image page header

Tips Sukses ODOP untuk Blogger, Simak Yuk!

Hai my bestie, kali ini aku mau berbagi tips sukses ODOP. Nah, buat blogger pemula pasti baru dengar ya istilah ini.

Agar gak penasaran banget, yuk aku bagi informasi apa itu ODOP, gimana sih tips sukses ODOP dan apa manfaatnya.

Kebetulan pas banget dengan jadwal tugas akhirku dari Blogspedia Coaching #3. Sambil eksekusi tugas, tentunya aku mau berbagi tips dengan bestie yang suka mampir di blog aku.

Harapannya dengan artikel yang aku bagi di sini, teman-teman pun mendapatkan kebermanfaatan dari apa yang aku tulis.

Yaaap, langsung cuuss yuuk baca santai tips sukses ODOP!

Apa itu ODOP

pengertian odop di dunia blogging
ODOP adalah singkatan dari One Day One Posting, jadi setiap hari harus ada satu artikel yang posting di blog kamu, bestie.

Karena ada satu artikel yang setiap hari harus diposting, maka harus ada content plan yang tepat dan terukur.

Dan, umumnya jika blogger posting artikel di blog artinya juga diikuti berbagi link post di sosmed juga. Why? Agar dapat membantu menaikkan traffic blog kamu.

Nah, gimana bestie sudah kah terpikirkan gimana tuh biar ODOP bisa sukses dan konsisten?

Berikut penjelasannya bestie. Lanjut simak, yuk!

Manfaat ODOP untuk blogger

Konsep ODOP ini sangat membantu blogger untuk menaikkan eksistensi blog. Dengan catatan konten yang di-posting adalah konten yang bagus dan banyak diminati pembaca.

Hanya saja cara ini bisa digunakan buat kamu yang sudah konsisten menulis sebelumnya. Jadi sebelum memulai cara ini, kamu bisa pemanasan dulu seperti posting 1x/minggu, 2x/minggu atau bahkan 3x/minggu.

Karena apabila gak pernah atau jarang banget menulis, lalu memaksa untuk ODOP. Waah bisa jadi hanya wacana saja, bestie.

Agar hati tergugah buat ng-ODOP, yuk kepo-in manfaatnya di bawah ini.
manfaat odop untuk blogger untuk meningkatkan trafik blog
  • Memiliki banyak konten di blog
Ketika kamu sebagai blogger memutuskan untuk program ODOP (one day one posting), maka akan semakin banyak karya tulisan yang kamu bagi untuk pembaca.

Dan, semakin banyak pilihan artikel yang ada di blog sesuai dengan kategori yang sudah kamu tentukan. Pastinya kamu akan banyak memberi manfaat melalui tulisan kamu, bestie.

Posting satu artikel setiap hari juga bisa menjadi berita gembira untuk para pembaca, karena setiap hari akan selalu ada artikel baru yang bisa menambah referensi bacaan bagi para pengunjung blog kamu.

  • Konsisten dalam menulis
Konsisten dalam menulis itu bukan kebiasaan yang instan ya, bestie. Jadi konsisten adalah kebiasaan yang harus dilatih setiap hari.

Agar terbentuk kebiasaan yang bagus sebagai blogger, maka ODOP adalah salah satu aktivitas yang dapat mewujudkan konsisten dalam menulis.

Namun, tentu saja hal ini tidak bisa langsung, ya. Untuk memulai ODOP, kamu bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar one day one posting tidak hanya sebagai mimpi belaka, hhe.

Untuk menjadi blogger yang sukses salah satu kebiasaan yang wajib dimiliki adalah konsisten dalam menulis, posting di blog dan sharing link post di media sosial.

Yuk, mulai pemanasan dan lanjut ke ODOP.

  • Meningkatkan trafik blog
One day one posting adalah aktivitas yang banyak memberi manfaat pada trafik blog. Waah, ini pasti menjadi keinginan semua blogger kan?

Blog yang kaya akan artikel dan fokus pada niche yang sudah ditentukan di awal, sangat mudah ditemukan oleh para peminatnya.

Tentunya dengan catatan artikel yang ditulis memenuhi SEO on page, berkualitas bagus dan selalu menyajikan informasi yang menarik untuk para pembaca.

Blog yang memiliki kualitas artikel yang bagus dan sering posting setiap hari memiliki banyak pengunjung, bahkan ditunggu oleh para pembaca.

Dan, faktanya ODOP pun sukses membuahkan hasil berupa meningkatnya trafik blog. Seru banget, ya!

Tapi, gimana ya agar ODOP bisa dilakukan dengan santai, mudah dan fleksibel. Jadi, ng-ODOP tanpa rasa beban gitu, bestie.

Ada tips-nya, lho. Nah, biar gak penasaran lanjut baca penjelasan selanjutnya, yuk.

Tips sukses ODOP

Menerapkan ODOP pun butuh tips ya, bestie. Kenapa? Agar selama ODOP kamu bisa melaluinya dengan senang dan konsisten.

Ada beberapa hal yang harus ada dalam diri dan persiapan teknisnya. Hmmm apa saja ya tips sukses ODOP? Jadi penasaran deh, hhi.

Okee bestie mari simak sama-sama :)
tips sukses odop agar menjadi blogger profesional

Persiapan dalam diri

Tips sukses ODOP salah satunya adalah persiapan dalam diri. Waduuh, seperti apa itu, ya?

Yap, tentang kuatnya keinginan dalam diri. Ini menjadi hal pertama yang harus dikokohkan terlebih dahulu.

Agar apa yang akan kamu kerjakan bertahan lama dan sukses menjadi kebiasaan yang positif.

Bulatkan niat

Meyakinkan dalam hati bahwa ODOP adalah kebutuhan, bukan sekedar keinginan saja. Menyadari dalam diri bahwa ODOP adalah aktivitas positif yang bisa membantu diri untuk terus belajar dan bertumbuh.

Diniatkan karena Allah agar selalu dimudahkan, dilancarkan, dimampukan dan diberkahkan. Ini penting sih, aku selalu meniatkan segala aktivitasku karena Allah. Dengan izin Allah, aku meyakini langkahku menjadi mudah.

Big goal

Tujuan ODOP itu apa sih? Nah, ini harus jelas bestie, agar setiap langkah yang diambil itu kokoh. Dan, tidak mudah menyerah ditengah proses.

Big goal atau tujuan bisa dijadikan motivasi untuk terus konsisten. Lalu apa nih tujuan besar kamu?

Kalau aku tujuannya adalah karena ingin terus belajar, bertumbuh dan bermanfaat untuk banyak orang. Dengan memberikan karya terbaikku melalui tulisan.

Persiapan teknis

Tips sukses ODOP selanjutnya adalah persiapan teknis. Persiapan yang dimaksud adalah persiapan yang diperlukan untuk mempermudah proses ODOP.

Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan agar ODOP menjadi mudah dan menyenangkan.

Apa saja nih, yuk simak lanjutannya, bestie.

Membuat content plan

Membuat content plan adalah salah satu tips sukses ODOP. Dengan membuat perencanaan konten, maka pengerjaan menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Lebih paham dengan apa yang akan dikerjakan, efisiensi waktu dan terkontrol. Memahami tujuan yang ingin dicapai, memiliki niche yang jelas, memiliki jadwal posting dan memahami pentingnya outline sebuah tulisan.

Membuat content plan bisa dibuat skala bulanan, kemudian di-breakdown ke perencanaan mingguan. Lanjut, tentukan tema atau kategori tulisan yang ingin dibuat dan tentukan keyword tulisan.

Membuat draft tulisan

Setelah memiliki content plan yang oke, lanjut membuat draft tulisan. Nah, karena one day one posting, kamu bisa membuat draft tulisan terlebih dahulu di hari sebelumnya, kemudian bisa lanjut membuat artikel dan siap posting di hari berikutnya.

Setiap draft harus dibuat rapi, jelas dan detail terkait poin-poinnya, agar proses menulis artikel lebih mudah dan cepat prosesnya.

Management waktu

Management waktu gak kalah penting ya, bestie. Nah, karena ini bagian yang penting, dengan tujuan mempermudah eksekusi ODOP. Maka, yuk atur waktu sesuai aktivitas kamu.

Misal membuat content plan bulanan, maka buatlah di akhir bulan sebelumnya. Kemudian, pilih waktu lain untuk melanjutkan break down perencanaan mingguan.

Jadwal akhir bulan selalu lakukan itu, bestie. Sedangkan untuk eksekusi draft tiap tulisan dan menulis artikel bisa dilakukan di waktu on going.

Misal draft tulisan dikerjakan di hari sebelumnya, maka di hari berikutnya pilih waktu yang nyaman untuk kamu menulis artikel, posting dan sharing link post di media sosial.

Jangan lupa luangkan waktu untuk upgrading diri, ya. Misal mengikuti kelas, evet, join komunitas, dll.

Perbanyak upgrade diri

Untuk menjadi blogger yang kaya akan ide, ilmu dan pengetahuan caranya adalah banyak belajar dengan membaca, blogwalking, mengikuti event, kelas upgrading dan join komunitas.

Dengan upgrading diri, maka berdampak bagus terhadap kualitas tulisan yang kamu buat. Dan, pembaca semakin betah berlama-lama menikmati tulisan kamu, bestie.

Ini juga menjadi salah satu cara agar blog kamu memiliki banyak penggemar. Hhmm, sepertinya boleh juga nih dicoba, bestie.

Waah, seru ya ODOP kalau tau caranya, mudah dan banyak berhasilnya dalam meningkatkan trafik blog. Jadi, terapkan tips sukses ODOP agar kamu menjadi blogger yang konsisten one day one posting, bestie. Happy blogging!












Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

4 komentar

Posting Komentar