image page header

5 Alasan yang Wajib Dimiliki Blogger dan Cara Management Waktu

Melakukan sesuatu tanpa punya alasan yang jelas, akibatnya rawan berhenti di tengah jalan alias semangat mudah kendor dan lupa dengan tujuan. Alhasil, jika melakukan sesuatu tidak pernah totalitas apalagi sampai tuntas. Sayang banget jika harus menjalani sesuatu setengah-setengah. Nah, ini juga berlaku buat para blogger, ya. Menjadi blogger sejati itu prosesnya panjang sekali. Dari menata niat, melalui proses belajar yang berkelanjutan, ketekunan hingga konsistensi. Agar selama berproses merasa enjoy, butuh alasan-alasan yang logic dan se-frekuensi dengan hati.

5 Alasan yang Wajib Dimiliki blogger, catat ya!


Hmm, alasan atau big why apa nih yang ampuh menjaga semangat selama blogging? Yuk, simak 5 alasan yang wajib dimiliki blogger. Berikut big why-ku yang menurutku ampuh menjadi pumping untuk terus mau belajar dan nge-blog.


alasan yang wajib dimiliki blogger

  1. Keep inspiring

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk sekitarnya. Kalimat simpel tapi butuh ilmu untuk menerapkannya. Hidup terasa stuck, jika hanya berpikir untuk diri sendiri. Tapi, hidup menjadi berkah ketika diri ini bermanfaat untuk banyak orang. Salah satunya adalah dengan menginspirasi pembaca melalui tulisan-tulisan di blog. Seperti halnya sharing tips, update informasi, review something, sharing edukasi, menghibur melalui cerita pengalaman, dll.

Kenapa sharing tulisan melalui blog? Menginspirasi kan bisa melalui yang lain? Yes, betul. Namun, blog adalah salah satu media sharing kebermanfaatan paling friendly di era digital saat ini. Dan, menulis adalah aktivitas yang mudah dilakukan dan kaya akan pahala yang mengalir. Dengan catatan yang ditulis adalah hal-hal kebaikan.

    2. Keep shining


Keep shining, yaitu bersinar. Untuk menjadi bersinar, maka harus punya value. Value yang dimaksud adalah kualitas diri yang bagus sehingga mampu berbagi banyak kebaikan yang menginspirasi. Nah, melalui blogging inilah sebagai aktivitas keren-kan diri alias keep shining.

    3. Being learner


Nah, kali ini being learner. Gimana itu maksudnya? Yap, agar keep shining, keep inspiring. So, jangan lupa isi bahan bakar, ya. Yaitu tetap improve kualitas diri dengan terus belajar. Memperluas wawasan, menambah dan update ilmu. Caranya bisa dengan banyak membaca, ikut kelas belajar menulis, gathering bersama komunitas, workshop, challenging, seminar, dll. Dan, dari hasil belajar itulah yang akan dijadikan materi tulisan di blog agar bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, faktanya menjadi blogger tidak sekedar menulis saja, lho. Tapi, belajar banyak hal seperti utak-atik blog, google analytics dan beserta ilmu turunannya. Sehingga di era digital ini, jika tidak diimbangi dengan terus belajar itu sayang. Jadi, melalui blogging yang menjadi salah satu bagian dari digital, itu artinya kita sebagai blogger telah ikut menyukseskan dunia serba digital, jangan mau sebagai penikmat saja, ya.

    4. Selflove


Selflove yang berarti mencintai diri sendiri. Karena diri ini begitu berharga dan memiliki baby skill dalam menulis. Dan, di-support dengan dunia blogging yang makin hits. Jadi, blogging adalah bentuk menghargai diri yaitu memilih aktivitas yang berkelas, bermanfaat dan juga berpotensi bisa menambah uang jajan. Seru, kan?

    5. Sebagai personal branding, it's me!


Blogging adalah caraku mengenalkan diri kepada banyak orang. Bahwasanya, aku adalah salah satu pribadi yang suka menulis dan membagikan tulisan yang bermanfaat. Dengan style penyampaian yang khas ala aku, pembaca bisa mendeskripsikan sosok aku.

Itulah 5 alasan aku memilih blogging sebagai jalan ninjaku, hhe. Big why blogging yang semuanya datang dari kemauan diri sendiri. Jika kamu juga memiliki kesukaan yang sama dan ingin menjadi blogger sejati. Kamu bisa jadikan 5 alasan di atas sebagai referensi.

2  Cara management waktu untuk blogger


Nah, setelah mempunyai alasan yang logic dan sefrekuensi dengan hati. Selanjutnya adalah management waktu untuk blogging. Jadi, waktunya harus di-manage, ya. Nge-blog itu gak bisa dikasih waktu sisa, tapi juga jangan sampai ngeblog terus dan lupa dengan tugas-tugas yang lain. Nah, agar bisa seimbang, berjalan beriringan dan enjoying. Maka, yuk manage waktu demi nge-blog yang sehat. Simak management waktu blogging ala aku, ya.


management waktu blogging untuk blogger


  1. Waktu untuk charging ilmu
Menulis itu butuh materi untuk bahan menulis. Maka, mengalokasikan waktu untuk charging ilmu adalah hal penting. Supaya ilmu terus update dan gak mati gaya saat menulis. Selain itu, tulisan selalu fresh dan banyak diminati oleh pembaca. Jadi, sediakan waktu minimal 90 menit setiap hari untuk charging ilmu. 90 menit tersebut dapat dilakukan kapan saja selama sehari itu. Senyamannya dan sesuai kebutuhan. Sumber belajarnya pun variatif, yaitu bisa dengan membaca, ikut kelas belajar menulis, gathering dengan komunitas, workshop, challenging, seminar, dll.


    2. Waktu menulis

Selanjutnya adalah menyediakan waktu menulis setiap hari minimal 120 menit. Berikan porsi waktu minimal untuk menulis, edit dan design, sehingga waktu yang dialokasikan tidak kurang dari 120 menit. Dan, waktu yang fresh saat menulis bisa dilakukan di waktu subuh, karena pikiran, mata dan badan sudah fresh.

Menulis pun tidak harus dipaksa harus selesai saat itu juga. Menulis bisa dilakukan bertahap dan di beberapa waktu yang berbeda. Pastikan di hari tersebut tuntas satu tulisan untuk publish. Untuk tulisan yang akan publish, harus melalui proses editing untuk memastikan tulisan sudah layak publish. Untuk menjaga konsentrasi, setelah proses menulis selesai maka tulisan diendapkan terlebih dahulu. Setelah beberapa menit kemudian, bisa lanjut dicek ulang, lalu publish, deh.

Nah, itulah caraku management waktu untuk blogging. Apakah kamu sudah menemukan caranya? Cara ini bisa dicoba dulu, jika dirasa kurang maksimal maka perlu ada evaluasi dan diperbaiki untuk disesuaikan dengan aktivitas masing-masing. Dan, jika sudah menemukan pola management waktu yang pas, lanjut cara mudah menjadi blogger pemula anti gagal. Semoga bermanfaat, happy blogging.

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Langsung terngiang ngiang mbak, keep inspiring, keep shining, being learner. Itu mungkin bisa juga menjadi alasan di semua kegiatan kita agar tetap konsisten dan semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iyaa mbaa thank you, ya..
      bener banget mba 🤗

      Hapus
  2. pembagian mengatur waktunya aku suka. waktu buat kita improve diri dan waktu buat nulis. setuju Mba.

    BalasHapus
  3. iya mbak, saya juga merasakan keseruan dalam blogging, bisa mengasah potensi menulis dan memberi waktu ruang kita untuk berbagi cerita d blog (self love)....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, mbaa 😀
      Bener banget mba, aku pun juga merasa begitu..

      Hapus
  4. Iya mba, sebenarnya banyak juga manfaat ngeblog ya, hmm jadi tambah semangat nih untuk ngeblognya, apalagi setelah baca-baca blog teman-teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, thank you mba..
      iyaa banyak manfaatnya mba, aku pun juga merasa begitu, ketika BW ke blog temen2 jadi berasa charging spirit 😁

      Hapus
  5. saya juga ngerasa kalo ngeblog itu self love 😍 semoga bisa happy terus dengan ngeblog ya dek.. semangaatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah mba yusriiii 😍 thank you mba sudah berkenan mampir di blog-ku..
      toooss mbaaa hhe, aamiin..
      semoga begitu pula dengan mba yusriiii 🤗

      Hapus
  6. Charging ilmu ini penting banget mbk. Kadang aku kalo lg asik membaca malah keterusan. Pengennya bisa ikut seminar gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, ibuuk
      sudah berkenan mampir di blog-ku..
      bener banget, setujuu, semoga next time ada kesempatannya ya buuk, aamiin

      Hapus

Posting Komentar