image page header

Bahaya Kosmetik Kedaluarsa, Hati-hati, Ya!

bahaya kosmetik kedaluarsa
Awal tahun 2023 dengan resolusi baru yang salah satunya adalah menerapkan hidup minimalis lebih nyata dari tahun sebelumnya. Dan, aku mulai membiasakan untuk melakukan decluttering bulanan, kebetulan aku melakukannya hampir di penghujung bulan tepatnya kemarin, 30 Januari 2023.

Oh ya, decluttering adalah memilah barang-barang yang kita punya dan memilih yang kita butuhkan. Kemudian yang sudah tidak kita butuhkan dan masih layak bisa diberikan kepada yang lebih membutuhkan, preloved atau dibuang jika sudah habis nilai fungsinya.

Proses decluttering kulakukan menjadi beberapa hari sehingga aku tidak perlu merasa terbebani. Pertama kumulai dari kamar pribadi dan dilanjut di hari-hari berikutnya ke ruangan lainnya. Jadi, aku bisa melakukannya bertahap tanpa rasa lelah, deh.

Nah, hasil decluttering kemarin, aku menemukan beberapa kosmetik yang sudah kedaluarsa. Ada yang sudah kedaluarsa beberapa pekan lalu bahkan ada yang sudah sejak tahun 2022. Aku jarang menggunakannya, tidak heran jika banyak kosmetik yang kedaluarsa. Merasa mubazir gak, sih. Hiks.

Manfaatnya aku jadi lebih perhatian dengan barang-barang yang aku punya. Pelajaran untuk kedepannya adalah cukup membeli kosmetik yang dibutuhkan saja yaitu yang kemungkinan akan sering digunakan.

Karena aku merasa penasaran, akhirnya aku sisihkan beberapa kosmetik kedaluarsa tersebut. Sebelum akhirnya aku buang secara terpisah antara isi dan wadahnya agar tidak disalahgunakan oleh oknum.

Setelah kusisihkan, aku searching bahaya kosmetik kedaluarsa. Wah, dampaknya luar biasa dapat merugikan kesehatan kulit wajah, bibir hingga kesehatan mata. Berikut beberapa penjelasan bahaya pemakaian kosmetik kedaluarsa.

Bahaya kosmetik kedaluarsa, begini dampaknya!

dampak pemakaian kosmetik kedaluarsa
Ada beberapa dampak negatif dari pemakaian kosmetik kedaluarsa yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah, bibir dan mata. Nah, agar kamu bisa lebih berhati-hati, yuk simak beberapa penjelasan berikut.
  • Masalah kulit wajah
Masalah kulit wajah yang disebabkan pemakaian kosmetik kedaluarsa bisa berupa jerawat, iritasi kulit hingga dermatitis kontak.

Dampak ini bisa ditandai dengan tanda-tanda konsentrasi minyak pada wajah terganggu sehingga menyumbat pori-pori wajah, kulit mengering, muncul bintik-bintik merah, terasa gatal atau panas hingga yang paling parah adalah kulit sensitif dan terjadi radang.

Nah, tanda-tanda tersebut bisa dirasakan beberapa waktu setelah pemakaian atau dalam waktu panjang.
  • Bibir bengkak dan terkena Herpes
Penggunaan lipstick, lipbalm atau sejenisnya yang sudah kedaluarsa dapat mengganggu kesehatan bibir. Karena  kosmetik yang kedaluarsa sudah tidak mengandung zat-zat baik (nutrisi), melainkan sudah menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

Sehingga jika tetap dipakai, bibir akan terkontaminasi bakteri jahat yang memicu Herpes dan bibir bengkak.
  • Infeksi mata (HSV)
Bahaya pemakaian kosmetik kedaluarsa selanjutnya adalah dapat menyebabkan infeksi mata. Eye linier, maskara, eye shadow yang sudah kedaluarsa sudah kehilangan kandungan zat baik (nutrisi), tekstur juga berubah kering tidak aman dioleskan ke bagian mata.

Sehingga jika dipaksakan terus dipakai maka menimbulkan pertumbuhan bakteri patogen, mikroba dan sejenisnya yang mengakibatkan infeksi Virus Herpes Simplex (HSV). Hal ini sangat berbahaya karena dapat membuat mata kering, nyeri tumpul jauh di dalam mata, gatal hingga gangguan penglihatan.

