image page header

5 Fakta Unik Indonesia, Kamu Wajib Tahu!

Terlahir di bumi pertiwi dan menjadi bagian di dalamnya adalah kebanggaan. Bangga menjadi warga Indonesia dengan berbagai keanekaragaman yang bisa dipersatukan dan hidup damai berdampingan. Hingga di titik saat ini, Indonesia menjadi negara berkembang dan terus berbenah di berbagai lini. Begitu banyak kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki oleh negeri tercinta ini. Namun, tidak berbanding lurus dengan antusiasnya generasi muda dalam mengulik keunikan yang dimiliki negara Indonesia. Nah, untuk menambah pengetahuan tentang negeri tercinta ini, yuk simak 5 fakta unik Indonesia yang tidak banyak orang tahu. Check it out.

1. Memiliki beranekaragam bahasa, wow keren!

Memiliki beranekaragam bahasa menjadi salah satu kekayaan bagi bangsa Indonesia. Yaitu Indonesia memiliki 718 bahasa daerah. Ada 90% masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa ibu untuk aktivitas sehari-hari. Sedangkan bahasa Indonesia adalah bahasa resmi nasional. Seru ya! Dengan beranekaragam bahasa yang ada, masarakat Indonesia tetap guyup rukun dan tetap mudah berkomunikasi antar daerah karena disatukan dengan bahasa Indonesia. Bhineka tunggal ika, berbeda tapi tetap satu. Sungguh indah Indonesia kita. Wikipedia

2. Memiliki banyak suku bangsa

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku bangsa. So amazing! Memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Dimana suku terbesar adalah suku jawa dengan prosentase 41% dari populasi. Kemudian diikuti oleh suku Sunda, Batak dan Madura. Dan ada suku bangsa lainnya seperti suku Baduy, Banten, Betawi dan lainnya. Beraneka ragam suku bangsa, tentu juga berbeda tradisi dan adat. Namun, bagusnya di Indonesia adalah antar suku dapat hidup berdampingan dan saling menjaga toleransi. Wikipedia

3. Indonesia adalah negara kaya akan rempah

Tinggal di Indonesia harus banyak bersyukur, karena dengan kesuburan alamnya membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan rempah-rempah. Sumber daya alam yang melimpah dan beranekaram jenis rempah-rempah mempengaruhi keanekaragaman jenis masakan yang ada di Indonesia. Masakan Indonesia pun khas dengan cita rasa yang lekat dengan rempah-rempah. Sehingga menciptakan rasa nikmat dan sehat untuk tubuh.

4. Memiliki aset hewan purba

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya cagar alam dan satwa, tapi juga aset hewan purba. Tidak diketahui secara luas jika Indonesia masih memiliki hewan purba yaitu komodo. Komodo merupakan hewan purba langkah yang masih ada dan dijaga oleh Indonesia. Komodo dikembangbiakkan di Pulau Komodo yaitu Nusa Tenggara Timur.

5. Tradisi kerokan sebagai obat ampuh masuk angin

Memiliki kebiasaan kerokan jika mengalami masuk angin merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang tidak disadari. Keyakinan masyarakat Indonesia kerokan adalah pertolongan pertama paling ampuh saat mengalami masuk angin. Biasanya orang-orang menggunakan koin dan minyak tanah untuk kerokan, namun ada juga sebagian orang menggunakan bawang merah dan minyak kayu putih. Meskipun belum ada penjelasan yang pasti secara medis, namun kebiasaan ini sudah diyakini secara turun temurun dari kakek moyang terdahulu. Apakah kamu salah satu yang suka kerokan saat masuk angin? Hhe.

Itulah 5 fakta unik Indonesia yang masih melekat hingga saat ini dan wajib kamu tahu. Dengan menambah pengetahuan tentang fakta unik Indonesia, maka dapat menambah pula rasa bangga dan cinta akan tanah air. Oh ya, fakta lucu kelima lekat dengan kebiasaan masyarakat Indonesia tapi jarang disadari oleh orang-orang ya. Apakah kamu salah satunya? Hhe. Yuk, tambah terus pengetahuan seputar negeri tercinta Indonesia. Semangat!

#14daysblogspediachallenge

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar