

Dari beberapa penyebab mager ngeblog di atas, mana nih yang sering kamu alami, bestie? Baiknya lakukan evaluasi diri dulu ya agar mengenali permasalahan yang membuat kamu mager ngeblog.

Jika sudah menemukan alasan mager ngeblog, lanjut cari solusi yaitu tips semangat ngeblog setiap hari. Biar mempunyai semangat ngeblog yang utuh.

Percaya deh, jika kamu serius menekuni dunia blogging, banyak banget bonus yang didapat.

Tips semangat ngeblog, cobain yuk!

Tips semangat ngeblog setiap hari itu ribet gak sih? Enggak, ya. Tips semangat blogging bisa ditumbuhkan dengan diciptakan.

Yang menciptakan semangat ngeblog adalah diri sendiri. Biar makin mudah menemukan solusinya tentu salah satunya dengan membaca.

Dengan membaca kamu akan mendapat banyak referensi. Seperti halnya membaca artikel ini. Dan, beberapa tips semangat ngeblog seperti berikut.
tips semangat ngeblog bagi blogger
  • Menemukan big why yang jelas
Menjadi seorang blogger harus mempunyai big why yang kuat. Oleh karena itu, temukan big why ngeblog terlebih dahulu.

Cari big why yang mampu membuat kamu komitmen pada big why tersebut. Kemudian, tuliskan big why ngeblog kamu di postingan blog agar dapat menginspirasi diri sendiri dan orang lain.

Oh ya, kamu bisa membaca berulang kali disetiap kamu mulai mager ngeblog, bestie. Jadi, tulisan tersebut bisa menjadi reminder buat kamu pribadi.

Simpel ya tips semangat ngeblog-nya. Jangan bosan-bosan mengingatkan diri sendiri untuk selalu semangat ngeblog, ya.

  • Ikut kelas blogging
Ngaku sebagai blogger? Ya, harus rajin upgrade skill. Karena salah satu tips semangat ngeblog dengan rutin mengikuti kelas blogging, karya-karyamu di blog akan memiliki hasil yang keren.

Penyebab mager ngeblog bisa terjadi karena kamu berada di titik stuck. Dan, ini biasanya terjadi karena sedikitnya ilmu seputar blogging, sehingga sudah merasa maksimal dengan apa yang dilakukan.

Faktanya setiap periode, ilmu itu berkembang yaitu selalu ada versi terbaru. Oleh karena itu mengikuti kelas blogging itu kebutuhan. 

Agar selalu menemukan hal-hal yang baru seputar blogging, yuk semangat belajar agar selalu ada yang di-update di blog kamu.

  • Gabung komunitas blogging
Hai, bestie, hhe. Bergabung dengan komunitas blogging itu seru banget, lho. Selain kamu menambah ilmu, kamu juga menambah teman baru.

Karena memiliki tujuan yang sama, maka kamu akan dengan mudah mempunyai banyak teman yang sefrekuensi.

Teman-teman yang akan saling support, sharing dan menginspirasi. Karena ini yang dibutuhkan oleh para blogger agar tetap konsisten ngeblog.

  • Izin pasangan/keluarga
Izin ke keluarga atau pasangan bagi yang sudah nikah. Yap, meminta izin setiap mengikuti event atau melakukan aktivitas itu penting.

Mendapatkan izin dari orang-orang terdekat adalah kunci untuk memperlancar proses kamu dalam ngeblog.

Bentuk perhatian yang diberikan keluarga dan pasangan kepada kamu selama ngeblog itu sangat berarti. Support mereka dapat berupa semangat, waktu, dll.

Oleh karena itu komunikasikan baik-baik ya, kasih pemahaman yang mudah diterima oleh pasangan dan keluarga. Pastikan jika kamu ngeblog, kamu akan tetap amanah dengan tugas rumah tangga.

Komunikasi yang terbuka dengan keluarga dapat membantu kamu mendapatkan izin dengan mudah. Jangan lupa praktikkan, lho.

  • Orientasi upgrade skill
Orientasi yang mulia adalah orientasi upgrade skill. Kenapa begitu? Ya, orientasi upgrade skill merupakan tips semangat ngeblog yang dapat mengantarkanmu ke titik terbaik versi kamu.

Jika aktivitas blogging kamu niatkan untuk selalu perbaikan kualitas, in shaa Allah banyak bonus akan mengikuti.

Karena dengan kualitas yang bagus, peluang mendapatkan cuan dari sebagai blogger jauh lebih mudah.

Jadi, jangan salah prioritas, ya. Niatkan untuk upgrade diri, maka cuan akan mengikuti.

Mudah kan tips semangat ngeblog setiap hari. Kamu bisa melakukan ini untuk menjaga semangat ngeblog, bestie.

Jadi, kamu sudah tau kan apa yang harus dilakukan sekarang. Yuk, semangat ngeblog biar makin keren karya tulisan-tulisannya.

Manfaat konsisten ngeblog

Buat kamu yang sudah memilih untuk konsisten ngeblog, percaya deh banyak banget kebaikan yang kamu dapat.

Mungkin prosesnya tidak instan, tapi hasilnya pasti nyata. Cukup lakukan dengan maksimal apa yang sudah kamu pilih, misalnya seperti menjadi blogger.

Karena sesuatu yang dilakukan dengan konsisten memberikan banyak bonus-bonus yang tidak disangka, lho.
manfaat konsisten ngeblog berbagi lebih banyak
  • Menguasai ilmu blogging
  • Menghasilkan karya yang keren
  • Memiliki banyak relasi
  • Menghasilkan cuan
  • Lebih banyak berbagi
Itulah 5 tips semangat ngeblog agar konsisten, bestie. Cobain yuk, agar dapat merasakan manfaat dari konsisten ngeblog. Happy blogging!





Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Uhh thankyou kak. Sedang dalam proses mencari "big why" kak saya.

    BalasHapus
  2. bener banget, menjaga konsistensi ini yang sering rapuh, sampe aku pernah hiatus setahunan lebih
    sekarang ini, kayaknya mau nulis malah sering terganggu sama liatin sosmed mulu, bener-bener racun. Jadi kalau pas niatnya kuat nih, harus ditahan-tahanin buat ga scrolling ga penting-penting, fokusin dulu buat bikin artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak, ga sendirian kok
      Kita sama-sama menjaga semangat diri untuk tetap konsisten

      Hapus

Posting Komentar