image page header

5 CM, Film Full Spirit!

Membahas soal film karya anak bangsa di industri kreatif Indonesia pasti ada yang berkesan dan memberikan banyak pelajaran serta relate dengan kehidupan sehari-hari. Ada salah satu film Indonesia terbaik menurutku yaitu film 5 CM. Wow kenapa film ini? Padahal ada banyak sekali film yang bagus di industri kreatif tanah air.

Yah, film ini adalah salah satu film yang tidak hanya mengusung romantisme cinta, tapi juga mengedepankan kisah persahabatan dari 5 orang yang berhasil menaklukkan puncak semeru. Esensi dari pencapaian menaklukkan puncak semeru adalah seperti halnya kita bisa melakukan pencapaian terhadap apa yang kita cita-citakan. Keren kan?

Nah sebelum mengulik kisah film 5 CM lebih jauh, yuk kita kepo-in sedikit informasi tentang film Indonesia terbaik satu ini. Film 5 CM merupakan cerita yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama yaitu hasil karya Donny Dhirgantoro. Kemudian diangkat menjadi film dan disutradarai oleh Rizal Mantovani.

Sedangkan para pemainnya ada Fedi Nuril sebagai Genta, Herjunot Ali sebagai Zafran, Igor Saykoji sebagai Ian, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Pevita Pearce sebagai Dinda. Dan, filmnya berhasil tayang perdana pada tahun 2012. Film ini pun mampu mengambil hati masyarakat Indonesia.

Singkat cerita dari film 5 CM adalah berawal dari persahabatan yang sudah terjalin 10 tahun dan mulai terasa jenuh. Salah satu dari mereka yaitu Genta mengusulkan untuk tidak bertemu selama 3 bulan tanpa saling connect dengan tujuan agar menemukan suasana baru.

Dan, benar saja tantangan tersebut mampu dilalui oleh semuanya. Pasca itu Genta mengajak sahabatnya mendaki Gunung Semeru untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, walaupun sempat ragu akhirnya mereka berangkat berenam (mengajak adel Arial yang bernama Dinda).

Selama proses mendaki semua terasa have fun dan happy, namun semakin mendaki mendekati puncak yang tidak mudah jiwa nasionalisme mereka muncul, begitu pula dengan romantisme cinta yang dimunculkan untuk mewarnai cerita 5 CM.

Ending cerita ini, mereka berhasil sampai di puncak. Ada adegan dari mereka yang melakukan dialog-dialog puitis yang berpadu dengan semangat nasionalis dan semangat. Yah, seperti itulah kurang lebih cerita yang disajikan. Walaupun ada saja pro kontra dari film ini, tetap saja banyak pelajaran yang diambil dari film 5 CM.

Poin yang menjadikan film 5 CM sebagai salah satu film terbaik Indonesia adalah karena film ini mengisahkan persahabatan yang solid, perjuangan ketika mendaki dan hingga akhirnya samapi ke puncak Mahameru dengan selamat.

Tentu, mereka melakukannya dengan saling hati-hati dan caring satu sama lain. Dan, tentu dialog-dialog mereka ketika di puncak yang penuh semangat. Walaupun terkesan agak kaku dan sedikit kontras dengan pembawaan karakter mereka sebagai anak muda yang asik, tapi jujur sangat menginspirasi. Apalagi mereka berdialog penuh semangat setelah mereka berhasil melalui berbagai rintangan selama mendaki menuju puncak Mahameru.

Ada beberapa dialog yang tengiang-ngiang di aku (segitunya ya, hhe). Yang itu wow banget dan mampu meng-afirmasi semangat dalam diri untuk lebih yakin dan struggle dalam mengapai cita-cita. Padahal kalimatnya sederhana tapi values-nya luar biasa. Dan ini relate dengan ikhtiar kita menggapai cita-cita dalam kehidupan nyata.

Dan, beberapa kalimat itu adalah; semuanya lebih indah jika tetap memjadi diri sendiri, hal yang besar adalah ketika keberadaan kita bermanfaat untuk orang lain, yang tidak percaya Tuhan sama halnya tidak punya mimpi, dan gantungkan mimpimu 5 CM dari kening kemudian ikut demgan doa dan ikhtiar. Kalimat-kalimat sederhana itu lah yang berkesan, bahkan sering didengar tapi belum tentu hati bisa benar-benar merasakan, sadar dan tergerak.

Gimana? Film 5 CM seru dan menginspirasi ya. Semoga semakin banyak karya anak bangsa di industri kreatif Indonesia yang menginspirasi dan selalu ada film terbaik Indonesia di setiap tahunnya.

#14daysblogspediachallenge
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar