image page header

5 Fakta Unik Nagasari, Kudapan Tradisonal yang Memiliki Banyak Penggemar

Hadir sejak jaman kolonial dan bertahan hingga saat ini. Nagasari masih menjadi primadona ditengah kue-kue kekinian yang bermunculan di pasaran. Nagasari adalah kudapan tradisional yang memiliki cita rasa manis dan memiliki tekstur lembut. Selain rasanya yang cocok di lidah masyarakat, penyajian nagasari dikemas dalam bentuk yang unik khas nusantara. Kudapan ini tak jarang terlihat disuguhan hajatan masyarakat, khususnya orang-orang desa di Jawa. Apakah kamu pernah makan nagasari? Jika belum pernah, kamu harus coba nih. Karena dijamin rasanya enak dan bikin nagih. Penasaran dengan fakta unik nagasari sebagai kudapan tradisional yang memiliki banyak penggemar? Yuk, simak ulasan berikut tentang fakta unik nagasari.

1. Nagasari berasal dari Daerah Indramayu

Nagasari berasal dari Daerah Indramayu yang merupakan daerah penghasil beras terbesar di Jawa Barat. Karena ketersediaan beras yang melimpah, muncullah ide kreatif dari masyarakat setempat yaitu membuat kudapan nagasari yang bahan dasar utamanya adalah tepung beras. Sangat kreatif ya orang-orang terdahulu, kini nagasari menjadi warisan kudapan tradisional yang bisa dinikmati hingga saat ini. Dan, nagasari juga sudah dikenal oleh masyarakat luas khususnya di Jawa.

2. Rasanya manis legit dengan isian pisang

Nagasari memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut karena terbuat dari bahan dasar utama tepung beras dengan perpanduan sagu dan gula pasir. Selain rasa manis, nagasari juga ada cita rasa gurih dari perpaduan santan yang dicampurkan di dalam adonan. Dan, khas utama dari nagasari adalah bagian tengah diisi buah pisang manis yang nge-blend dengan adonan luarannya. Yummy banget, guys.

3. Nagasari disajikan dalam balutan daun pisang

Selain rasanya yang manis dan enak, nagasari juga memiliki aroma yang harum, lho. Hmm darimana ya aroma harum muncul? Penyajian nagasari dalam bungkusan daun pisang lah yang membuat kudapan satu ini memiliki aroma harum dan nikmat saat dimakan. Dijamin ketagihan deh pokonya.

4. Dessert tradisional yang masih eksis di jaman modern

Nagasari merupakan salah satu kudapan tradisional yang melawan kuno. Faktanya, hingga saat ini nagasari masih ada di acara-acara penting sebagai dessert. Peminatnya pun tidak terbatas usia, dari anak-anak hingga tua juga suka dengan kudapan tradisional satu ini. Penyajiannya juga sangat menarik perhatian karean dibungkus dengan daun pisang, khas nusantara. Ini lah yang disebut dessert tradisional dengan kearifan lokal. Kamu harus bangga ya!

5. Nagasari bikin kenyang dan kaya nutrisi

Nagasari rupanya bukan sekedar kudapan biasa, guys. Tidak sekedar enak, tapi juga bikin kenyang tanpa bikin perut terasa berat. Bisa ya? Iya dong. Karena nagasari adalah kudapan tradisional yang kaya akan nutrisi. Yap, nagasari adalah kudapan yang kaya akan karbohidrat, selain itu mengandung kalori dan protein. Kabar baiknya dari sumber www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kue-nagasari, gizi yang terkandung dalam satu buah nagasari sama dengan delapan persen dari angka kecukupan gizi (AKG). Wah, nagasari worth to eat ya!

Itulah 5 fakta unik nagasari, kudapan tradisional yang memiliki banyak penggemar. Gimana? Pasti kamu suka banget dengan kudapan nagasari yang masih eksis hingga saat ini. Apalagi sekarang sudah tahu fakta unik nagasari dibalik eksisnya diantara kue-kue kekinian. Jadi, tidak heran ya, jika nagasari selalu jadi dessert tradisional andalan di setiap acara penting. Di acara pentingmu juga kan? Hhe.

#14daysblogspediachallenge

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar