image page header

Berawal dari Hobi Menulis Hingga Tercetusnya Blog ParentingQu

ParentingQu adalah satu kata yang ketika orang membaca akan paham pasti membahas seputar parenting. Tapi, Qu-nya apa, nih? Tentu bukan sekedar parenting milikku atau ala versiku. Nah, penasaran kan apa sih arti dari nama blog ParentingQu dan siapa sosok hebat dibalik blog ini?

Sosok hebat dibalik blog ParentingQu

hobi menulis seputar parenting

Memiliki nama lengkap Umi Zainatun, lahir di Kebumen dan memutuskan tinggal bersama keluarga kecilnya di ibu kota Provinsi Jawa Tengah, yaitu Semarang. Dan, Beliau adalah seorang istri, juga ibu dari 2 orang anak.

Disamping itu, aktivitas sehari-harinya adalah mengurus rumah tangga dan mengelolah PAUD di lembaga Ziswaf. Wah, keren sih. Sosok Zainatun memang sangat concernt terhadap pola asuh anak, salah satunya adalah pendidikan anak.

Berawal dari hobi, yaitu menulis

hobi menulis di blog
Berawal dari hal yang sederhana, yaitu hobi menulis. Tak hanya itu, Beliau ini juga memiliki hobi membaca dan berkebun. Dan, salah satu hobi yang ditekuni adalah menulis.

Lalu, bagaimana ceritanya sosok Zainatun pada akhirnya merambah di dunia blogging, sedangkan Beliau juga sebagai seorang wanita yang juga aktif di lembaga pendidikan tingkat PAUD.

Awalnya ngeblog untuk menyalurkan hobi menulis. Kemudian, bertambah informasi yang didapat seputar blog yaitu berpotensi juga secara ekonomi. Jadilah Zainatun berpikir selain bisa memberikan manfaat kepada orang lain melalui tulisan, juga bisa berpenghasilan melalui blog. 

Dan, memang dalam diri Zainatun keinginannya terus menulis itu sangat kuat. Bahkan, Zainatun ingin mengisi hari-hari tuanya dengan aktif menulis.

Melalui tulisan-tulisannya, Zainatun dapat berbagi ilmu/pengetahuan yang ia ketahui. Zainatun juga sangat merasa bahagia/puas apabila orang bisa paham dengan apa yang disampaikannya.

Nah untuk merealisasikan mimpinya, di tahun 2016 Zainatun memutuskan membuat blog untuk pertama kalinya. Dengan berbekal ilmu seadanya dan panduan sebuah buku yang saat itu dimilikinya.

Beliau mengenal blog melalui komunitas Blogger yaitu ODOP (One Day One Post), dari situ Zainatun memutuskan untuk bergabung dengan memenuhi syaratnya yaitu mengirim tulisan setiap hari melalui media blog.

Tak terbayangkan betapa senangnya seorang Zainatun saat itu. Menemukan jalannya untuk meng-explore kemampuan sekaligus hobinya. Hingga Zainatun berhasil mengikuti salah satu grup turunan dari ODOP yaitu Blog Squad ODOP.

Namun, sayangnya saat itu dengan rela Zainatun harus mundur karena tidak berhasil menyelesaikan challenge yang diberikan.

Dan, di titik ini lah Zainatun berhenti ngeblog dalam kurun waktu 3 tahun. Wah, lumayan juga ya.

Tapi masih bersyukur terhentinya hanya nulisnya saja dan masih lanjut mau belajar seputar menulis dan blog. Terlihat dari Zainatun yang masih tetap mengikuti beberapa webinar yang diadakan oleh teman-teman ODOP.

Untuk bertahan di dunia blogging, Zainatun suka blogwalking dan membaca profil para blogger yang sudah sukses agar termotivasi. Zainatun juga bergabung di grup-grup blogger untuk tetap menjaga semangatnya.

Sampai akhirnya Zainatun memutuskan untuk mengikuti #14daysblogspediachallenge yang diadakan oleh blogspedia milik Coach Marita.

Challenge ini diikutinya agar mendapatkan hadiah golden ticket untuk ikut kelas blogspedia coaching #3. Dengan tujuan Zainatun bisa aktif ngeblog lagi.

Alasan ParentingQu sebagai nama blog

blog parenting tentang pola asuh anak
Bukan tanpa alasan ParentingQu dijadikan sebagai nama blog oleh Zainatun. Beliau yang concernt terhadap pola asuh anak sangat ingin menjaga cara pola pengasuhan yang sesuai dengan koridor islam, yang tentunya tidak bertentangan dengan ajaran Al-Quran. Waah, makin seru untuk disimak, nih.

Sebagai orang tua dengan 2 anak, Zainatun menyadari di era modern saat ini banyak ilmu-ilmu parenting dari banyak pakar. Istilahnya sudah seperti jamur di musim hujan.

Sejalan dengan hal tersebut, tidak menutup kemungkinan, adanya banyak pendapat perihal parenting dari tokoh dalam dan luar negeri. Dari yang agamis sampai atheis.

Hal itu yang mendorong Zainatun untuk lebih banyak membaca perihal parenting sebagai bekal pengasuhan. Tak sedikit yang ditemukan oleh Zainatun tentang perbedaan pendapat perihal parenting.

Dari situlah Zainatun tergugah untuk mencari tahu ilmu parenting dengan kebenaran yang hakiki. 

Zainatun mengimani bahwa manusia adalah ciptaan Allah dan Allah sudah menyiapkan panduan hidup yaitu Al-Quran.

Untuk itu, Zainatun memilah dan memilih apakah yang disampaikan tokoh-tokoh parenting sesuai dengan ajaran Al-Quran atau tidak. Prinsipnya, Zainatun mendahulukan pola asuh yang berdasarkan kitab suci yaitu Al-Quran.

Zainatun meyakini parenting yang berdasarkan Al-Quran pasti berQualitas baik, karena itu mukjizat sepanjang zaman.

Dan, itulah yang dijadikan sebagai pedoman parentingQu (parenting Zainatun) kepada anak-anak. Inilah alasan blog Zainatun diberi nama ParentingQu yaitu parenting berdasarkan Al-Quran, parenting yang berQuality baik, menjadi parentingQu (parenting pilihanku, Zainatun).

Sehingga untuk kedepannya, blog ParentingQu concernt perihal ilmu parenting dan tips-tips dari buku atau tokoh siapa pun yang penting tidak bertentangan dengan Al-Quran.

Terlebih sosok Zainatun adalah seorang ibu lulusan Institut Ilmu Al-Quran, untuk itu semakin kuat dorongan untuk menyebarkan ilmu bermanfaat yang ada di dalamnya.

Keren banget, ya! Buat kamu yang ingin hunting ilmu dan tips seputar parenting, di blog ParentingQu solusinya.

Cara konsisten ngeblog dan management waktu

cara mengatur waktu untuk menulis dan blogging
Besar harapannya terhadap blog ParentingQu, Zainatun ingin blog-nya bisa menjadi salah satu blog referensi parenting yang bermanfaat yang bisa dibuka dan dibaca oleh banyak orang.

Dan, menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi khususnya perihal parenting. Tak ketinggalan, bonusnya bisa mendapatkan pundi-pundi cuan dari ngeblog.

Nah, agar konsisten menulis seputar ParentingQu di blog. Zainatun memiliki cara beberapa management waktu yang oke banget untuk ditiru, nih. Dan ada versi management waktuku yang bisa kamu jadikan referensi juga ya, hhe.

Selain itu, Zainatun juga meng-afirmasi dalam diri bahwa menulis di blog adalah cara menuangkan ide, unek-unek dan penyalur emosi sehingga inilah alasan yang menjadi betah ngeblog.

Dan, jika bosan mendera, Zainatun memilih rehat sejenak. Lantas mengalihkan ke hobi yang lain, lalu segera kembali menulis di blog jika sudah kembali fresh.

Oh ya, kamu juga bisa baca cara menjadi blogger pemula anti gagal agar konsisten blogging, lho. Check it out!
Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. Maasyaa Allah perjalanan yang panjang ya bagi Ibu Zaintun membangun ParentingQu, menginspirasi sekali. Semoga branding blog yang dibuat dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Keren bgt kisah di balik ParentingQu. Niat mulai membahas parenting yg landasannya Al-Qur'an. Dari ulasan Mbak Susi jg ngebantu utk kenal lebih dekat dg ParentingQu...

    BalasHapus
  3. Masyaallah tabarakallah, dari hobi menulis menjdi orang hebat dibalik ParentingQu parenting yang berlandaskan Al Quran...terimakasih mbak susi sudah mengenalkan profil Ibu hebat Ibu Zaitun yang sangat menginspirasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. maa shaa Allah
      sama sama mbaa,
      thank you, mbaa..

      Hapus
  4. masyaAllah mulia banget Mbaaa, nggak sabar deh nungguin postingan2mu di sini :)

    BalasHapus

Posting Komentar