Aku jadi teringat kejadian sekitar 2 bulan yang lalu mataku kena infeksi sehingga membawaku harus rawat jalan di RS. Mata Undaan spesialis infeksi mata dan imunologi. Oh ya ini akan kubagikan di tulisan terpisah, ya. setelah mataku sembuh total.

Ciri-ciri kosmetik kedaluarsa

ciri-ciri kosmetik kedaluarsa
Ada beberapa ciri-ciri kosmetik kedaluarsa yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui kosmetikmu masih aman pakai atau sudah kedaluarsa. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Tanggal kedaluarsa di kemasan
  • Tekstur mengeras
  • Berubah warna dan bau menyengat
Wah, dampak bahaya kosmetik kedaluarsa tidak bisa disepelekan, ya. Kita sebagai perempuan harus be aware dengan kosmetik yang kita miliki agar tidak membahayakan kesehatan wajah dan bagian lainnya seperti bibir dan mata. Yuk, cerdas dalam pemakaian kosmetik!

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

27 komentar

  1. Untuk teman-teman yang hobi touch up, tulisan dari Mbak Susi ini harus banget dijadikan pijakan agar jangan sekali-kali menggunakan barang apa pun, termasuk kosmetik yang sudah kedaluarsa, karena ada bahaya yang siap menanti kita setelah memakainya

    BalasHapus
  2. Saya banget ini yang jarang pakai kosmetik jadi tanggal kadaluarsa nya terlewat...musti rajin2 cek biar bahaya

    BalasHapus
  3. Sayangnya, banyak banget yang mengabaikan tanggal kadaluarsa ini, jangankan di produk kosmetik, di makanan aja demikian abai.

    BalasHapus
  4. Wah yang herpes itu ngeri ya. Apalagi kalau di area sekitar wajah. Jadi kudu aware nih dengan kalender dan benar-benar memperhatikan expired date nya.

    Karena ada yang expired date kadang di kemasan luar. Kemasan dalamnya tdai tercetak infonya. Kalau lupa kan jadi was-was, jangan2 expired.

    BalasHapus
  5. Ngeri juga ya dampak kosmetik kadaluarsa. Beruntung saya bukan pengguna skincare yang setia... Paling cuman sabun muka, hehehe...
    Pernah sih dulu dapat kado dari isteri: parfum + pelembab.
    Awal2 aja rajin pake pelembab.... Baru dapat 1/4 tube, malas lagi.... Akhirnya expired deh

    BalasHapus
  6. Nah iya nih kadang tuh eman sama kosmetik atay skin care masih banyak tapi kok sudah lewat expired date. Aku paling sering tuh eye shadow dan bedak. Karena jarang dipakai jadi sering lewat kadaluarsa jd dibuang pas masih banyak isinya. Sedih deh

    BalasHapus
  7. Wah membaca ini saya jaid mengingat banyak produk baru saya tidak terpakai bahkan yang sudah terpakai pun kayaknya banyak yang harus saya cek takutnya banyak yang mau dekat ED, karena saya biasanya jarang pakai, jadi lama habisnya, dan ini bisa berbahaya pada kulit kita

    BalasHapus
  8. Jadi PR banget nih mba aku kalo beli kosmetik dulu sering banget masih nyisa dah keburu kadaluarsa. Jadi kudu bener2 dipikir kalau mau beli kosmetik

    BalasHapus
  9. wah dampak menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa ngeri ya, duh apalagi kalau sampai mengganggu kesehatan mata
    harus lebih aware ya tentang hal ini

    BalasHapus
  10. Benar-benar mengedukasi sekali artikelnya.mb... saya saja masih awam terkait ini

    BalasHapus
  11. Iya nih, kadang tuh ada kosmetik yg kadaluarsa, sayang banget rasanya dibuang, tapi dipakai jg ngeri rasa.y, apalagi bahaya banget kek yg disebutkan di atas.

    BalasHapus
  12. Perlu banget meneliti apa yang digunakan dan dikonsumsi ya.. Sehingga gak terlanjur konsumsi sesuatu yang sudah gak bagus atau expired, sehingga dampaknya bisa langsug seketika atau jangka panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, eonnie... Malah sebetulnya, sebelum beli mending dipikir2 dulu, beneran butuh gak sih, jangan sampe udah terlanjur beli, ehh gak habis...

      Aku pernah ada skinker jaman dulu, pas hamil kan gak berani pake tuh, dan males juga. Sampe anak lahir, belum ada niat pake juga. Masih menyusi lagi. Sekarang, giliran udah aman, gak menyusui, aku mau pake, ehhh kedaluwarsa semuaa :")

      Hapus
  13. Jadi penasaran, apa semua kosmetik yang kedaluarsa berbahaya? atau ada yang masih bisa layak pakai? kalau ada komposisinya sih enak ya bisa dipelajari satu persatu

    BalasHapus
  14. decluttering ini sepertinya bagian dari gaya hidup Zen ya, suka dengan hal-hal yang berbau Jepang ya berarti mba?. O iya penting untuk kita nih agar selalu cek masa kadaluarsa kosmetik, terutama bagi ciwi ciwi.

    BalasHapus
  15. Ada satu permasalahan kosmetik yang sering banget terjadi tapi kurang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Yakni bertanya apakah produk tersebut sudah BPOM atau belum..

    BalasHapus
  16. Mbaak.. Get well soon, semoga cepet sembuh infeksinya huhu..

    Aku juga gini nih, seringnya beli kosmetik gak kepake sampe expd. Akhirnya yaa kebuang sia2.. Dan bener, jadi merasa mubazir. Hiks hiks...

    Kudu bener2 dipikir sih emang kalo mau beli kosmetik. Karena aku gak tiap hari pake kaan...

    BalasHapus
  17. Mbaak.. Get well soon, semoga cepet sembuh infeksinya huhu..

    Aku juga gini nih, seringnya beli kosmetik gak kepake sampe expd. Akhirnya yaa kebuang sia2.. Dan bener, jadi merasa mubazir. Hiks hiks...

    Kudu bener2 dipikir sih emang kalo mau beli kosmetik. Karena aku gak tiap hari pake kaan...

    BalasHapus
  18. Iya sih. Kosmetik kalau kadaluarsa efeknya berat ke kulit. Plus boros juga. Aku dulu tipe yang kepingin bisa dandan akhirnya beli kosmetik. Yang ada itu kosmetik malah ga kepakai. Dan aku tetap ga bisa dandan. Ga sempat juga, hiks.

    BalasHapus
  19. Jadi inget, kapan hari beberes kosmetik. Ternyata, masih banyak isinya tapi udah expired. Jadi eman-eman, jarang dipakai. Apalagi pas hamil udah g megang kosmetik sama sekali. Huhuhu

    BalasHapus
  20. Serem ya, waduh mana aku tim yang malas menggunakan make up, sudah pasti melewati masa kadaluarsa. Solusinya gimana biar nggak sampai kadaluarsa sudah ludes?

    BalasHapus
  21. wah iya nih buat temen-temen yang suka pakai skincare atau kosmetik harus lebih berhati-heti lagi. karena kosmetik yang gak cocok dikulit kita aja bisa bikin alergi/timbul masalah kulit, apalagi yang sudah kadaluarsa yang artinya sudah tidak layak pakai

    BalasHapus
  22. Duh ngeri banget ya dampak pake kosmetik kadaluarsa. Harus teliti cek tanggal kadaluwarsa kosmetik/skincare, kadang ini terlewatkan langsung asal pake aja kosmetiknya. Padahal sangat berbahaya kalau ternyata kosmetik yang dipakai kadaluarsa, gak boleh diremehkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ngeri juga ternyata akibatnya, ga bisa dianggap remeh nih, karena bisa fatal akibatnya

      Hapus
  23. Wah jadi ter-reminder untuk cek tgl kadaluarsa make up di rumah nih. So far untuk emak-emak yg jarang make up memang tahu-tahu ternyata kadaluarsa. Dipakainya hanya di momen tertentu sahaja. Padahalnya bahaya juga ya kalau nggak sengaja terpakai tuh yg expired. Huhu.

    BalasHapus
  24. Kalau kulitku langsung bereaksi kalau pakai kosmetik kadaluarsa
    Jadinya memang tidak sembarang
    Bahkan yang masih baru pun perlu cek dulu kandungannya
    Jadi jangan coba coba dengan kosmetik kadaluarsa

    BalasHapus
  25. proses decluttering sangat mudah apalagi kalau lihat tanggal kadaluarsanya ya mbak, cepet-cepet pengen dibuang. Dan, kalau prinsipku untuk pemakaian kulit atau diminum bahkan mendekati expired saja sudah was-was bila mau dipake. Bagus banget remindernya

    BalasHapus

Posting Komentar