image page header

To be Happy, It's My Choice!

Hal yang paling seru ketika disibukkan dengan aktivitas yang banyak adalah kita menjadi lebih produktif, berinteraksi dengan banyak orang dan lebih banyak memberi manfaat. Suka banget, apalagi jika dilakukan dengan perasaan happy dan ikhlas. Rasanya enjoy menjalani hari-hari. Sayangnya gak setiap hari seperti itu. Tidak jarang kita dihadapkan dengan hal-hal yang berlawanan dengan pemikiran dan perasaan kita. Belum lagi, jika perasaan bosan menerjang bertubi-tubi. Hal-hal negatif yang muncul baik dari internal atau eksternal kita itu yang membuat kita jadi malas gerak alias mager. Dan berdampak pada suasana hati yang tidak sehat.

Nah, untuk menjaga agar good mood selalu on point. Penting nih untuk kita selalu membuat diri sendiri merasa bahagia. Karena segala aktivitas yang kita lakukan sangat dipengaruhi oleh suasana hati. Jika bahagia, maka semua hal akan run well. Tapi jika suasana hati tidak oke, ups.. rawan ya, Beb. Oleh karena itu, yuk simak lima cara simpel anti ribet yang bisa bikin diri kita selalu merasa happy dan berarti.

1. Afirmasi perasaan senang

Afirmasi perasaan senang dalam pikiran kita dengan mengingat-ingat sesuatu yang menyenangkan, lucu dan mengundang tawa. Dengan mengingat sesuatu yang menyenangkan maka hormon bahagia akan meningkat yang mampu memberikan perasaan ringan dan tenang.

2. Curhat sama Allah

Ketika merasakan sedih, kecewa, marah maka cara yang paling tepat adalah segera ungkapkan perasaan itu dan tempat paling nyaman untuk mencurahkan semuanya adalah kepada pemilik hati kita. Apakah harus dengan ibadah dulu? Tidak selalu, bisa dengan duduk tenang seraya berkata dalam hati "Ya Allah, aku lagi sedih/kecewa/marah..." lalu tarik nafas dan perbanyak berdzikir. Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

3. Katakan gapapa untuk diri sendiri

Gapapa adalah satu kata yang terlihat biasa saja tapi ampuh membuat diri mudah menerima, lebih menghargai diri dan berdamai dengan keadaan. Misalnya gini "Gapapa kok sedih, asal jangan lama-lama. Gapapa kecewa/marah tapi ingat berharap hanya pada Allah. Gapapa kok belum bisa dapatkan apa yang kita inginkan, in shaa Allah segera Allah cukupkan. Gapapa kok dengan keadaan yang sekarang, in shaa Allah takdir Allah itu baik" gapapa dengan diri sendiri itu awesome. Dengan catatan "gapapa" untuk hati agar tetap sehat.

4. Lakukan hal yang menyenangkan

Melakukan hal yang menyenangkan adalah kunci, hhe. Kok bisa? Iya dong. Dengan melakukan hal yang kita senangi maka pikiran tidak akan terlalu fokus padahal hal-hal yang membuat sedih. Melakukan sesuatu yang menyenagkan mampu membahagiakan diri. Misalkan suka makan, ya sudah makan yang enak-enak. Suka jalan-jalan, nonton, mendengarkan musik maka lakukan saja. Lakukan selama hati menjadi senang. Simpel kan, hhe.

5. Lupakan hal-hal yang tidak menyenangkan

Tidak mengingat-ingat sesuatu yang tidak menyenangkan itu penting. Jadi, biarkan pikiran dan hati fokus pada hal lain. Agar pikiran menjadi tenang dan hati menjadi senang karena sudah dialihakan ke hal-hal yang menyenangkan. Mungkin tidak mudah, tapi hal ini bisa diupayakan dengan melakukan poin empat sebagai bentuk reward untuk diri sendiri.

Itulah 5 cara simpel dan ampuh membahagiakan diri sendiri. Caranya mudah dan anti ribet hanya butuh kerjasama dengan diri sendiri dan sadari bahwa kita sangatlah berharga. Untuk itu kita harus bahagia. So, jangan lupa bahagia ya.

#14daysblogspediachallenge

Susi Yanti Nuraini
Susi Yanti Nuraini, a wife of my hubby, happy life about sharing simple things for good things. Hobies: culinary, traveling, staycation, skincare. Motto of life: if you do good, it is for your own good (qs.al-isra:7). Business inquiries: susiyanti.nuraini@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar